Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

5 Tips Cara Mengatasi Harddisk yang Tidak Terbaca

2 min read

Cara Mengatasi Harddisk yang Tidak Terbaca

Setiap pengguna alat elektronik seperti komputer maupun laptop pasti pernah mengalami keadaan harddisk tidak terbaca. Hal tersebut memang membuat panik karena semua data tersimpan berada di harddisk. Cara mengatasi harddisk yang tidak terbaca ternyata cukup mudah, simak lebih lanjut dalam artikel ini.

Baca juga : fungsi defragment harddisk pada komputer

Umumnya, kerusakan yang dapat menyebabkan harddisk tidak terbaca beragam mulai dari virus dan keteledoran para pemiliknya. Sehingga, pengguna komputer atau laptop windows yang mengalami kendala ini perlu melakukan beberapa pemeriksaan dasar, seperti melihat kondisi harddisk, umur dan sebagainya.

Cara Mengatasi Harddisk yang Tidak Terbaca

Berikut ini beberapa tips sederhana yang dapat Anda terapkan dalam memperbaiki komponen harddisk yang tidak terdeteksi, diantaranya yaitu:

1. Mengecek Kondisi Harddisk

Pengecekan kondisi harddisk dapat dilakukan jika tidak terbaca oleh UEFI/BIOS. Saat tidak terdeteksi maka komputer akan memunculkan tulisan no boot device pada bagian layar.

Langkah awal cara mengatasi harddisk yang tidak terbaca tersebut yaitu memastikan laptop atau komputer tidak terhubung listrik. Setelah itu bongkar bagian belakang laptop agar bisa melihat harddisk.

Pastikan semua kabel harddisk terhubung dengan baik. Setelah selesai maka hidupkan kembali komputer. Jika harddisk masih tidak terbaca maka lakukanlah pencabutan kabel data dan power. Pindahkan pada bagian part lain dan SATA. harddisk pasti sudah dapat terbaca dan digunakan kembali.

2. Melakukan Install Ulang OS

Saat akan mengubah Windows menjadi 7/8/10 harddisk tidak terbaca maka lakukanlah instalasi ulang. Hal tersebut dikarenakan mungkin bagian harddisk masih belum dikenali oleh Windows.

Untuk melakukan install ulang maka restart laptop terlebih dahulu. Setelah itu masuklah pada menu UEFI. Matikan secure boot dan aktifkan mode legacy BIOS.

Baca Juga: Cara Mudah Memperbaiki Partisi Harddisk Yang Hilang

Simpanlah perubahan tersebut. Lakukanlah instalasi operasi sistem Windows kembali. Beberapa sistem memang sering kali dijumpai kasus seperti ini.

Hal tersebut dikarenakan pada komputer tipe dahulu masih tidak menggunakan UEFI sehingga para pengguna harus mengubah aktifasi menjadi IDE bukan AHCI.

3. Melakukan Pengaturan Ulang

Harddisk masih dalam keadaan baik namun masih belum terbaca Windows? Hal tersebut dapat terjadi dan bukan permasalahan yang sangat berat.

Hal yang hanya perlu dilakukan yaitu mengubah pengaturan ulang agar partisi harddisk terbaca. Cara yang dilakukan yaitu dengan mengklik kanan ikon komputer kemudian memilih manage.

Setelah itu pilih bagian disk management dan akan muncul semua partisi harddisk. Temukan partisi yang belum memiliki drive latter kemudian klik kanan dan pilih change drive latter and paths. Klik tombol enter maka harddisk akan terbaca pada laptop para pengguna.

4. Mengganti Kabel USB

Penyebab lainnya yang membuat harddisk tidak terbaca pada laptop yaitu kabel USB yang rusak. Tahukah macam-macam kabel USB harddisk? Seperti diketahui kabel yang digunakan harddisk terdiri dari dua macam yaitu USB male dan USB type-C. Gantilah kabel yang rusak dengan kabel baru.

Pastikan kabel USB baru tersebut terpasang dengan baik. Setelah itu hidupkan laptop maka harddisk akan sudah terbaca. Kabel USB yang baru tidak akan mengganggu fungsi pengiriman data dan daya listrik pada laptop.

5. Melakukan Low Level Format

Permasalahan yang dapat menyebabkan harddisk rusak yaitu pengguna yang tidak membersihkan file sampah secara berkala. File sampah yang banyak akan membuat harddisk error atau tidak bekerja optimal. Cara yang dapat dilakukan jika hal tersebut telah terlanjur yaitu dengan membersihkan harddisk sampai benar-benar bersih.

Baca Juga: Cara Mudah Memperbaiki Partisi Harddisk Yang Hilang

Lakukanlah penginstalan HDD low level format. Setelah selesai maka buka aplikasi dan pilih bagian harddisk. Klik continue untuk melanjutkan proses format file. Tunggu beberapa waktu hingga semua file selesai dihapus.

Penutup

Demikian beberapa cara mengatasi harddisk yang tidak terbaca yang dapat dilakukan. Lakukanlah pengecekan file sampah dan rawat laptop dengan baik agar semua komponen didalamnya dapat bekerja optimal.

Jika ada pertanyaan terkait hal ini maupun saran dan kritik, Anda bisa memberitahu saya melalui kolom komentar yang tersedia di bagian bawah artikel ini. Cukup sekian dan terimakasih, sampai bertemu lagi di pembahasan selanjutnya.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.