14 Kelebihan dan Kekurangan Koperasi Simpan Pinjam

2 min read

Kelebihan dan kekurangan koperasi

Koperasi ialah salah satu jenis badan usaha di Indonesia yang menggerakkan ekonomi masyarakat dengan berlandaskan asas kekeluargaan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan koperasi yang perlu diketahui, simak lebih lanjut pembahasannya dibawah ini.

Baca juga : fungsi iklan dalam bisnis

Umumnya, badan usaha koperasi dijalankan oleh masyarakat secara bersama-sama dalam membantu dan mensejahterakan semua anggotanya. Sehingga, dengan adanya koperasi cukup membantu ekonomi masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang diperlukan.

Perlu anda ketahui kalimat koperasi yang kita kenal saat ini berasal dari bahasa inggris yaitu co (bersama) dan operation (usaha) yang jika ditafsirkan ke bahasa indonesia yakni usaha bersama.

Kelebihan dan Kekurangan Koperasi

Koperasi sangat cocok diterapkan di negara kita Indonesia karena sebagian besar masyarakatnya memiliki sikap kekeluargaan, gotong royong dan kebersamaan. Akan tetapi, tidak dipastikan juga koperasi yang dijalankan mampu bertahan lama, hal ini juga tergantung dari sikap setiap anggota yang ada didalamnya.

Kelebihan Koperasi

Berikut dibawah ini beberapa kelebihan dari koperasi yang perlu anda ketahui agar menambah wawasan anda seputar badan usaha koperasi, diantaranya yaitu :

1. Mengutamakan kepentingan anggotanya

Pastinya koperasi akan selalu mengutamakan keperluan dari anggotanya daripada individu. Hal ini disebabkan karena koperasi tidak bisa berjalan dengan baik jika tidak ada anggota didalamnya.

2. Memiliki sikap saling membantu dan melengkapi

Dalam hal ini, setiap anggota yang terdapat dalam koperasi perlu bertindak secara ganda yakni sebagai komsumen dan produsen supaya koperasi mampu berjalan dengan baik. Sehingga, setiap anggota yang terdaftar dalam koperasi harus sering menyimpan dan melakukan peminjaman dana ke koperasi tersebut.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan android

Oleh sebab itu, koperasi dapat membantu dan saling melengkapi kebutuhan anggotanya. Ada yang berperan sebagai konsumen dan ada yang berperan sebagai pembeli, perbedaan peran inilah yang menjadi ciri khas dari koperasi.

3. Memiliki sikap sukarela dan terbuka

Setiap orang yang terdaftar dalam anggota koperasi juga bisa bergabung secara sukarela atau keinginan dari diri sendiri dan bukan terpaksa karena orang lain. Selain itu, badan usaha koperasi juga sangat terbuka bagi semua orang yang ingin mendaftar menjadi anggotanya.

4. Badan usaha yang sesuai dengan sikap bangsa Indonesia

Seperti yang kita tau, hampir semua orang Indonesia mempunyai ciri khas sikap gotong royong dan kekeluargaan antar masyarakat. Sehingga, koperasi sangat cocok dijalankan di negara Indonesia.

5. Meningkatkan usaha sesuai kebutuhan anggotanya

Koperasi memiliki prinsip pengolaan yang memiliki tujuan untuk menyimpan lama dan digunakan untuk kepentingan anggotanya. Dalam kata lain, hasil dari usaha atau keuntungan yang diperoleh oleh koperasi akan digunakan kembali untuk kepentingan anggotanya, seperti koperasi jasa yang mendirikan usaha layanan asuransi.

6. Setiap anggota mempunyai hak yang sama

Berapapun besar modal yang dimiliki anggota koperasi tersebut tidak akan mempengaruhi hak suaranya, sehingga setiap anggota yang terdaftar mempunyai hak suara yang sama tanpa adanya perbedaan atau diskriminasi.

7. Membantu ekonomi masyarakat

Koperasi merupakan salah satu contoh demokrasi ekonomi pada masyarakat, tujuan utama dari koperasi yaitu untuk membantu ekonomi dan meningkatkan taraf hidup masyarakat. Maka dari itu, kehadiran badan usaha koperasi sangat membantu bagi masyarakat yang mempunyai penghasilan rendah.

8. Mempermudah masyarakat dalam mendapatkan modal usaha

Seperti yang kita tau, koperasi mendapatkan modal dari anggota yang menyimpan sejumlah uangnya. Di sisi lain hal ini juga mempermudah anggota lainnya dalam memperoleh modal usaha dari koperasi yang bersumber dari dana tersebut.

9. Meningkatkan kesejahteraan semua anggota

Kelebihan koperasi yang selanjutnya yaitu mampu meningkatkan kesejahteraan semua anggota, dalam kata lain koperasi tidak ada tujuan atau maksud terselubung dalam mendapatkan keuntungkan uang dari anggotanya.

10. Simpanan wajib dan pokok yang rendah

Dalam hal ini, koperasi memiliki sejumlah simpanan yang wajib dan pokok yang dapat disesuaikan dengan kemampuan setiap anggota, sehingga tidak membebani anggotanya.

Kekurangan Koperasi

Setiap kelebihan pasti ada kekurangan, begitu pula dengan koperasi. Berikut dibawah beberapa kekurangan pada koperasi yang juga perlu anda ketahui, diantaranya yaitu :

1. Mempunyai daya saing yang lemah

Kekurangan dari koperasi yang pertama yaitu mempunyai daya saing yang cukup lemah dibandingkan dengan badan usaha besar lainnya yang memiliki konsep serupa. Oleh sebab itu, mari kita dukung koperasi terdekat anda agar mampu bersaing dengan badan usaha lainnya.

2. Modal yang cukup terbatas

Dalam hal ini, koperasi yang baru berdiri sangat sulit untuk memperoleh modal. Sehingga, modal yang tersedia dalam koperasi sangatlah terbatas.

2. Kurangnya kesadaran antar anggota

Perlu anda ketahui, tidak seluruh anggota yang tergabung dalam koperasi mempunyai kesadaran dalam menjalankan kegiatan koperasi. Seperti contoh ada beberapa yang macet dalam menyetorkan iuran wajib dan ada beberapa juga yang tidak memenuhi kewajibannya, maka dari itu mari kita menumbuhkan kesadaran sejak dini agar mempermudah jalannya koperasi tersebut.

3. Sering terjadi konflik kepentingan antar anggota

Terkadang setiap anggota dalam koperasi mempunyai kepentingan sendiri-sendiri yang bisa membuat perpecahan atau konflik kepentingan antar anggota koperasi. Hal ini cukup menyulitkan para pengelola koperasi dalam memilih kepentingan anggota mana yang akan didahulukan.

4. Kekurangan tenaga professional

Seringkali tenaga kerja professional yang bersedia untuk mengelola koperasi sangat terbatas yang membuat kurangnya pengertian dan kerja sama antar pengelola, pengurus, pengawas dan anggotanya. Pastinya kekurangan ini juga akan menghambat perkembangan koperasi tersebut.

Penutup

Akhir kata, demikianlah pembahasan yang dapat saya tulis mengenai kelebihan dan kekurangan koperasi secara umum bagi masyarakat yang perlu anda ketahui. Saya harap bisa bermanfaat dan dapat anda pahami dengan baik, cukup sekian dan terimakasih telah berkunjung, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *