Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Panduan Lengkap Cara Atasi Shopee dan Lazada Error

8 min read

Cara Atasi Shopee dan Lazada Error

Lazada dan Shopee adalah 2 dari banyak aplikasi e-commerce terkemuka di Indonesia. Tak heran, jika jumlah member dari kedua aplikasi ini, melampaui jumlah member dari aplikasi sejenis lainnya. Meskipun demikian, kedua aplikasi ini tak pernah luput dari gangguan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, berikut ini panduan lengkap atasi Shopee dan Lazada error.

Baca juga : cara menggunakan bonus dadakan lazada

Permasalahan ini bisa saja terlihat dengan aplikasi yang tidak bisa diakses, susah check out, gagal dalam menggunakan Pay Later, dan yang lainnya. Meskipun begitu, bukan berarti permasalahan-permasalahan tersebut tidak bisa diatasi.

Salah satunya dengan mengikuti langkah-langkah yang ada pada paduan ini. Gangguan apa saja yang biasa terjadi pada aplikasi Shopee dan Lazada ini? Dan bagaimana cara mengatasinya? Ikuti panduan selengkapnya, hanya disini!

Panduan Lengkap Cara Atasi Shopee dan Lazada Error

Shopee merupakan sebuah e-commerce yang berasal dari Singapura. Pada mulanya, Shopee hanyalah sebuah situs elektronik komersial yang didirikan oleh Forrest Li pada tahun 2009 yang lalu, yang berada di bawah naungan Sea Limited.

Barulah pada tahun 2015, Shopee memperluas jaringannya menjadi sebuah e-commerce yang terbesar di beberapa negara di Asia. Seperti indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina dan juga Taiwan.

Namun layaknya e-commerce dengan jumlah member yang tidak sedikit, Shopee pun tidak luput dari berbagai macam gangguan dan masalah, yang terkadang membuat aplikasi ini menjadi error. Dalam pembahasan kali ini akan dijelaskan panduan bagaimana cara atasi Shopee dan Lazada error.

Gangguan yang Sering Terjadi pada Aplikasi Shopee

Namun kini, akan dijelaskan terlebih dahulu mengenai gangguan-gangguan yang biasa terjadi pada Shopee, dan cara mengatasinya. Diantaranya yaitu:

1. Shopee Gagal Check Out

Shopee gagal check out merupakan salah satu permasalahan yang paling sering terjadi. Penyebabnya mungkin saja, karena jumlah member yang mengakses aplikasi ini terlalu banyak, atau mungkin produk yang akan dibeli telah habis, dan yang lainnya.

Berikut ini beberapa metode seputar cara atasi Shopee dan Lazada error dalam melakukan check out berbagai produk, diantaranya yaitu:

  • Melakukan Pengecekan Terhadap Barang Yang Akan Anda Beli

Salah satu penyebab Shopee gagal check out, karena mungkin saja stok/persediaan barang yang Anda masukkan ke keranjang telah habis. Sehingga ketika Anda berniat untuk membelinya, maka Shopee menjadi error, dan Anda tidak bisa melakukan check out.

Cara mengatasi Shopee dan Lazada error yang berkaitan Shopee gagal checkout ini yaitu dengan melakukan pengecekan terhadap barang yang akan Anda beli.

  • Mengurangi Jumlah Produk Yang Akan Anda Beli

Besar kemungkinan, Anda tidak bisa melakukan check out, karena barang yang akan Anda beli dibatasi. Misalnya, jika di periode tertentu, Anda bisa membeli barang tersebut dalam jumlah banyak. Namun di periode yang lain, aturan tersebut tidak berlaku lagi.

Sehingga saat Anda akan membeli barang tersebut dalam jumlah banyak. Anda malah tidak bisa untuk melakukan check out. Maka dari itu, cara mengatasi gangguan ini, yaitu dengan mengurangi jumlah barang yang akan Anda beli.

  • Mengecek Kembali Apakah Akun Shopee Anda Bermasalah Atau Tidak

Permasalahan lainnya yang mungkin terjadi hingga Anda gagal melakukan check out saat akan melakukan pembelian di Shopee yaitu karena akun Anda bermasalah.

Hal ini mungkin saja terjadi, terutama jika akun Anda tersebut disinyalir telah melanggar kebijakan Shopee, akun yang telah di-banned, dan semacamnya.

Bagaimana cara atasi Shopee dan Lazada error untuk masalah Shopee gagal checkout ini? Anda bisa memeriksa akun Shopee Anda. maupun dengan mencoba melakukan check out dengan akun yang lain, untuk barang yang sama. Untuk panduan lebih lengkapnya bisa klik link ini Cara Atasi shoppe gagal check out.

2. Error F01 Dan F02

Pernahkah Anda mengalami situasi, dimana Anda akan membeli barang dari Shopee, namun kemudian muncul Shopee Error F01 ataupun F02? Penyebabnya mungkin saja, karena pihak Shopee meyakini telah terjadi aktivitas yang tidak wajar pada akun Shopee Anda tersebut. Ataupun mungkin dikarenakan Anda memiliki akun Shopee yang lebih dari satu.

Adapun cara atasi Shopee dan Lazada error untuk masalah Shopee Error F01 dan F02 ini, diantaranya yaitu:

  • Pelajari Berbagai Aturan Dan Kebijakan Shopee

Karena biasanya, error F01 dan F02 ini disebabkan karena pihak Shopee mencurigai ada yang tidak beres dengan akun Anda. Salah satunya mungkin saja, yang berkaitan dengan pelanggaran dan kebijakan yang diberlakukan oleh pihak shopee. Maka solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan ini, yaitu dengan mempelajari berbagai aturan dan kebijakan Shopee.

  • Mendownload Aplikasi Pihak Ketiga

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk atasi Shopee dan Lazada error untuk masalah Shopee error ini yaitu dengan mendownload aplikasi pihak ketiga. Salah satunya yaitu aplikasi Cloner.

Dengan aplikasi ini bisa menjamin, aplikasi shopee yang tadinya error F01 dan F02. Kini menjadi mudah untuk diakses kembali. Panduan selengkapnya bisa cek di artikel:

3. Paylater Yang Tidak Bisa Digunakan

Selain yang telah disebutkan di atas. Gangguan lainnya yang biasa terjadi pada aplikasi Shopee, diantaranya Pay Later yang tiba-tiba tidak bisa digunakan. Padahal Anda sedang benar-benar membutuhkan barang yang akan Anda beli.

Anda juga bisa baca panduan lengkapnya di artikel ini Penyebab shoppe pay later tidak bisa digunakan.
Nah, untuk cara atasi Shopee dan Lazada error ini dapat diperbaiki dengan beberapa cara dibawah ini, diantaranya yaitu:

  • Isi Kembali Saldo Anda

Bisa saja, layanan Paylater yang ada pada Shopee, tidak bisa Anda gunakan, karena saldo yang ada pada layanan tersebut tidak mencukupi. Khususnya untuk membayar sejumlah barang yang akan Anda beli tersebut. Cara terbaik untuk mengatasi hal ini, tentunya dengan mengisi kembali saldo Anda.

  • Pilih Barang yang Bisa Dibayar dengan Metode Pay Later

Sebenarnya ada beberapa barang-barang yang tidak bisa dibayar dengan Pay Later. Khususnya pada barang-barang yang tidak memiliki bentuk fisik. Misal pulsa, kuota internet, token pulsa, maupun voucher game. Jika memang, Pay Later tidak bisa digunakan pada pembelian tersebut.

Maka satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan, jika ingin menggunakan Pay Later ini, yaitu dengan memilih barang-barang yang bisa dibayar dengan metode pembayaran Pay Later.

  • Menunggu Beberapa Saat

Metode Paylater pada Shopee tiba-tiba error dan tidak bisa digunakan, karena mungkin saja ada penangguhan yang dilakukan Shopee, yang bersifat sementara.

Untuk atasi Shopee dan Lazada error karena Pay Later Shopee tidak bisa digunakan dikarenakan penangguhan ini, yaitu dengan menunggu beberapa saat. Setidaknya hingga Pay Later tersebut, bisa digunakan kembali.

  • Hapus Data Pada Aplikasi Cache

Penyebab lainnya, yang sering ditemui saat Paylater tidak bisa digunakan, salah satunya karena cache pada aplikasi Shopee ini sudah banyak dan menumpuk. Cara untuk mengatasinya tentunya dengan pergi ke menu pengaturan aplikasi manager, dan pilih aplikasi shopee, kemudian klik opsi hapus data.

Hanya saja, bilamana Anda melakukan cara ini, maka otomatis, Anda harus mengisi alamat email/nomor telepon Anda, berikut passwordnya kembali. Bilamana Anda ingin masuk ke aplikasi Shopee kembali.

4. Tidak Bisa Menggunakan Akulaku

Akulaku merupakan salah satu metode pembayaran yang pastinya akan lebih memudahkan Anda dalam melakukan pembelian barang-barang secara online. Selain dengan menggunakan Pay Later tentunya.

Baca Juga : Cara lengkap atasi shoppe tidak bisa pakai akulaku

Namun terkadang, Shopee mengalami gangguan, hingga Anda tidak bisa menggunakan Akulaku, untuk membayar sejumlah barang dari e-commerce yang satu ini. Nah, cara atasi Shopee dan Lazada error untuk gangguan Shopee yang tidak bisa menggunakan Akulaku ini, diantaranya yaitu:

  • Periksa Limit Akulaku

Mungkin saja, Anda tidak bisa menggunakan Akulaku sebagai metode pembayaran, karena limit Akulaku yang Anda ajukan cenderung dibatasi. Untuk mengetahui hal itu, ada baiknya Anda memeriksa limit saldo kredit Akulaku yang Anda miliki.

Jika memang, limitnya terbatas, maka Anda bisa memilih barang-barang dengan harga yang lebih murah, yang sekiranya, pembayarannya bisa dilakukan oleh Akulaku ini.

  • Melakukan Update aplikasi Akulaku

Bisa saja, gangguan yang terjadi pada Shopee yang tidak menggunakan Akulaku ini, karena aplikasi Akulaku yang Anda instal sebelumnya, telah usang dan telah lama digunakan. Solusi terbaik, agar Akulaku bisa digunakan sebagai metode pembayaran di Shopee yaitu dengan cara melakukan update, pada aplikasi Akulaku tersebut.

Selain langkah-langkah di atas, Cara atasi Shopee dan Lazada error yang paling efektif, tentunya dengan menghubungi pusat bantuan. Seperti yang terjadi pada Shopee ini. Dimana Anda bisa menghubungi pusat bantuan Shopee dengan cara seperti berikut,

    • Masuk ke aplikasi Shopee, kemudian klik menu halaman saya, dengan logo gambar orang
    • Jika menu tersebut telah Anda klik, maka pada layar hp Anda, akan muncul mengenai opsi bantuan.

Diantaranya opsi chat customer service Shopee, opsi dengan menelepon customer service Shopee serta menyampaikan keluhan dan permasalahan Shopee gagal checkout ini dengan melalui email, di alamat url https://support.shopee.co.id.

Gangguan Yang Sering Terjadi pada Aplikasi Lazada

Selain Shopee, Lazada merupakan salah satu e-commerce terbaik yang aplikasinya banyak didownload oleh hampir semua masyarakat Indonesia. Khususnya yang memiliki minat yang cukup besar dalam melakukan pembelian barang-barang secara online.

Lazada merupakan perusahaan e-commerce yang telah berdiri sejak tahun 2021, dan memiliki jaringan di beberapa negara di Asia Tenggara. Seperti Malaysia, Vietnam, Filipina, dan tentunya Indonesia. Didirikan oleh Pierre Poignant dan juga Rocket Internet.

Dan sama halnya dengan Shopee, Lazada juga tak pernah luput dari berbagai gangguan, yang pastinya akan mengganggu kenyamanan Anda sebagai pengguna.

Namun tenang saja, karena disini juga akan ada panduan lengkap atasi shopee dan Lazada error. Khususnya mengenai penyebab dan cara mengatasi gangguan pada aplikasi Lazada ini. Ingin tahu lebih lengkapnya? Mari kita bahas satu persatu. Diantaranya yaitu:

1. Tidak Bisa Login

Permasalahan penting yang sering terjadi pada aplikasi Lazada ini, yaitu Anda sebagai member dan pengguna, tidak bisa melakukan login pada aplikasi ini. Akibatnya, Anda tidak bisa melakukan sejumlah pembelian dari barang-barang yang sudah Anda masukkan ke keranjang sebelumnya. Nah,untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mengikuti panduan berikut ini! Diantaranya yaitu:

  • Pilih Menu Lupa Password

Ada kemungkinan, Anda tidak bisa login ke aplikasi Lazada ini, karena email dan password yang Anda masukkan tidak tepat. Cara atasi Shopee dan Lazada error karena masalah ini, yaitu dengan mengklik menu lupa password yang berada di laman login.

Tunggu beberapa saat, hingga pihak Lazada akan mengirim verifikasi ke alamat email Anda. Barulah Anda bisa membuka email Anda tersebut, dan mengklik opsi verifikasi, yang telah dikirimkan pihak Lazada sebelumnya.

  • Periksa Kembali Keamanan Email Anda

Meskipun kemungkinannya sangat kecil, namun bisa saja Anda tidak bisa login ke aplikasi Lazada ini, karena akun Anda terkena hack.

Untuk mengetahuinya, Anda bisa membuka email Anda. Karena biasanya, pihak Lazada akan memberitahukan pada Anda,bilamana akun Anda tersebut telah di-hack oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

  • Membuat Akun Baru

Cara atasi Shopee dan Lazada error dengan langkah ini dilakukan, yaitu sebagai solusi bilamana akun Lazada ini dianggap menyalahi aturan dan kebijakan Lazada. Maka mau tak mau, jika hal ini terjadi, pastinya Anda harus membuat akun baru, agar Anda bisa menggunakan aplikasi ini lagi.

  • Menunggu Beberapa Saat

Besar kemungkinan, Anda tidak bisa login ke akun Lazada Anda, karena ada gangguan pada sistem dan server Lazada. Jika memang, penyebabnya karena hal ini.

Maka cara yang paling tepat untuk mengatasi masalah ini, yaitu dengan menunggu beberapa saat. Setidaknya hingga sistem bisa berjalan seperti semula, dan Anda bisa menggunakan aplikasi ini lagi. Jika Anda masih bingung maka bisa baca artikel Lazada tidak bisa login.

2. Tidak Bisa Check Out

Bukan hanya Shopee saja, ternyata aplikasi Lazada juga sering mengalami error, saat akan melakukan check out. Nah, dengan cara atasi Shopee dan Lazada error berikut ini, setidaknya bisa mengatasi Lazada yang sulit untuk dilakukan check out. Diantaranya yaitu:

  • Menghapus Data Aplikasi Lazada

Ada kemungkinan, Anda tidak bisa melakukan check out pada aplikasi Lazada, karena cache pada aplikasi ini sudah terbilang penuh. Untuk mengatasi gangguan yang disebabkan oleh cache yang penuh ini, Anda bisa menghapus data aplikasi Lazada, yang dilakukan pada menu manager aplikasi.

  • Mengganti Nomor Telepon/Email Akun

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan, untuk atasi Shopee dan Lazada error karena akun Lazada Anda tidak bisa melakukan check out yaitu, dengan mengganti nomor telepon maupun email Anda.

Karena bisa jadi, ada akun lainnya yang menggunakan nomor telepon ataupun alamat email yang sama. dengan akun yang Anda gunakan saat ini.

  • Mengaktifkan Flight Mode

Untuk mengatasi masalah tidak bisa checkout di Lazada, bisa Anda lakukan dengan mengaktifkan fitur flight mode pada hp Anda. Setidaknya untuk beberapa saat.

Hal ini dimaksudkan, karena mungkin saja, permasalahan mengenai tidak bisa check out ini, berkaitan dengan jaringan internet yang tidak stabil. Panduan lebih lengkap bisa cek di Cara Mengatasi Lazada tidak bisa Checkout

3. Paylater Pada Lazada Tidak Bisa Digunakan

Bisa dibilang, Pay Later merupakan salah satu metode pembayaran yang banyak digunakan dalam berbagai pembelian barang-barang yang dilakukan secara online, di berbagai e-commerce. Tak terkecuali dengan Lazada ini. Baca panduan lebih lengkap : Cara Mengatasi Lazada Paylater tidak bisa digunakan.

Namun karena beberapa hal, Pay Later ini menjadi sangat sulit untuk digunakan. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini. Diantaranya yaitu:

  • Melakukan Aktivasi

Meskipun jarang terjadi, namun ada beberapa member/pengguna Lazada yang tidak bisa menggunakan Pay Later, dikarenakan lupa dalam mengaktivasi metode pembayaran ini.

Jika memang penyebabnya karena hal itu, maka Anda bisa segera mengaktivasi fitur Paylater, hingga Anda bisa menggunakan fitur ini untuk membayar sejumlah pembelian barang-barang dari aplikasi Lazada ini.

  • Melakukan Update Aplikasi

Jika aplikasi lazada Anda telah usang, maka secara otomatis, Anda tidak bisa menggunakan aplikasi ini, dan bahkan untuk menggunakan fitur Pay Later sekalipun. Cara atasi Shopee dan Lazada terkait error ini, Anda bisa melakukan update aplikasi Lazada tersebut. Hingga Pay Later bisa digunakan sebagai metode pembayaran.

  • Melunasi Tunggakan

Penyebab lainnya, mengapa Anda tidak bisa menggunakan Pay Later yaitu karena Anda belum melunasi beberapa tunggakan sebelumnya. Jika memang inilah penyebabnya, maka mau tak mau, Anda harus melunasi tunggakan tersebut, hingga akhirnya Anda bisa menggunakan kembali fitur Pay Later ini.

  • Mengganti Nomor Telepon

Cara lainnya untuk atasi Shopee dan Lazada error karena tidak bisa menggunakan Pay Later ini, yaitu dengan mengganti nomor telepon. Hal ini dilakukan, tentunya sebagai jaga-jaga.

Bilamana nomor telepon Anda telah digunakan berulang-ulang, untuk fitur dan akun Lazada yang sama, yang memungkinkan Anda tidak bisa menggunakan Pay Later kembali.

4. Akun yang Anda Gunakan, Terbukti Melanggar Syarat Kebijakan Lazada

Gangguan lainnya yang sering terjadi pada akun Lazada, yaitu akun yang digunakan telah terbukti melanggar persyaratan yang ditetapkan oleh pihak Lazada.

Jika memang hal itu terjadi pada akun Lazada Anda, maka cara atasi Shopee dan Lazada error yang tepat, salah satunya dengan mengirimkan penjelasan mengenai pembatasan akun Lazada Anda tersebut, yang dilakukan secara tertulis kepada pihak Lazada.

Surat yang berisi penjelasan ini, dialamatkan ke alamat email support@lazada.co.id. Tentunya dengan menggunakan alamat email yang sama, dengan yang sebelumnya Anda daftarkan untuk membuat akun Lazada tersebut.

Dan pihak Lazada akan mengirimkan surat tersebut ke bagian call center, untuk ditindaklanjuti. Anda hanya perlu mengecek email Anda secara berkala. Kalau-kalau pihak Lazada, telah membalas email yang Anda kirimkan tersebut.

Ups, baca artikel selengkapnya di sini ya jika masih bingung Cara Mengatasi Lazada Melanggar syarat.

Selain cara-cara yang telah dijelaskan di atas, Anda juga bisa menghubungi call center Lazada, untuk membantu Anda, dalam mengatasi masalah Anda, yang berkaitan dengan error pada aplikasi Lazada ini. Ada 3 cara yang bisa Anda lakukan, untuk menghubungi call center Lazada ini. Diantaranya :

  • Dengan line telepon di nomor (021) 80640090.
  • Melalui situs web resmi lazada di halaman contact lazada.
  • Jika Anda reseller, Anda bisa mengunjungi laman sellercenter lazada.

Penutup

Nah itu tadi, beberapa penjelasan mengenai masalah yang sering terjadi, serta panduan lengkap mengenai cara atasi Shopee dan Lazada error. Meskipun memang, permasalahan dan gangguan tersebut sangat beragam dan terbilang kompleks. Namun, bukan berarti setiap gangguan tersebut tidak bisa diatasi.

Jadi, Anda tak perlu panik lagi, dalam menghadapi setiap masalah dan gangguan yang terjadi, saat Anda ingin menggunakan kedua aplikasi e-commerce tersebut.

Karena hanya dengan cara-cara yang telah dijelaskan diatas, akun Shopee maupun akun Lazada yang Anda miliki, bisa digunakan sebagaimana mestinya. Semoga bermanfaat.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

2 Replies to “Panduan Lengkap Cara Atasi Shopee dan Lazada Error”

  1. Wow, superb weblog layout! How lengthy have you ever been blogging for? you make running a blog look easy. The overall glance of your web site is fantastic, as well as the content material!

  2. Very good info. Lucky me I recently found your blog by accident (stumbleupon).
    I’ve saved as a favorite for later!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.