Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

5 Tips Mudah Cara Mengatasi Komputer Lemot Windows 7

2 min read

Cara Mengatasi Komputer Lemot Windows 7

Windows 7 adalah versi Windows setelah Windows vista yang dirilis tahun 2009. Termasuk versi lama dari Windows membuat kinerja Windows 7 sedikit lebih lambat dibandingkan dengan versi baru. Tentu, pengguna Windows dapat menerapkan cara mengatasi komputer lemot Windows 7 yang tepat agar kinerja komputer menjadi lebih cepat.

Baca juga : cara menghilangkan password windows 7, 8 dan 10

Sebagaimana yang diketahui bahwa pengguna komputer masih banyak yang menggunakan Windows versi ini. Windows 7 memiliki tingkat performa dan kompatibilitas yang lebih baik dibandingkan dengan Windows versi terbaru.

Cara Mengatasi Komputer Lemot Windows 7

Adapun cara mempercepat kinerja Windows 7 agar tidak lemot yang dapat Anda terapkan dengan mudah, diantaranya yaitu:

1. Uninstall Bloatware

Bloatware adalah software bawaan yang ada di perangkat sejak pertama perangkat tersebut dibeli. Software tersebut rata-rata tidak dibutuhkan dan menghabiskan ruang penyimpanan PC. Beberapa software akan aktif otomatis saat komputer dijalankan, sehingga menambah kerja perangkat.

Bloatware yang tidak diperlukan harus di uninstall untuk mengurangi beban komputer. Cara uninstall bloatware yaitu dengan membuka start menu.

Pilih Control Panel kemudian pilih uninstall program dan pilih software yang tidak diinginkan. Kinerja komputer Windows 7 akan lebih baik setelah melakukan cara mengatasi komputer lemot Windows 7 ini.

2. Batasi Start Up

Start Up Windows menyebabkan beberapa software ikut aktif otomatis. Banyaknya software yang berjalan secara bersamaan membuat kerja komputer semakin berat.

Windows 7 memiliki kapasitas yang lebih kecil dibandingkan Windows terbaru. Terlalu banyak software yang aktif bisa membuat kerja Windows ini melambat.

Pengguna cukup mengetikan MSCONFIG di kolom pencarian Windows. Pilih tab startup untuk melihat daftar software yang aktif otomatis. Software yang tidak diperlukan dihilangkan ceklisnya untuk menonaktifkan. Pastikan yang dinonaktifkan adalah software bukannya hardware karena akan mengganggu kinerja Windows.

3. Ubah Power Setting

Power setting adalah pengaturan performa komputer yang dipengaruhi oleh konsumsi daya baterai. Perubahan pada power setting akan mempengaruhi performa dari komputer yang dimiliki. High performance membuat komputer bekerja secara maksimal tanpa proses loading yang mengganggu.

Baca juga : cara melihat tipe laptop windows 7, 8, 10

High performance power setting membuat daya baterai komputer cepat habis. Pengguna harus menghubungkan komputer dengan listrik agar pekerjaan tidak terganggu karena kehabisan daya baterai. Power Setting ini sangat bagus jika digunakan untuk mempercepat kinerja komputer Windows 7.

4. Defrag dan Bersihkan Harddisk

Defrag harddisk berfungsi untuk merapikan file-file yang ada di harddisk. Komputer sebenarnya sudah menerapkan sistem ini secara otomatis, tetapi gagal karena komputer dimatikan.

Opsi Defragment and Optimize Your Drive untuk defrag harddisk bisa dibuka di Control panel lalu klik System and Security. Pengguna juga bisa mengatur jadwal defrag otomatis pada harddisk.

Harddisk juga harus dibersihkan secara berkala untuk mengoptimalkan kerjanya. Cara membersihkan harddisk yaitu dengan membuka Start Menu, pilih All Program kemudian Accessories.

Pilih System Tools kemudian Disk Cleanup untuk membersihkan harddisk pada komputer. Data sampah dari recycle bin dan cache akan ikut dibersihkan dengan cara ini.

5. Cek Adanya Virus atau Spyware

Komputer lambat bisa diakibatkan karena adanya virus, malware, spyware dan lain-lain yang menyerang komputer. Virus-virus ini akan merusak software dan file yang tersimpan di penyimpanan komputer, sehingga tidak bisa dibuka. Efek yang lebih parah yaitu malware akan mencuri informasi yang ada di perangkat.

Baca juga : cara mengaktifkan kamera laptop windows 7, 8 dan 10

Cara menghilangkan virus yang menyerang komputer yaitu dengan memanfaatkan software antivirus. Software tersebut harus dapat memindai dan menghilangkan virus secara berkala untuk mencegah masuknya virus ke perangkat. Kinerja komputer akan kembali baik setelah bersih dari virus yang menyerang.

Penutup

Itulah Windows 7 yang kadang memiliki kinerja lambat dan menyulitkan penggunanya. Kinerja tersebut bisa ditingkatkan dengan cara mengatasi komputer lemot Windows 7 yang tepat. Install ulang diperlukan, jika cara diatas masih belum mampu meningkatkan kerja Windows.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.