Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

4 Rekomendasi Aplikasi Memperjelas Foto Buram di Android

2 min read

Rekomendasi Aplikasi Memperjelas Foto Buram di Android

Tidak banyak yang tahu bahwa sebenarnya foto-foto blur sehingga menghasilkan gambar kurang sempurna bisa diperbaiki secara otomatis. Adanya aplikasi memperjelas foto buram ternyata dapat memperbaikinya menjadi lebih sempurna. Berbeda dengan efek bokeh yang sengaja dibuat efek blurred.

Baca juga : rekomendasi aplikasi editor PC tanpa watermark

Aplikasi ini digunakan untuk foto-foto yang memang secara tidak sengaja hasilnya kurang jelas atau buram pada fokusnya sehingga menjadi lebih sempurna. Fiturnya beragam dengan fungsi dasar memperjelas hasil-hasil foto blurred itu tadi. Itulah alasan mengapa pengguna sangat bergantung.

Rekomendasi Aplikasi Memperjelas Foto Buram

Hasil foto buram biasanya terjadi saat mengambilnya menggunakan kamera pada HP. Hal yang sangat wajar karena memang ketika menjepret objek dengan ponsel, Anda tidak akan bisa mengontrol gerakan tangan sehingga kemungkinan terjadinya blur. Berikut ini beberapa aplikasi untuk memperbaikinya.

1. Remini – Photo Enhancer

Remini mempunyai fitur image processing dengan tenaga AI, sehingga aplikasi ini dapat mengurangi blur atau buram bahkan dari kamera-kamera antik jaman dulu. Selain itu bahkan Remini bisa memperbaiki objek tidak mempunyai fokus menjadi lebih tajam. Berikut langkah cara menggunakannya.

  • Jika belum mempunyai aplikasinya, Anda bisa mengunduhnya melalui Google Playstore lalu membukanya dan lakukan login terlebih dahulu dengan email atau akun media sosial
  • Untuk mempertajam foto dengan objek kurang fokus dan blur, pilihlah menu Enhance lalu klik use it
  • Pilih salah satu foto yang akan diperbaiki
  • Klik tanda checklist atau centang untuk memulai proses pengeditannya
  • Akan ada video iklan yang harus Anda lihat sampai selesai, karena jika tidak aplikasi tidak akan memproses pengeditan fotonya
  • Selanjutnya Anda hanya perlu mengklik icon mengunduh yang berada di pojok kanan atas
  • Secara otomatis hasil perbaikan foto akan tersimpan di dalam galeri

Langkah caranya yang mudah membuktikan bahwa untuk memperbaiki sebuah foto tidak memerlukan usaha lebih. Hanya perlu klik sana sini dan hasil foto lebih bagus akan tersimpan secara otomatis di dalam gallery. Kemudahan dalam menggunakannya, membuat siapa saja bisa memanfaatkannya.

2. Adobe Photoshop Express

Setiap orang yang sering bekerja dengan komputer dan laptop pasti tidak asing dengan aplikasi Adobe Photoshop. Aplikasi ini cukup terkenal karena dapat menghasilkan beberapa foto sempurna menggunakan tools yang tersedia di dalamnya. Berikut dibawah ini adalah cara menggunakannya:

  • Seperti biasa jika belum mempunyai aplikasinya bisa mengunduh melalui Google Playstore dan App Store. Untuk pengguna baru, akan ada proses login menggunakan email atau facebook lalu memasukkan informasi tanggal lahir
  • Setelah berhasil, aplikasi akan meminta foto yang akan diperbaiki tampilannya
  • Jika ingin memperbaiki foto yang buram atau blur, Anda hanya perlu memilih adjust lalu gantilah menjadi sharpen
  • Lalu, hanya perlu menggeser-gesernya saja sesuai keburaman yang ada di foto tersebut. Tingkat maksimal sharpen hingga 150
  • Jika ingin lebih jernih lagi Anda bisa memilih fitur auto enhance, klik saja lalu secara otomatis foto yang buram dan blur lebih jernih

Beberapa orang mengira menggunakan Adobe Photoshop adalah hal sulit, dengan aplikasi versi express ini terbukti bahwa penggunaannya mudah. Bahkan selain fitur memperbaiki, banyak lagi fitur-fitur yang ditawarkan disana sehingga pengguna dapat memaksimalkan penggunaannya untuk edit foto.

3. Toolwhiz Photo

Mempunyai tampilan aplikasi sederhana sehingga saat akan menggunakannya juga tergolong mudah bahkan untuk sekedar memperbaiki foto-foto blur atau buram.

Baca juga : mengenal manfaat UPS bagi komputer

Toolwhiz photo merupakan salah satu andalan pengguna untuk editing foto termasuk memperbaiki, dan berikut ini beberapa langkah caranya.

  • Unduh dan buka aplikasi Toolwhiz Photo pada ponsel Anda
  • Lalu pilih Pro Editing, selanjutnya tentukan foto-foto yang ingin diperbaiki atau diperjelas tampilannya
  • Pilih tools dan klik Enhance terletak di bagian paling kanan
  • Di dalam fitur tersebut banyak sekali pilihan tools untuk mengedit dan memperbaiki foto-foto kurang jelas, pilihlah Defog dan strong agar foto semakin jelas
  • Setelah itu memilih Auto Tone dengan dua pilihan antara Tone Basic dan Tone Correct dapat disesuaikan pada kondisi blur atau buram difotonya

Banyaknya fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini terkadang membuat beberapa pengguna bingung menggunakannya. Tetapi bukan masalah besar karena ketika membukanya dan praktik secara langsung akan lebih mudah. Toolwhiz Photo memang mempunyai banyak tools sesuai dengan namanya.

4. VSCO

Salah satu andalan beberapa editor ketika akan mengedit foto-fotonya dengan efek dan juga membuatnya masuk ke dalam frame. Selain itu tentunya mempunyai fitur Enhance yaitu memperbaiki gambar buram menjadi jelas dengan caranya yang sangat mudah dan simple dari lainnya.

Penutup

Beberapa rekomendasi aplikasi memperjelas foto buram di atas beserta sedikit caranya dapat diaplikasikan ke dalam foto-foto yang sekiranya memang terlihat tidak jelas atau buram. Cara penggunaannya pun mudah sehingga siapa saja dapat menggunakannya tanpa kesulitan.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.