Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

7 Rekomendasi Software Editor Video Youtube Masa Kini

2 min read

Rekomendasi Software Editor Video Youtube

Pada dasarnya membuat konten di dalam channel Youtube itu tidak mudah, ada proses panjang dibalik semua video-video yang tayang setiap harinya. Dibantu dengan kemajuan teknologi meskipun struggle in every process tetapi dimudahkan. Salah satunya menggunakan software editor video youtube.

Baca juga : tips membuat blog online dengan efektif

Kegunaan dasarnya tentu saja untuk mengedit scene saat pengambilan video sehingga nantinya ketika tayang di channel Youtube, terlihat rapi dan enak ditonton. Mengedit gerakan dalam bentuk digital lebih sulit daripada foto, namun dengan hadirnya beberapa software tersebut memudahkan prosesnya.

Software Editor Video Youtube

Tidak ada kata sulit jika Anda mau mulai mencoba, sama seperti menjadi seorang influencer atau Youtuber. Orang pintar pasti tahu bahwa video-video yang tayang mempunyai proses editing disana dan sini, jangan khawatir kesulitan karena beberapa software edit video di bawah ini user friendly.

1. Adobe Premiere Pro

Aplikasi pertama jatuh pada Adobe Premiere Pro yang memang sering digunakan oleh para content creator, influencer dah khususnya youtuber dalam mengedit videonya sebelum tayang. Jika Anda mempunyai PC atau laptop dari Apple, biasanya software tersebut sudah menjadi salah satu fiturnya.

Hal tersebut jangan dijadikan tolok ukur mengedit harus menggunakan gadget sejenis, bisa dengan produk lainnya karena software Adobe Premiere Pro dapat diinstall ke dalam PC atau laptop apapun. Fitur editing yang dimiliki lengkap, dari edit video low resolution, 8K hingga VR semua ada di dalamnya.

2. Adobe Premiere Elements

Pilihan kedua bagi yang merasa kesulitan dalam menggunakan Premiere Pro. Walaupun sama-sama dari Adobe, namun untuk software kedua ini lebih ringan dan mudah digunakan. Hal tersebut membuat beberapa orang lebih sering memilihnya. Hasil editnya pun tidak kalah dibandingkan sebelumnya.

Baca juga : mengenal fungsi dan jenis-jenis mikrotik

Fitur pertamanya, AI yang berguna memudahkan pengguna mengedit video secara otomatis. Selain itu adanya berbagai efek visual, yaitu slow motion, overlay, timelapse, bounce back dan double exposure membuat video lebih hidup. Lalu fiturnya fix action cam footage, memperbaiki guncangan pada video.

3. Filmora & FilmoraGo

Sangat cocok digunakan bagi para editor pemula di dunia pervideoan Youtube atau media sosial lainnya. Salah satu software yang sederhana dengan kemudahan ketika digunakan, namun hasil videonya tidak abal-abal. Memiliki 2 versi, Filmora untuk PC dan laptop sedangkan FilmoreGo digunakan pada HP.

Fiturnya cukup lengkap mengingat software ini interfacenya sederhana dan mudah digunakan, penggunanya dapat mengedit video dengan resolusi 4K. Selain itu, mempunyai lebih dari 100 pilihan template efek transisi. Filmora berfitur EasyMode sehingga tools editingnya mudah dimengerti.

4. DaVinci Resolve

Software satu ini merupakan rekomendasi terbaik bagi semua pengguna Windows, MacOS, dan Linux karena gratis untuk mengunduhnya. Meskipun free, fitur-fitur di dalamnya sangat mumpuni untuk mengedit video-video sehingga memang dijadikan andalan oleh beberapa aktivis video maker.

Hasil editing videonya diklaim sebanding dengan software berbayar seperti Adobe Premiere Pro. Hal tersebut dibuktikan pada fiturnya yaitu motion graphic, color corrector, visual effect sampai audio mixing. Selain itu DaVinci mendukung pengeditan video beresolusi 8K, terbukti handal untuk editor.

5. Corel Video Studio

Software yang satu ini juga tidak kalah saing dengan sebelum-sebelumnya, karena beberapa Youtuber juga memanfaatkannya untuk mengedit video mentah. Seperti rekomendasi Filmo, Corel Video Studio mempunyai tampilan sederhana dan mudah pemakaiannya sehingga cocok digunakan oleh pemula.

Baca juga : rekomendasi aplikasi penambah kontak WA android

Tampilannya yang sederhana tidak membuat Corel redup karena fiturnya sangat lengkap, yaitu motion tracking, 4K dan VR video editing serta berbagai efek video. Selain itu, fitur lainnya pengguna dapat menggunakan template opening, transisi video, background musik hingga filter agar lebih hidup.

6. iMovie

Bagi pengguna gadget keluaran Apple disarankan mencoba editing video menggunakan iMovie karena cukup mumpuni mengingat tim pencipta softwarenya adalah merek dunia. Sayangnya, memang hanya bisa digunakan oleh para pemegang sistem operasi iOS atau MacOS. Fiturnya simple tapi fungsional.

iMovie mempunyai fitur pilihan template tema, filter, background, hingga soundtrack dan efek audio. Selain itu, berbeda dengan software lainnya, iMovie sudah mendukung pengeditan menggunakan green screen serta efek split screen. Bahkan pengguna dapat membuat trailer dari template animasi terbaiknya.

7. Shotcut

Sesuai dengan tagline di atas, kabarnya Shotcut merupakan software berfitur sederhana tidak selengkap Premiere Pro tetapi dapat melakukan editing video lanjutan.

Hal tersebutlah yang membuat beberapa aktivis video-video maker menggunakannya sebagai alat edit utama. Fiturnya adalah editing dasar.

Penutup

Ketujuh software editor video youtube di atas dapat diinstal ke dalam PC dan laptop, karena sebenarnya editing video melalui HP kurang maksimal sehingga disarankan menggunakan kedua benda tersebut. Hal ini disebabkan oleh layar serta kemampuan ponsel sebatas gunanya untuk berkomunikasi.

Baca juga : manfaat centang biru instagram pada bisnis

Akhir kata, demikianlah informasi seputar perangkat lunak khusus video editing terbaru yang bisa digunakan pada komputer windows. Semoga bermanfaat, sampai bertemu lagi di pembahasan lainnya.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.