Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

7 Manfaat UPS bagi Komputer yang Perlu Diketahui

2 min read

Manfaat UPS bagi Komputer

Jarang ada yang tahu bahwa PC dapat dilindungi ketika mengalami mati listrik yang dapat terjadi kapan saja. Manfaat UPS bagi komputer sangatlah penting sehingga komponen dalamnya aman saat tiba-tiba terjadi pemadaman kelistrikan. Mungkin manfaatnya hampir sama dengan genset.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan edo ram

UPS sendiri kepanjangan dari Uninterruptible Power Supply) dikenal juga sebagai Suplai Daya Bebas Gangguan. Merupakan perangkat yang menggunakan baterai backup untuk catuan daya alternatif. Lalu memberikan cadangan dayanya pada barang elektronik. Mungkin jika HP sama dengan power bank.

Manfaat UPS bagi Komputer

Jika dilihat lagi dari maknanya, memang benar bahwa komputer membutuhkan UPS sehingga ketika listrik padam tidak mematikannya secara paksa. Jangka pemakaiannya pun terbatas, sehingga lebih baik digunakan saat akan shutdown saat tak ada daya listrik. Berikut manfaatnya yang jarang diketahui.

1. Memberikan Energi Listrik Sementara

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit, bahwa kegunaan UPS bagi komputer seperti genset pada kelistrikan tempat umum dan power bank pada HP. Oleh karena itu hanya memberikan cadangan daya listrik sementara serta terbatas. Namun manfaatnya ini sangat membantu komponen dalamnya awet.

Ada beberapa tempat di Indonesia yang sering mengalami mati listrik, hal tersebut tentunya akan berdampak pada barang elektronik terutama komputer. Komponen dalamnya cenderung tidak awet, sehingga adanya UPS tersebut dapat membantu memberikan daya, agar mematikannya secara wajar.

2. Memberikan Kesempatan Waktu untuk Mengamankan Data

Mati listrik itu tidak dapat diprediksi kecuali pemadaman, sehingga saat terjadi dan Anda sedang bekerja tentu saja data resiko hilang karena komputer mati dengan terpaksa. UPS hadir untuk memberikan pengguna aktif komputer untuk bekerja, mengamankan data-data pentingnya. 5 menit saja cukup.

Baca juga : jasa penerjemah dokumen bahasa inggris

Memang benar cara kerjanya seperti genset dan power bank, tetapi UPS lebih terbatas sehingga tidak menyediakan daya banyak. Ketika mati listrik, Anda hanya diberikan waktu sebentar untuk mengamankan data-data serta mematikan komputer secara normal sesuai prosedur tanpa paksaan.

3. Mengamankan Sistem Operasi pada Komputer

Sudah dibahas sedikit, bahwa komputer yang mati secara terpaksa atau untuk kasus ini karena mati listrik tentunya akan beresiko pada kerusakan software, data-data hingga hardware. Hal tersebut membuat UPS menjadi sangat bermanfaat mengamankan semuanya dari pemadaman mendadak.

Memaksakan shut down pada komputer memang tidak bagus bagi semua komponen. Oleh sebab itu adanya UPS ini memang bermanfaat untuk mengamankan semuanya sehingga ada tambahan waktu Anda mematikan PC secara wajar menurut prosedur seperti biasanya. Dijamin semuanya aman.

4. Mudah Digunakan atau User Friendly

Memutuskan untuk membelinya tidak perlu khawatir bagaimana cara menggunakannya karena UPS diciptakan sangat user friendly, mudah digunakan dalam pemasangan instalasinya. Hal tersebut juga yang membuat beberapa orang pengguna aktif komputer memutuskan memakainya sehari-hari.

Tidak memerlukan ahli instalasi komputer untuk memasangnya karena memang mudah serta tidak rumit. Ketika membelinya pun, pasti sudah termasuk dengan cara memasangnya sehingga lebih memudahkan Anda untuk disambungkan ke komputer dan merasakan manfaat lainnya.

5. Memberikan Notifikasi jika Terjadi Kegagalan

Salah satu manfaat sepele namun sebenarnya penting sebagai antisipasi, yaitu UPS akan memberikan notifikasi khusus jika terjadi kegagalan. Caranya Anda harus mengaturnya dahulu melalui perangkat lunak atau software UPS management yang pastinya sudah diberikan sekaligus saat membelinya.

Baca juga : fungsi label centang biru instagram

Kegagalan yang dimaksud adalah kemungkinan resiko terjadinya putus sambungan pada komputer, sehingga menyebabkan UPS tidak bekerja sebagaimana mestinya. Bahkan ketika terjadi kerusakan, tentunya akan mengakibatkan gagal memberikan daya cadangan pada komputernya.

6. Memberikan Banyak Waktu Cadangan

Komputer tanpa UPS biasanya akan mati seketika saat listrik padam, sehingga tidak akan ada waktu bagi penggunanya menyalakan genset. Namun jika menggunakannya, PC yang tersambung tetap hidup sementara saat tiba-tiba pemadaman dan Anda memiliki waktu cukup untuk menghidupkan genset.

Seperti yang sudah banyak dibahas, bahwa UPS tidak memberikan daya dengan waktu lama sehingga ketika mati listrik Anda harus segera mematikannya secara normal. Bisa juga sambil menyalakan genset tetapi komputer tetap menyala meskipun tidak ada aliran listrik karena pemadaman.

7. Mempunyai Kemampuan Mandiri

UPS memang terkenal mandiri karena dapat melakukan diagnosa dan management dirinya sendiri, sehingga memudahkan pengguna untuk lebih antisipasi saat terjadi gangguan sistem. Manfaat yang terakhir ini mempunyai hubungan erat terhadap pemberian notifikasi terjadinya kegagalan.

Notifikasi tersebut datangnya dari management dan diagnosa UPS pada dirinya sendiri jika terjadi kegagalan atau gangguan sistem komponen dalamnya. Hal ini tentunya membantu karena sebagai pengguna tidak akan terus memantau kinerjanya karena kegunaannya juga sebagai daya cadangan.

Penutup

Tujuh manfaat UPS bagi komputer tampaknya sudah cukup bisa meyakinkan Anda untuk memilikinya, tentu penggunaan komponen UPS sendiri dapat menambah umur pada komputer Anda.

Baca juga : mengenal perbedaan ram sodim dan dim

Ada baiknya sedia payung sebelum hujan, seperti menyediakan UPS agar komponen-komponen komputer didalamnya selalu awet meskipun terjadi mati listrik secara mendadak. Semoga bermanfaat.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.