Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

5 Ciri-ciri Hardisk Laptop Rusak dan Tips Cara Mengatasinya

2 min read

Ciri-ciri Hardisk Laptop Rusak

Hardisk merupakan komponen laptop yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data pada laptop. Umumnya disebuah laptop sudah tersedia hardisk yang bisa langsung dipakai. Meskipun hardisk di laptop merupakan bawaan asli laptop, tidak menutup kemungkinan terjadi kerusakan. Oleh karena itu Anda harus mengenali ciri-ciri hardisk laptop rusak dan cara mengatasinya.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan harddisk internal dan eksternal

Sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah, pengguna harus melakukan pencegahan dan tindakan lebih lanjut. Dengan mengetahui ciri-ciri hardisk yang rusak, maka pengguna bisa melakukan pencegahan terlebih dahulu seperti memindahkan data hardisk.

Ciri-ciri Hardisk Laptop Rusak

Berikut ini beberapa ciri yang perlu Anda ketahui untuk memastikan kesehatan hardisk pada laptop atau komputer Anda, diantaranya yaitu:

1. Performa Laptop cukup Berat / Lemot

Salah satu ciri-ciri hardisk laptop rusak adalah laptop jadi sering lemot. Hal ini dikarenakan jika kondisi hardisk rusak, maka akan mempengaruhi performa laptop juga.

Jadi hardisk yang rusak bisa membuat kinerja laptop jadi lebih lambat dan lemot. Paling parahnya lagi akan sulit membuka aplikasi yang berat seperti game online, photoshop dan lainnya.

2. Mengalami suhu Panas Berlebihan (overheat)

Jika bagian bawah laptop sering panas, terutama bagian tempat hardisk laptop yang panas menunjukkan bahwa hardisk rusak. Laptop panas juga menjadi salah satu penyebab laptop menjadi lemot.

Selain itu proses copy file dari hardisk juga akan memakan waktu yang lama. Hal ini juga menyebabkan laptop harus di restart beberapa saat untuk booting.

3. File di Penyimpanan Rusak

Terkadang beberapa file yang disimpan di hardisk tidak bisa copy ataupun dibuka. Hal ini dikarenakan file sudah corrupt ataupun rusak.

Banyak yang mengira hal ini sering terjadi dikarenakan ada virus pada laptop, namu kerusakan pada hardisk juga bisa menyebabkan file rusak. Jika sering terjadi demikian, maka ini disebabkan karena hardisk yang rusak.

4. Muncul Suara Aneh pada Laptop

Laptop yang sering memunculkan suara yang aneh, maka hal ini harus diwaspadai. Salah satu ciri hardisk rusak adalah laptop jadi sering mengeluarkan suara yang aneh.

Baca juga : cara melihat kesehatan harddisk komputer windows

Suara yang keluar ini sangat bising dan berasal dari hardisk laptop. Jika muncul suara secara terus menerus di laptop segera matikan laptop untuk sementara.

5. Sering Muncul Layar Biru

Munculnya tanda biru atau sering disebut bluescreen menunjukkan kerusakan laptop yang cukup serius. Salah satu penyebab laptop muncul layar biru adalah karena kerusakan pada hardisk.

Jika hal ini terjadi, segera matikan laptop dan periksa keadaan laptop lebih lanjut. Karena mesti sudah install ulang, hal ini masih besar kemungkinan terjadi.

Cara Mengatasi Hardisk Laptop Yang Rusak

Kinerja hardisk yang lambat tentu saja bisa terjadi disetiap laptop. Tapi jika hal ini terus terjadi diikuti dengan beberapa ciri-ciri diatas maka bisa jadi hardisk laptop sudah rusak.

Hardisk yang rusak tentu sangat menganggu kinerja laptop, terutama untuk penyimpanan file. Di bawah ini adalah langkah-langkah mengatasi hardisk laptop yang rusak :

1. Lakukan Error Checking

Langkah pertama mengatasinya adalah dengan melakukan error checking. Pertama buka my computer, kemudian pada penyimpanan hardisk klik kanan, pilih properties dan klik tools.

Kemudian klik check pada error checking, tunggu sebentar sampai PC selesai cek dan memperbaiki beberapa eror. Setelah error checking, biasanya file pada hardisk akan kembali normal kembali.

2. Segera Back Up Data

Jika kondisi hardisk sudah sedikit membaik, segera back up data pada hardisk. Karena hardisk yang sudah mengalami eror besar kemungkinan akan eror kembali.

Jadi selagi kondisi hardisk masih bisa diselamatkan, segera simpan kembali data-data yang penting pada hardisk. Tapi jika kondisi hardisk sudah sangat parah, langkah ini tidak bisa dilakukan.

3. Cek Keadaan Hardisk Dengan Software

Langkah selanjutnya adalah pastikan lagi keadaan hardisk, apakah hardisk masih berfungsi normal atau tidak. Caranya adalah dengan menggunakan software Acronis Drive Monitor.

Baca juga : pengertian dan fungsi virtual memori pada komputer

Jika hasil pemeriksaan hardisk masih normal, maka hardisk bisa dipakai kembali. Tapi jika hasilnya tidak bagus, maka harus segera mengganti hardisk yang baru.

4. Ganti Hardisk

Jika ketiga langkah diatas sudah dilakukan tapi laptop masih mengalami 3 ciri diatas, solusinya adalah mengganti hardisk baru. Hardisk sendiri tidak bisa diperbaiki di tempat servis.

Oleh karena itu solusinya adalah membeli hardisk baru. Saat ini ada banyak hardisk yang dijual dengan berbagai macam kapasitas yang cukup besar.

Penutup

Itulah ciri-ciri hardisk laptop rusak dan cara mengatasi hardisk laptop yang rusak. Hardisk laptop merupakan komponen yang penting, jika ada kerusakan maka data bisa jadi rusak juga. Jika ada data penting  pada laptop, segera lakukan back up sebelum terjadi eror atau kerusakan lainnya pada laptop.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

One Reply to “5 Ciri-ciri Hardisk Laptop Rusak dan Tips Cara Mengatasinya”

  1. Wah terima kasih atas informasinya ya kak!, kami juga punya artikel sejenis untuk sharing informasi. Yuk sharing ilmu, terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.