Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Mengenal 7 Teknik Dasar-dasar SEO untuk Website Online

2 min read

Teknik Dasar-dasar SEO untuk Website Online

Dalam membuat sebuah situs online tidak hanya didasarkan pada keinginan saja, namun harus tahu tentang komponen serta bagaimana mengelolanya. Salah satunya mempelajari secara singkat mengenai dasar-dasar SEO yang sudah menjadi unsur penting dalam pembuatan sebuah website.

Baca juga : jasa install plugin elementor pro wordpress resmi

Sudah bukan hal asing bagi beberapa website mengenal dasar sebuah SEO yang sangat krusial. Hal tersebut karena tanpanya, sebuah situs tidak akan mampu bersaing untuk meraih ketertarikan serta mendapatkan banyak pengunjung. Keduanya merupakan pembangun utamanya agar web berkembang.

Teknik Dasar-dasar SEO

Tanpa menjelaskan secara detail sebenarnya kebanyakan blogger pasti tahu tentang SEO sebagai komponen penting dalam berkembangnya sebuah website. Oleh sebab itu untuk mempelajari dasarnya lebih baik karena mencakup semua tentangnya. Berikut beberapa dasar SEO untuk situs-situs online.

1. Pembuatan sebuah Artikel dalam Website

Dasar pada pembuatan SEO salah satunya adalah diletakkan dalam artikel yang akan dimasukkan ke dalam website. Tentunya pemilihan kata-katanya disesuaikan dengan konsep dasar pembahasan dalam artikel-artikel tersebut. Seorang blogger seharusnya sudah cukup paham mengenai hal ini.

Artikel yang dibuat tanpa SEO tampaknya sangat kecil kesempatannya mendapatkan tempat istimewa pada halaman mesin pencari.

Sedangkan manfaat utamanya agar sebuah website dapat muncul di tampilan pertama, sehingga semua artikel-artikel sesuai keyword SEO ditemukan dengan mudah.

2. Pemilihan Keyword untuk Efisiensi Sistem Kerjanya

Pemilihan keyword yang disesuaikan pada konsep dasar kontennya menjadi salah satu dasar SEO penting dalam membangun sebuah website. Kata kunci atau keyword tersebut biasanya akan dimasukkan ke dalam artikel nantinya tersambung sebagai pembangunan SEO pada mesin pencari.

Baca juga : jasa riset keyword website professional

Misalkan saja seperti judul pembahasan kali ini menggunakan keyword dasar SEO. Setelah itu saat users mengetikkan kata-kata serupa atau berhubungan dengannya SEO bekerja memunculkan artikel teratas. Hal tersebut tentunya juga didasarkan pada pemilihan domain terbaik dari sebuah website.

3. Penempatan Backlink di Beberapa Tempat

Selain SEO ada komponen lain yang menjadi hal penting untuk membangun sebuah website yaitu backlink. Penempatannya biasanya di dalam komentar juga terkadang dalam artikel tergantung blogger serta pemberi backlinknya ingin menempatkan dimana. Tentunya pemilihannya disesuaikan konten.

Kegunaan utama dari backlink sendiri adalah untuk memberikan informasi tambahan pada users atau pengunjung website saat info yang dicari tidak ditemukan.

Untuk mendapatkannya pun pemilik situs harus pintar dalam mencari partner blogger lainnya. Hal tersebut menjadi dasar SEO yang harus ada.

4. Pemilihan Template Website

Seorang blogger yang ingin menggunakan SEO sebagai penunjang agar websitenya lebih ramai pengunjung, harus memikirkan pemilihan template website. Hal tersebut karena semakin baik templatenya, kesempatan SEO bekerja secara efisien juga mengikutinya. Ibarat tempat sebuah usaha.

Jika Anda mempunyai tempat usaha yang terletak di lokasi strategis mudah ditemukan oleh masyarakat tentunya pelanggan akan berdatangan secara bergantian. Begitu juga template website, ada pilihannya dengan tingkat dikenal oleh beberapa pengunjung tinggi, sehingga SEO akan mudah ditemukan.

5. Pemilihan Domain dan Hosting yang Terbaik

Sebuah website akan lebih mudah ditemukan pengunjung saat mempunyai domain dan hosting berkualitas. Dua komponen tersebut sangat dibutuhkan dalam membangun sebuah situs serta SEO tentunya. Sebelum memutuskan mengatur SEO seharusnya blogger sudah mempersiapkan keduanya.

Baca juga : jasa backlink media nasional Indonesia

Hal tersebut sudah menjadi komponen wajar dalam mempunyai sebuah website. Memang memilikinya harus mengeluarkan biaya terlebih dahulu, tetapi tanpanya Anda juga tidak akan bisa memulai sebuah SEO. Menjadi komponen penting terbentuknya sebuah website merupakan dasar-dasar dari SEO.

6. Pembahasan Konten yang Menarik

Jika Anda merasa konten yang dihasilkan pada website menarik, baru lakukan SEO. Hal tersebut karena seberusaha apapun membangun SEO terbaik, saat pengunjung websitenya merasa tidak tertarik tidak akan datang untuk kedua kali bahkan seterusnya. Pembahasan konten-konten juga merupakan dasar.

Semakin menarik karya yang dihasilkan, tentunya keyword untuk SEO juga ikut menjadi ketertarikan seorang pengunjung untuk membuka website tersebut. Membaca merupakan hal yang tidak semua orang suka, membosankan sehingga bagaimana Anda bisa menepisnya dengan konten menarik.

7. Menentukan Segmentasi Pengunjung yang Tepat

Sama halnya dengan market atau pasar, website juga harus mempunyai segmentasi target pengunjung yang sesuai konten-kontennya. Hal ini juga akan lebih memudahkan dalam membangun sebuah SEO, karena salah satu manfaatnya menjaring target-target users sesuai ekspektasi pembahasan konten

Penentuan segmentasi tersebut tidak perlu terlalu idealis karena pada dasarnya website mempunyai keterjangkauan yang sangat luas di dunia maya. Dari situlah mengapa setidaknya ada gambaran target-target utamanya sehingga dalam menentukan keyword untuk SEO lebih mudah didapatkan.

Penutup

Ketujuh poin dari search engine optimization diatas tadi dirasa sangat cukup dalam memahami sebagian dasar-dasar SEO yang digunakan untuk website online.

Baca juga : jasa content placement berkualitas tinggi

Terlepas dari berbagai manfaatnya tersebut, penggunaan komponen ini memang sudah selayaknya diterapkan pada situs-situ sehingga user pun akan selalu dimudahkan.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.