Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Mengenal 5 Perbedaan RAM Sodim dan Dim pada Komputer

2 min read

Perbedaan RAM Sodim dan Dim

Keduanya sama-sama dibutuhkan dalam membangun sebuah koneksi akses data pada PC atau laptop, karena fungsinya menyimpan data-data di dalamnya. Mempunyai dua jenis yang membuat beberapa pemula bingung membedakan. Hal tersebut mendukung pembahasan perbedaan RAM Sodim dan Dim.

Baca juga : penyebab request time out pada internet (RTO)

Keduanya merupakan tipe-tipe RAM yang juga dibagi lagi menjadi beberapa jenis. Dilihat dari namanya saja sudah berbeda, tujuannya karena memang sebagai pembeda karena dua-duanya memiliki fungsi sama tetapi ada poin-poin lain yang membedakan antara Sodim dan Dim, tergantung pemakaiannya.

Perbedaan RAM Sodim dan Dim

RAM Sodim dan Dim memang mempunyai perbedaan yang signifikan sehingga harus sedikit membahasnya agar tidak bingung ketika akan menaikkan atau menggantinya. Serupa tapi tak sama mungkin slogan cocok bagi keduanya. Berikut ini beberapa perbedaan-perbedaan antara keduanya.

1. Dari Segi Pengertiannya

Pengertian untuk mereka memang terlihat sangat berbeda, RAM Sodimm adalah Small Outline Dual In-line Memory Module yang pastinya disingkat SODIMM. Sedangkan untuk temannya, yaitu Dual In-line Memory Module, DIMM. Selain itu, keduanya juga memiliki definisi berbeda tidak hanya kepanjangannya.

Sodimm adalah RAM yang dibangun dalam bentuk kecil untuk fungsi dan kinerja pada PC biasa, namun kemampuannya tidak bisa dibandingkan dengan ukurannya. Sedangkan untuk Dimm, merupakan jenis memori RAM desktop komputer diciptakan menggunakan sirkuit terpadu dalam kinerjanya pada PC.

2. Tempat Pengaplikasiannya Berdasarkan Fungsi

Jika melihat lagi pada poin pengertian, keduanya mempunyai tempat berbeda untuk digunakan. RAM Sodimm biasanya digunakan pada laptop karena ukurannya lebih kecil sehingga memang dirancang untuk dipasangkan dalam perangkat-perangkat sejenis berukuran kecil-kecil hingga sedang.

Kebalikannya dari temannya, RAM Dimm diciptakan khusus digunakan pada PC desktop atau komputer tentu saja karena bentuknya lebih besar daripada Sodimm. Poin ini merupakan detail terpenting, Anda hanya perlu memilih akan mengganti RAM yang mana, sudah bisa memilihnya antara dua tersebut.

3. Bentuk dan Ukuran Kedua Lempengan RAM

Meskipun manfaatnya sangat banyak dan besar karena sebagai tempat penyimpanan data, pada dasarnya RAM mempunyai bentuk seperti lempengan. Antara Sodimm dan Dimm keduanya tentu saja mempunyai bentuk serta ukuran berbeda. Sudah tampak jelas terlihat dari kepanjangannya.

Baca juga : rekomendasi aplikasi mengetik 10 jari untuk windows

Sodimm mempunyai bentuk lempengan yang lebih pendek tetapi melebar, bisa dibilang mirip persegi tak beraturan. Ukurannya tersebut membuatnya ditakdirkan masuk ke dalam laptop dan notebook. Berbeda dengan Dimm berbentuk lempengan memanjang serta melebar, cocok untuk PC desktop.

4. Kemampuan yang dimiliki

Tentunya jika dilihat dari segi penempatan penggunaannya, pastilah Dimm mempunyai kapasitas lebih karena terletak di dalam PC desktop membutuhkan tenaga tinggi. RAM ini memiliki jumlah pin cukup mumpuni yaitu 240, 184, atau 168 pin dengan arsitektur 64 bit, tergantung Anda pilih yang mana.

Sedangkan untuk Sodimm, memiliki jumlah pin sebanyak 72 dan 100 pin pada arsitektur 32 bit. Lalu untuk arsitektur 64 bit, jumlahnya berbeda yaitu 144, 200, sampai 204 pin. Melihat detail tersebut, ternyata Sodimm menang karena ternyata laptop membutuhkan lebih banyak cadangan ruang.

5. Bentuk Slot yang Dimiliki antara Sodimm dan Dim

Penggunaannya sudah terlihat berbeda, sehingga membuat keduanya juga mempunyai bentuk slot tidak sama. Untuk Sodimm, mempunyai 4 jenis, yaitu RAM DDR1, DDR2 dan DDR3, sedangkan DDR4 hanya digunakan pada model laptop atau notebook, high-end printer serta hardware jaringan seperti router.

Sedangkan untuk Dimm, karena digunakan pada PC desktop yang telah banyak diperbarui menjadi processor core i3, i5 dan i7 maka penggunaan slotnya DDR3 dan DDR4 saja. Tidak perlu bingung terhadap slots, karena pihak penjual nantinya akan memberikan informasinya secara detail pada Anda.

Tips Memilih RAM Sodimm dan Dim

Sebenarnya tidak ada tips khusus untuk membeli atau memilih RAM jenis Sodimm dan Dimm, karena jika kalian sudah tahu perbedaannya akan aman. Namun, untuk antisipasi akan diberikan juga bagaimana tipsnya agar tidak ada kesalahan di akhir. Berikut sedikit saran atau tips memilihnya.

Baca juga : fungsi cloud computing bagi perusahaan

Terkadang seorang pemula tidak begitu paham tentang informasi penting RAM, sehingga terjadi kesalahan saat membelinya. Tips yang pertama sebelum membeli, pastikan dahulu akan mengganti RAM untuk PC atau laptop karena keduanya berbeda. Jika laptop bisa mencari Sodimm dan sebaliknya.

Acuannya adalah Sodimm mempunyai kepanjangan Small depannya, sehingga cocok dimasukkan ke dalam laptop. Jika ingin mengganti untuk PC, tentu saja kebalikannya pilihlah RAM Dimm yang memang diciptakan khusus untuk komputer desktop.

Penutup

Perbedaan RAM Sodim dan Dim di atas dapat Anda jadikan acuan sebelum beranjak memilih, karena sudah banyak kejadian salah saat akan dipasangkan. Namanya memang mirip sehingga bagi orang awam sedikit sulit membedakannya.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.