Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

7 Tips Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

2 min read

Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

Keyboard laptop adalah hal yang paling berfungsi bagi pekerja yang mengandalkan laptop. Akan tetapi, keyboard laptop tidak selamanya lancar digunakan. Cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi ada beberapa tahapan tergantung tingkat keparahannya.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

Adapun langkah yang bisa dilakukan sebenarnya tidak rumit jika mengalami hal ini. Tapi tetap harus berhati-hati dan sesuai prosedur saat menangani keyboard yang tak terbaca, agar tidak membuat kerusakan lainnya. Hal berikut ini bisa diterapkan sebelum dibawa ke pihak servis laptop, antara lain:

1. Membersihkan Keyboard Secara Berkala

Keyboard laptop memiliki celah untuk mendukung teknik pengetikan. Tak jarang, celah ini tak luput dari debu-debu halus yang dapat menghambat kinerja keyboard. Untuk itu, pengguna sebaiknya membersihkan laptop sebagai cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi.

Baca juga : cara mengganti tampilan keyboard pada android

Pengguna juga bisa menggunakan vacuum khusus untuk menyedot debu di keyboard. Laptop juga bisa dimiringkan dan digoyangkan dengan hati-hati untuk mengeluarkan debu yang terselip di celah keyboard. Jika masih belum berfungsi pengguna dapat mencoba cara selanjutnya.

2. Memeriksa NumLock yang Aktif tanpa Sengaja

Ketika mengetik, tak jarang ada tombol yang tertekan tanpa sengaja dan pengguna tak mengetahui fungsi tombol tersebut. Contoh sederhananya pada tombol Numeric Lock. Tombol ini digunakan ketika ingin menonaktifkan keyboard laptop dan menggunakan keyboard eksternal.

Untuk menonaktifkan tombol ini ada dua cara tergantung merek laptop yang dipakai. Pertama, pengguna dapat menekan tombol “Fn” dan “NumLk” secara bersamaan. Setelah selesai, pengguna bisa memeriksa keyboard.

3. Melakukan Restart Pada Laptop

Sistem operasi terkadang mengalami gangguan yang tak terduga. Penyebabnya bisa karena virus, pemakaian yang berlebihan, atau gangguan dari aplikasi yang terpasang. Tak jarang pula, keyboard laptop terkena akibat kesalahan sistem tersebut. Untuk mengatasi masalah ini, pengguna bisa mengeluarkan semua aplikasi yang aktif, kemudian melakukan restart komputer.

4. Merestore Windows

Aktivitas Restore Windows sangat bermanfaat untuk mengatasi kesalahan sistem yang berkaitan dengan keyboard laptop. Caranya, pengguna membuka pengaturan Control Panel. Selanjutnya buka opsi System and Security.

Baca Juga : tips cara merawat keyboard laptop agar tetap awet

Setelah itu pilih tombol Open System Restore. Selanjutnya, laptop melakukan proses reboot dan tunggu hingga selesai. Proses ini berguna untuk menyingkirkan elemen yang tak digunakan bahkan mengganggu sistem.

5. Mengecek Koneksi Keyboard dengan Laptop

Konektor di bawah keyboard laptop tertekan atau terputus sambungannya. Untuk memperbaiki kerusakan ini, pengguna bisa membuka keyboard dengan hati-hati dan membetulkan posisi konektor keyboard. Akan tetapi, apabila pengguna merasa khawatir akan kerusakan yang lebih parah, pengguna bisa membawa ke servis laptop.

6. Memeriksa Driver Keyboard

Driver bawaan keyboard bisa tiba-tiba tidak terdeteksi oleh sistem operasi. Untuk mengatasinya pengguna bisa membuka pengaturan Device Manager. Pada keyboard laptop yang terpasang, bisa di refresh atau diperbarui jika ada pembaruan. Setelah proses selesai, cek keyboard apakah bisa digunakan atau tidak. Coba tekan satu persatu tombol pada keyboard untuk memastikan.

7. Melepas Baterai Laptop

Baterai berdekatan posisinya dengan keyboard laptop. Apabila ada kesalahan sambungan listrik, dapat berpengaruh ke sistem atau keyboard.

Baca juga : cara mengecek keyboard laptop yang rusak

Untuk memperbaiki hal ini, pengguna bisa mematikan laptop kemudian melepas baterai laptop. Laptop yang mati ditekan tombol powernya selama 60 detik. Selanjutnya, laptop dipasang kembali baterainya dan dinyalakan kembali. Keyboard dicek kembali untuk menguji fungsinya.

Penutup

Demikian solusi perbaikan yang bisa dilakukan secara mandiri sebelum ke servis laptop. Sebagai cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi lainnya bisa dilakukan dengan memakai keyboard eksternal yang wireless maupun dengan kabel. Selain itu, di laptop ada fasilitas On-Screen Keyboard yang bisa diakses melalui menu Accessories.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

One Reply to “7 Tips Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.