Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

5 Tips Cara Membuka Situs yang Diblokir Pemerintah

1 min read

Cara Membuka Situs yang Diblokir Pemerintah

Berselancar internet telah menjadi kebutuhan setiap masyarakat. Memasuki website untuk membaca berita, mencari informasi, mencari gambar, dan lain sebagainya. Beberapa orang perlu mengerti cara membuka situs yang diblokir pemerintah. Hal itu dikarenakan beberapa situs website yang ditemui biasanya ada situs yang diblokir.

Baca juga : cara memblokir situs tertentu di komputer windows

Salah satu problem ketika berselancar internet kemudian ingin membuka sebuah situs web adalah ada website yang diblokir. Tapi tidak perlu khawatir, Anda tetap bisa mengakses situs tersebut dengan mudah untuk berbagai hal, baik itu belajar, bekerja, berkomunikasi atau lainnya.

Cara Membuka Situs yang Diblokir Pemerintah

Berikut di bawah beberapa tips yang dapat Anda terapkan dengan mudah dalam mengakses situs yang ditutup oleh pemerintah, diantaranya yaitu:

1. Menggunakan Layanan VPN

Pertama menggunakan aplikasi VPN dapat membuka situs yang diblokir pemerintah. Pengguna bisa mendownload VPN terlebih dahulu di Google Play Store. Caranya, buka Play Store, kemudian ketik VPN, maka akan banyak sekali aplikasi VPN yang bisa dipilih oleh pengguna. Setelah itu klik download maka otomatis akan terinstal.

Langkah selanjutnya bisa langsung membuka aplikasi VPNnya. Buka aplikasi VPN, di tampilan utamanya akan ada tulisan mulai VPN. Klik tulisan tersebut, maka VPN akan aktif.

Kemudian akan muncul tanda kunci di atas menu smartphone pengguna. Aplikasi VPN akan otomatis memilih server tercepat. Pengguna bisa langsung browsing ke situs yang diblokir tadinya.

2. Gunakan Situs Proxy

Cara kedua bisa menggunakan situs Proxy. Situs Proxy atau biasa disebut Proxy Site bisa membantu pengguna untuk mengunjungi situs yang diblokir. Cara menggunakan Situs proxy ini sangat mudah, pengguna tinggal menyiapkan browser di smartphone kemudian buka situs Proxynya.

Baca juga : cara membersihkan file sampah dengan temp cleaner

Setelah terbuka, pengguna lebih dulu memilih server di situs Proxynya. Memilih server pada menu dropdown. Kemudian salin situs yang sebelumnya ingin dibuka tapi ternyata diblokir. Masukan alamat situs yang sudah disalin di pencarian. Selanjutnya klik go, maka situs yang sebelumnya tidak bisa dibuka bisa dikunjungi dan pengguna bisa mengakses keperluannya.

3. Menggunakan Wayback Machine

Cara membuka situs yang diblokir pemerintah ketiga adalah dengan Wayback Machine. Wayback Machine adalah situs yang menyimpan situs, sehingga bisa untuk dibuka kembali jika mengunjungi situs ini.

Caranya kunjungi alamat situsnya Wayback Machine, selanjutnya masukan alamat situs yang ingin dibuka pada pencarian. Pilih tanggal berapa ingin membuka situsnya, lalu akan muncul situs yang ingin dibuka.

4. Gunakan Opera Mini

Bisa juga menggunakan Opera Mini, jika ingin membuka situs yang diblokir. Cara kerjanya sama-sama pakai VPN, hanya saja di Opera Mini tanpa instal aplikasi VPN.

Pengguna tinggal buka Opera Mini, kemudian masuk pada menu setting. Setelah itu cari VPN kemudian klik aktifkan VPN. Maka setelah VPN muncul yang ditandai dengan ikon VPN di area pencarian. Pengguna bisa langsung masuk ke situs yang diblokir sebelumnya.

5. Pakai PC atau Laptop

Cara terakhir ini bisa menggunakan PC atau laptop. Langkahnya cukup mudah, tekan windows+R. Lalu langsung bisa ketik cmd, maka akan muncul tampilan command prompt.

Baca juga : rekomendasi situs streaming bola luar negeri terfavorit

Pada tampilan tersebut langsung saja ketik “ping” dengan diikuti situs web yang ingin dibuka. Jika sudah tinggal enter, maka akan muncul alamat IPnya. Salin alamat IP tersebut kemudian tinggal browsing di browser.

Penutup

Demikian cara membuka situs yang diblokir pemerintah yang patut dicoba. Beberapa situs diblokir oleh pemerintah biasanya situs yang diperuntukan oleh kalangan dewasa. Bisa berupa berita tentang kekerasan, atau edukasi terkait pernikahan yang umumnya hanya diperbolehkan orang dewasa untuk mengaksesnya.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.