Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Inilah 6 Kelebihan dan Kekurangan Moodle bagi Pengguna

2 min read

Kelebihan dan Kekurangan Moodle

Untuk pembelajaran konvensional, Moodle mungkin menjadi kata asing yang belum banyak dikenal. Padahal aplikasi ini bisa menjadi media pembelajaran yang efektif untuk proses pendidikan. Terlepas dari itu, ada kelebihan dan kekurangan moodle yang menjadi kendala.

Baca juga : pengertian dan fungsi content management system

Kini, Moodle sudah tersedia dalam versi aplikasi yang bisa digunakan tak terbatas ruang dan waktu. Meski begitu, pengguna tetap membutuhkan koneksi internet untuk saling terhubung satu sama lain. Platform tersebut mengambil konsep pembelajaran E-learning yang dapat digunakan secara bebas.

Apa itu Moodle?

Berkembangnya teknologi di berbagai negara ternyata juga turut mempengaruhi dunia pendidikan. Di mana kini baik pendidik maupun peserta didik bisa berinteraksi dan melakukan proses pembelajaran lebih efektif dan efisien.

Sebagai aplikasi atau media pembelajaran, Moodle memberikan opsi model pembelajaran. Diantaranya kuis, forum, survey, assigment dan chat. Mengusung konsep social constructionist pedagogy, Moodle bida diakses melalui pc maupun smartphone.

Moodle memungkinkan terjadinya pembelajaran jarak jauh. Sehingga platform tersebut pun semakin banyak peminatnya. Apalagi, aplikasi ini sudah diklaim berskala internasional, dan memungkinkan pengguna memodifikasinya sesuai kebutuhan.

Kelebihan Moodle sebagai Media Pembelajaran

Menjadi salah satu CMS yang bisa digunakan untuk keperluan pendidikan, Moodle memiliki beberapa kelebihan. Di mana kelebihan tersebut menjadi daya tarik tersendiri dari aplikasi ini. Penasaran? Ini dia kelebihan Moodle dibandingkan platform lainnya.

1. Efektif dan Efisien

Pertama, Moodle diklaim menjadi aplikasi yang memberikan kemudahan akses bagi penggunanya. Aplikasi yang dirilis tahun 2013 tersebut memungkinkan pengaturan pribadi. Di mana pengguna bisa memilih sendiri model pembelajaran lalu saling berinteraksi.

Baca juga : kelebihan akun centang biru instagram

Tidak heran, Moodle dikenal sebagai platform online yang efektif dan efisien. Tentunya hal ini tidak terlepas dari berbagai fitur juga tool yang ada di aplikasi tersebut. Apalagi setiap user memiliki hak akses berbeda-beda, sehingga sistem jaringan bisa diatur sedemikian rupa.

2. Gratis Biaya Penggunaan

Sesuatu yang gratis namun tidak murahan memang memiliki daya tarik tersendiri. Seperti Moodle yang memberikan keleluasaan kepada penggunanya dalam membagikan serta menjalankan aplikasi untuk keperluan masing-masing.

Moodle juga bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan komersial maupun non komersial. Terlebih lagi, aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui Google playstore. Penggunaannya relatif mudah karena bisa diakses tanpa internet alias offline.

3. Memiliki Tampilan Sederhana (Friendly)

Penggunaan Moodle sebagai media pembelajaran tidak memerlukan teknik yang terlalu rumit. Menurut riset di tahun 2016 banyak perusahaan pengguna Learning Management System yang ingin bermigrasi ke pengalaman yang lebih baik.

Nah, hal itu bisa ditemukan pada Moodle. Pasalnya aplikasi ini memberikan pengalaman interaksi antar muka yang ramah juga dilengkapi fitur navigasi deskriptif. Sehingga waktu belajar dan pelatihan penggunaan platform relatif singkat.

Kekurangan Moodle sebagai Media Pembelajaran

Secara garis besar, Moodle memang bisa menjadi solusi tepat untuk interaksi jarak jauh yang berkenaan dengan aktivitas atau komunitas tertentu. Namun aplikasi ini juga tidak luput dari kekurangan, diantaranya:

  • Menjadi salah satu system berbasis digital yang bisa diakses secara gratis, Moodle membutuhkan orang berpengalaman. Hal ini erat kaitannya dengan berbagai sistem yang ada di aplikasi itu sendiri.
  • Meski bisa diakses melalui PC dan smartphone, Moodle membutuhkan hardware mumpuni. Tentunya ada biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa menggunakannya secara optimal.
  • Sangat ketergantungan dengan orang yang ahli di bidang teknologi. Meski pelatihan pengguna bisa dilakukan dalam waktu singkat, tetap saja perlu administrator yang bisa membangun sistem e-learning.

Fungsi Moodle secara Umum

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan Moodle, aplikasi ini bisa digunakan oleh berbagai pihak. Baik itu lembaga pendidikan maupun perusahaan. Tidak heran Moodle banyak digunakan sebab tampilannya yang sederhana serta bisa menjadi tempat berkonsultasi.

1. Sebagai Learning Management System bagi Perusahaan

Fungsi Moodle yang pertama bisa digunakan untuk media peningkatan skill para karyawan perusahaan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya badan usaha yang mulai menggunakan platform ini. Interaksi lebih mudah sebab bisa dilakukan dimana saja.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan edmodo

Itu membuktikan penggunaan Moodle tidak hanya terbatas pada proses pendidikan saja. Banyak pula kursus online yang menggunakan Moodle untuk melakukan interaksi dengan pengikut kelas tersebut.

2. Sebagai Learning Management System di sektor Pendidikan

Sudah bukan rahasia lagi kini pembelajaran bisa dilakukan dimana saja. Proses pendidikan tidak hanya bisa terjadi di dalam kelas yang dilakukan secara offline. Tapi bisa juga beralih ke platform digital.

Sebagai LMS yang digunakan pada kegiatan belajar mengajar, guru akan lebih mudah memantau peserta didik. Selain itu, pendidik pun dapat mengasah skill dengan beralih ke model pembelajaran E-learning.

Penutup

Sudah menjadi hal umum aplikasi sebagus apapun tetap memiliki kelemahan. Terlepas dari kelebihan dan kekurangan Moodle yang sudah dibahas, tidak membuat platform ini sepi pengguna. Bagaimana, apa Anda tertarik untuk beralih ke media digital Moodle?

Akhir kata, demikianlah keunggulan dan kelemahan aplikasi moodle yang perlu Anda ketahui sebelum mulai menggunakannya. Semoga bermanfaat, see you next time.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.