Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Mengenal 5 Fungsi dan Jenis-jenis Mikrotik Masa Kini

2 min read

Fungsi dan Jenis-jenis Mikrotik Masa Kini

Sebuah sistem operasi berupa perangkat lunak atau software yang digunakan untuk menjadikan komputer sebagai router jaringan, sehingga dapat menyambungkan jaringannya ke perangkat lainnya. Pernyataan tersebut adalah makna dasar sebelum membahas jenis-jenis mikrotik bagi pengguna.

Baca juga : konsep cloud computing modern

Penerapannya biasa digunakan oleh warnet pada masanya sebelum adanya jaringan internet pribadi semudah saat ini. Meskipun begitu penggunaannya masih dimanfaatkan pada beberapa tempat. Mempunyai dua jenis yang sering dipilih dalam menyediakan networking untuk komputer atau PC.

Jenis-jenis Mikrotik

Perusahaan mikrotik telah mengembangkan produknya menjadi dua jenis yang sering digunakan oleh beberapa orang dalam memenuhi kebutuhan jaringan internet pada komputernya. Mempunyai kelebihan cenderung sama dengan kelemahan berbeda. Berikut jenis-jenisnya dan pengertian dasarnya.

1. Mikrotik Router OS – Software

Sesuai dengan tagline di atas, jenis router OS ini memang sangat mudah digunakan sehingga banyak yang memilihnya. Merupakan sebuah sistem operasi berbasis UNIX berkemampuan menjadikan komputer biasa menyediakan fitur router, firewall, bridge, hotspot, proxy server dan lainnya.

Berdasarkan pengertiannya tersebut, andalan dari mikrotik sendiri memang produk router OS ini. Bukan berarti jenis lainnya tidak berkualitas, hal tersebut karena selain penggunaannya mudah fiturnya lengkap. Penggunaannya mudah, sehingga sangat direkomendasikan pada pemula saat akan memasangnya.

2. Mikrotik Router Board – Hardware

Jika router OS berbentuk software, jenis kedua ini yaitu mikrotik router board merupakan hardware yang dikembangkan oleh perusahaan mikrotik dengan fungsi yang hampir sama. Perbedaan dari keduanya hanya sekedar dari bentuknya saja, namun untuk kegunaannya tidaklah berbeda.

Baca juga : mengenal contoh media nasional di Indonesia

Router Board terdiri dari processor, RAM, ROM, dan memory flash. Meskipun bentuknya hardware, jangan khawatir karena berukuran sangat kecil sehingga praktis jika digunakan. Harganya cenderung lebih mahal daripada jenis sebelumnya, tetapi tidak mengurangi ketertarikan seseorang memilihnya.

Fungsi Mikrotik secara Umum

Pada dasarnya mikrotik sendiri adalah nama sebuah perusahaan yang berjalan dibidang IT khususnya jaringan internet dengan menyediakan jenis-jenis produk di atas. Hal tersebut tentunya dapat disimpulkan bahwa fungsinya pun sebanding pada kedua produknya tersebut. Berikut fungsi-fungsinya.

1. Mendukung Penggunaan Internet Positif

Salah satu kelebihan dari produk mikrotik adalah memblokir situs atau website yang mengandung konten-konten terlarang, sehingga menimbulkan dampak negatif pada pengguna internet. Cara kerjanya menggunakan proxy pada salah satu produknya, secara otomatis akan menghalau websitenya.

Proxy server sendiri merupakan salah satu fitur penting yang masuk ke dalam kelebihan dari produk-produknya. Dari situlah membuktikan bahwa mikrotik mengembangkan produk pendukung penggunaan internet ke arah positif sehingga tidak ada penyalahgunaan saat memanfaatkannya.

2. Sebagai Pengatur dan Konfigurasi LAN

Fungsi lainnya dari produk mikrotik adalah mengatur dan konfigurasi LAN menggunakan router OS pada PC atau komputer. Dengan memanfaatkan produknya tersebut, mikrotik akan dengan mudah menyambungkan koneksi internet ke komputer karena software tersebut akan tertanam di hardisk.

Meskipun membutuhkan ruangan yang lumayan besar, pada akhirnya fungsinya sebagai pengatur dan konfigurasi LAN pada PC selalu dimanfaatkan beberapa penggunanya. Hal tersebut karena memang kehadirannya cenderung memudahkan Anda ketika akan menyambungkan koneksi internet.

3. Mempermudah dalam Membuat dan Mengelola Jaringan Internet

Sudah dibahas bahwa keberadaan produk-produk mikrotik memang terbukti memudahkan pengguna dalam menghubungkan koneksi internet ke komputernya. Fungs lainnya kemudahan tersebut menguntungkan admin ketika mengelola jaringan internetnya ke setiap PC yang ada.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan press release media nasional

Hal tersebut karena salah satu fitur menggunakannya adalah dapat melakukan pengaturan secara terpusat sehingga admin mudah mengaturnya dalam satu komputer sebagai pusatnya. Jika terjadi eror atau masalah, mereka juga hanya perlu memperbaikinya melalui pusatnya saja tidak perlu semuanya.

4. Berperan sebagai Hotspot pada Komputer

Jenis-jenis dari mikrotik dapat melakukan konfigurasi dan membagi bandwidth pada setiap jaringan internet di komputer serta memisahkan antara bandwidth internasional dan lokal. Jika melihat pada kegunaan hotspot sekarang untuk membagikan koneksi internet ke berbagai perangkat tersedia.

Jika dilihat secara perlahan, perannya tersebut hampir sama hanya saja penempatan serta pusat jaringannya berbeda. Pada jaringan wifi pun mempunyai fungsi sama, selama terdapat koneksi internet, perangkat-perangkat atau komputer dapat bergabung dengan memasukkan passwordnya saja.

5. Sebagai Penghubung antar Jaringan

Salh satu fitur dari jenis mikrotik adalah routing, melalui itulah proses menghubungkan beberapa jaringan serta menentukan jalur terbaik dan tercepat dapat dilakukan. Hal tersebut tentunya bertujuan agar cepat sampai pada alamat perangkat komputer yang dituju sehingga mempercepat penggunaannya.

Melalui fiturnya tersebut, membuat jenis-jenis dari mikrotik menjadi penghubung antar jaringan. Membagikan koneksi melalui access point berbasis wireless seperti wifi juga salah satu fungsinya dengan fitur routing sehingga dapat menggunakan di beberapa komputer dan perangkat lainnya.

Penutup

Pada dasarnya, terdapat jenis-jenis mikrotik dengan tipe beragam yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Singkatnya penerapan perangkat mikrotik mempermudah pengguna dalam membuat dan mengelola koneksi jaringan komputer yang terpusat serta mendukung skala luas.

Baca juga : mengenal perbedaan internet marketing dan digital marketing

Akhir kata, cukup sekian informasi yang dapat saya sampaikan seputar mikrotik. Semoga bisa menjadi referensi belajar kalian dan semoga bermanfaat, sampai bertemu lagi di pembahasan lainnya. See you next time.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.