Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

6 Tips Cara Memperkuat Sinyal WiFi Laptop dengan Efektif

2 min read

Cara Memperkuat Sinyal WiFi Laptop

Pada masa pandemi ini internet memegang peranan penting. Pasalnya banyak hal dilakukan secara daring. Tentu tidak menyenangkan jika sinyal internet yang terhubung ke laptop lemot. Adapun cara memperkuat sinyal WiFi laptop yang mudah untuk diikuti.

Baca juga : cara mematikan WiFi indihome di jam tertentu

Apalagi cara ini bisa membantu pemula yang menggunakan WiFi mengatasinya. Jadi, kegiatan daring bisa kembali berjalan lancar. Untuk lebih jelasnya, simak caranya dibawah ini agar dapat dipraktekkan dengan mudah.

Cara Memperkuat Sinyal WiFi Laptop

Berikut dibawah ini beberapa tips yang dapat Anda terapkan dengan mudah pada laptop atau komputer windows, diantaranya yaitu:

1. Periksa Kekuatan Pancaran Sinyal WiFi

Caranya ketika sinyal WiFi yang ditangkap laptop terbilang lemah adalah mengecek kekuatan sinyal WiFi yang dipancarkan oleh router. Jika sinyal yang dipancarkan memang lemah, maka sinyal WiFi yang bisa ditangkap oleh laptop juga pasti lemah.

Untuk mengeceknya pengguna bisa menggunakan aplikasi NetSpot, Cloudcheck, atau Amped. Pengguna juga bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mencari posisi dimana sinyal WiFi terpancar kuat.

2. Update Driver WiFi

Cara pertama untuk mengatasi sinyal WiFi yang lemah adalah mengupdate driver Wireless Network pada laptop tersebut. Penyedia driver selalu memberikan update driver perangkat secara berkala. Jadi pengguna juga harus selalu melakukan update perangkat, agar network adapter bekerja maksimal.

Baca juga : cara melihat sandi WiFi yang tersimpan melalui CMD

Sebelum memasuki langkahnya, pastikan laptop sudah terhubung dengan internet agar bisa melakukan update driver. Langkah cara memperkuat sinyal WiFi laptop dengan mengupdate driver Wireless Network adalah sebagai berikut:

  • Buka menu device manager > Network Adapters.
  • Klik nama device Network Adapter yang terpasang pada laptop.
  • Buka tab Driver pada jendela device.
  • Klik tombol Update Driver.
  • Tekan Ok setelah update berhasil dilakukan.

3. Ubah Posisi

Posisi menentukan banyaknya sinyal WiFi yang bisa ditangkap oleh laptop. Sebab pancaran WiFi dari router terbatas. Baik terkait range jarak pancarnya, intervensi perangkat lain, serta daya tembusnya terhadap benda-benda yang menghalanginya.

Pilih posisi yang cukup terbuka. Dimana sinyal dari router tidak terhalangi oleh dinding atau penghalang yang bisa melemahkan pancaran sinyal router. Pastikan pula jarak laptop tidak terlalu jauh dari router atau WiFi repeater. Agar sinyal WiFi yang dipancarkan masih kuat dan dapat diterima dengan baik.

Jauhkan pula laptop dari perangkat elektronik lain yang juga memancarkan sinyal sejenis. Sebab kemampuan laptop untuk menangkap sinyal WiFi bisa terpengaruh. Sinyal WiFi yang seharusnya ditangkap bisa tumpang tindih dengan sinyal yang dipancarkan perangkat lain.

4. Pilih Kanal yang Sepi

Jumlah pengguna yang terkoneksi pada WiFi dalam satu kanal juga mempengaruhi kualitas sinyal yang bisa ditangkap oleh laptop. Semakin banyak pengguna yang terkoneksi, trafik akan semakin tinggi dan berpotensi terjadinya gangguan. Akibatnya kualitas sinyal akan semakin menurun.

Baca juga : cara mematikan WiFi wireless ZTE F609

Oleh sebab itu, sebaiknya pilih kanal yang masih sepi pengguna. Cara mengeceknya bisa menggunakan aplikasi inSSIDer. Pengguna bisa melihat mana kanal yang memiliki banyak pengguna dan yang tidak. Melalui aplikasi ini pengguna juga bisa melacak kekuatan sinyal, memindai jangkauan WiFi, serta melakukan pengaturan keamanan WiFi.

5. Update Teknologi WiFi yang Dipakai

Cara memperkuat sinyal WiFi laptop selanjutnya adalah dengan mengganti perangkat WiFi yang lama dengan perangkat terbaru.  Teknologi perangkat Internet, termasuk WiFi terus berkembang pesat.

Jika laptop pengguna merupakan keluaran lama, sebaiknya mengupdate wireless card yang terpasang pada laptop. Dengan demikian kemampuan laptop dalam menangkap sinyal WiFi akan meningkat.

6. Gunakan External WiFi Receiver

Pilihan lain selain mengganti perangkat internal laptop adalah dengan memasang perangkat tambahan. Untuk kasus ini, pengguna bisa menambahkan External WiFi Receiver pada laptop. Penggunaan External WiFi Receiver ini akan meningkatkan kemampuan laptop untuk menangkap sinyal WiFi yang dipancarkan router.

Selain keenam cara memperkuat sinyal WiFi laptop diatas, pengguna juga bisa memperkuat sinyal WiFi dengan cara lain. Misalnya mengupdate teknologi router, melakukan pengaturan bandwith, atau menambahkan WiFi repeater.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.