Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

7 Kelebihan dan Kekurangan Edo Ram pada Komputer

2 min read

Kelebihan dan Kekurangan Edo Ram

Extended Data Output (EDO) RAM adalah variasi dari jenis modern memori pertama yang mempunyai kemampuan dalam mengakses bit secara terus-menerus di halaman sama pada memori. Untuk jenis-jenis sebelumnya, cara kerjanya berbeda sehingga kelebihan dan kekurangan EDO RAM dipertanyakan.

Baca juga : manfaat centang biru instagram bagi bisnis

Jika pada memori sebelumnya, ketika pengaksesan data harus menghentikan operasi untuk menjalankan operasi-operasi lainnya. Dalam proses tersebut, pengisian ulangnya membutuhkan waktu hal tersebut karena agar tidak terjadi mengakses data operasinya tumpang tindih mengakibatkan RAM berhenti.

Kelebihan Edo Ram

Jika dibandingkan dengan jenis RAM lainnya, EDO memang tergolong lebih muda atau baru. Kemampuannya pun cenderung lebih cepat dalam pengaksesan data, sebesar 25% dibandingkan dengan DRAM standar dengan mengurangi cache memory pada level 2. Berikut kelebihan lainnya.

1. Lebih Cepat daripada Variasi FPM

FPM adalah Fast Page Mode RAM yang merupakan jenis lain dari RAM untuk komputer. Diklaim menjadi variasi tercepat namun saat ini sudah tidak diproduksi sehingga digantikan oleh EDO. Kecepatan dalam pengaksesan data sedikit lebih cepat dari pendahulunya, oleh karenanya sering dipilih penggunanya.

Bentuk dari EDO RAM adalah Single Inline Memory Modul (SIMM) dengan kecepatan lebih dari 66 Mhz. Sedangkan pada FPM pas berada di angka sama sehingga benar jika kelebihan dari variasi ini sedikit lebih cepat daripada FPM. Hal itulah yang membuat pengguna banyak memilihnya daripada lainnya.

2. Harganya Terjangkau di Pasaran untuk Kualitasnya

Meskipun diklaim mempunyai kecepatan di atas FPM dan baru namun harganya di pasaran terbilang terjangkau. Hal ini memang sudah menjadi kelebihannya terencana karena bisa dibilang merupakan produk RAM untuk menggantikan FPM, diharapkan memiliki apa yang tidak dimiliki sebelumnya.

Baca juga : contoh cloud computing masa kini

Harganya cenderung tidak terlalu mahal, membuat pengguna beralih pada RAM model ini. Selain itu, kecepatannya juga menjadi alasan lainnya, biasanya mereka menginginkan FPM namun belum tercapai dan akhirnya beralih pada EDO. Keduanya sama tetapi tak serupa, cocok menggantikannya.

3. Memudahkan dalam Mempersingkat Read Cycle

Dengan kelebihannya satu ini, EDO RAM dapat meningkatkan kinerja sekitar 20 persen pada komputer dan laptop Anda. Hal tersebut tentunya membuat pengaksesan data terhindar dari kemungkinan eror atau freeze sehingga menghambat saat PC atau laptop sedang digunakan untuk bekerja.

Tentunya keadaan seperti itu tidak diinginkan oleh pengguna terlebih mereka yang mempunyai jam kerja tinggi bersama PC atau laptopnya. Namanya saja mesin, selalu ada kemungkinan terjadi kelelahan  namun dengan menggunakan RAM jenis EDO ini akan menurunkan resiko tersebut karena kelebihannya.

4. Kemampuan yang Lebih Menonjol dari jenis RAM biasa

Tidak berbeda dengan kelebihan sebelumnya, EDO RAM diklaim mempunyai kemampuan lebih cepat dalam membaca dan mentransfer data-data jika dibandingkan pada RAM biasa. Hal tersebut membuktikan tentang kelebihannya pada poin sebelumnya. Di situlah EDO terlihat menonjol dari lainnya.

Kecepatan dalam membaca dan mentransfer tentu sangat diutamakan bagi pengguna PC atau laptop karena selain untuk bekerja, fungsi utamanya adalah menyimpan data-data penting serta memindahkannya. Jika proses tersebut berjalan cepat, tidak akan ada kendala lainnya saat bekerja.

5. Mudah Ditemukan karena Cukup Terkenal

Kelebihannya cenderung sangat bermanfaat bagi banyak pengguna, membuatnya terkenal dikalangan aktivis teknologi. Hal tersebut tentu saja selain harganya terjangkau, kelebihan lainnya membuat orang-orang memilihnya daripada RAM biasa. Dari situlah mengapa EDO RAM mudah ditemukan.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan penggunaan komputer

Selain itu, karena laris di pasaran tentunya setiap pelanggan yang datang mencari RAM, pasti yang akan ditawarkan pertama adalah jenis EDO. Hal tersebut juga membuat pencariannya tidak sulit bahkan cenderung mudah. Merupakan memori modern pertama sehingga kemungkinan barangnya jelek, rendah.

Kekurangan Edo Ram

Namanya saja teknologi tidak afdol jika tanpa kekurangan, meskipun hanya satu tetap saja kelemahannya harus menjadi pertimbangan. Kendati demikian, EDO RAM memiliki lebih banyak kelebihan daripada kelemahan, sehingga memang terbukti terbaik. Berikut sedikit kekurangannya.

1. Berbentuk Single Inline Memory Module (SIMM)

Tidak ada yang menyadari bahwa sebenarnya bentuk dari EDO RAM yaitu Single Inline Memory Module malah menjadikannya kelemahan tersendiri. Hal tersebut karena model-model SIMM tergolong paling panjang dari RAM biasanya. Tentu saja pemasangannya membutuhkan waktu tidak sedikit.

Meskipun hanya bentuk, tetapi ternyata mengganggu ketika proses pemasangannya. Bisa dibayangkan bagaimana komponen dalam komputer dan laptop pasti kecil, lalu datanglah EDO RAM tersebut. Tenang saja tetap bisa dipasang, hanya saja penyedia jasanya akan membutuhkan banyak waktu.

2. Masih Asing di telinga Orang Awam

Mungkin EDO RAM sangat familiar di telinga pengguna yang sangat aktif dalam teknologi namun tidak bagi orang-orang awam.

Dalam hal ini, ketika mereka akan membeli RAM untuk komputer dan laptopnya tentu saja menerima apapun modelnya, sehingga cenderung memilih RAM model biasa.

Penutup

Beberapa kelebihan dan kekurangan EDO RAM di atas dapat dijadikan informasi tambahan ketika Anda akan mengganti komponen memori dalam. Pastikan teliti dan mencari penyedia terpercaya.

Baca juga : jenis layanan cloud computing modern

Akhir kata, demikianlah pembahasan seputar keunggulan dan kelemahan edo ram yang perlu Anda ketahui. Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi Anda semua, see you next time.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.