Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

5 Tips Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas dengan Mudah

2 min read

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

Menjaga kesehatan laptop penting dilakukan agar mencegah kerusakan dini pada laptop. Salah satunya dengan menjaga suhu agar tidak terlalu panas. Mengetahui cara mengatasi laptop cepat panas dapat Anda terapkan dengan mudah. Beberapa diantaranya bahkan dapat dilakukan tanpa bantuan apapun.

Baca juga : cara membuka internet positif di pc

Laptop panas atau istilahnya overheating, tentunya akan menyebabkan berbagai permasalahan. Beberapa diantaranya adalah melambatnya kinerja laptop, bahkan sampai merusak komponen bagian dalam. Nah untuk mengatasi permasalahan ini, bisa Anda ikuti beberapa tips dibawah ini.

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

Berikut adalah informasi cara untuk menjaga suhu laptop agar tidak panas yang dapat Anda terapkan dengan mudah, diantaranya yaitu:

1. Istirahatkan Laptop

Cara pertama yang termudah dan praktis adalah dengan mengistirahatkan laptop. Matikanlah laptop untuk beberapa jam. Mungkin sekitar 2 hingga 3 jam sampai suhu pada laptop benar-benar turun. Matikan juga laptop dengan prosedur yang benar, yaitu melalui fitur shut down.

Beberapa orang mungkin tidak menyadari bahwa mematikan laptop adalah hal yang penting. Ini karena dengan mematikan laptop, semua sistem dalam laptop dapat ter-refresh lagi sehingga sistem dapat bekerja normal kembali. Begitu pula pada komponen dalam yang dapat mencegah kerusakan dini.

2. Mengurangi Beban Prosesor

Untuk melakukan cara ini, hal pertama yang harus dipahami adalah dengan memahami kemampuan pada laptop. Jangan memaksa laptop untuk bekerja diluar kemampuannya. Misalnya menjalankan software yang melebihi spesifikasi yang dimiliki laptop. Atau memaksa laptop bekerja pada grafik yang tinggi.

Baca juga : cara mengatasi tidak bisa upload gambar di wp

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menutup software yang tidak digunakan lagi. Kemudian jika laptop tersambung pada beberapa perangkat yang tidak diperlukan lagi, sebaiknya perangkat tersebut dilepas dahulu. Cara berikutnya bisa dengan menurunkan resolusi pada layar.

3. Perhatikan Kondisi Pemakaian

Cara mengatasi laptop cepat panas yang berikutnya bisa dengan melihat kondisi laptop ketika dipakai. Letak dimana laptop dipakai bisa juga menjadi sebab naiknya suhu pada laptop. Misalnya saja dengan menggunaka laptop di atas kasur yang menyebabkan ventilasi udara menjadi tertutup.

Selain itu, media dimana laptop diletakan juga harus diperhatikan. Salah satunya adalah jangan meletakan laptop di tempat yang panas, misalnya alat elektronik yang sedang menyala. Kemudian jangan meletakan laptop di media yang dapat mempertahankan suhu laptop, misalnya diatas benda logam.

4. Melakukan Pengaturan Daya

Selain melakukan cara eksternal seperti diatas, cara internal pada laptop pun bisa menjadi solusi. Caranya adalah dengan melakukan konfigurasi daya pada laptop. Ini dilakukan agar kinerja prosesor dapat sedikit lebih ringan karena prosesor tidak akan menggunakan kecepatannya secara maksimum.

Caranya adalah dengan masuk ke pengaturan Power & Sleep melalui Start. Klik Additional Power Setting pada bagian Related Setting. Masuk ke Change Plan setting pada bagian Balanced. Sesuaikan pengaturan On Baterry dan Plug in. Klik Change Advanced Power Setting. Lakukan pengaturan daya dan klik Apply dan Ok.

5. Menggunakan Cooling Mat untuk Laptop

Cooling mat adalah perangkat laptop terpisah yang dapat digunakan sebagai kipas. Perangkat ini bisa menjadi alternatif solusi jika laptop benar-benar terpaksa harus bekerja dengan keras. Aksesoris ini berbentuk persegi panjang yang dapat digunakan sebagai alas pada laptop.

Baca juga : cara mengatasi kursor hilang di AutoCAD

Cooling mat untuk laptop dapat ditemui disejumlah online store. Harganya beragam, mulai dari 200 ribuan hingga 400 ribuan tergatung jumlah kipas dan ukurannya. Untuk menggunakan cooling mat pun cukup mudah, yaitu hanya perlu menancapkan cooling mat pada port USB laptop.

Terkadang mengatasi permasalah kecil dapat mencegah sebuah permasalahan yang lebih besar. Tentu ini juga berlaku pada perangkat laptop. Dengan adanya cara mengatasi laptop cepat panas, diharapkan dapat membantu perawatan pada laptop. Perawatan sejak dini dapat mencegah kerusakan dikemudian hari.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.