Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

5 Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Kekinian untuk Android

2 min read

Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Kekinian untuk Android

Meskipun pada setiap gawai memiliki resolusi kamera terbaik dengan hasil foto yang cukup sempurna, tampaknya masih belum memasuki kriteria sebelum membagikannya di media sosial. Pada dasarnya editing memang memperbaiki ketidaksempurnaan, sehingga aplikasi edit foto kekinian sangat berguna.

Baca juga : teknik dasar-dasar SEO pada website online

Tidak hanya filter dan efek pada foto mentah, tetapi saat ini bahkan ketidaksempurnaan pada bentuk wajah dapat diedit secara detail dengan menggunakan aplikasi. Oleh sebab itulah beberapa orang selalu memanfaatkannya sebagai ritual sebelum membagikannya ke dalam halaman akun pribadinya.

Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Kekinian

Adanya kamera dengan lensa terbaik pada sebuah HP tetap tidak akan menggeser hasil terbaik dari kamera-kamera asli seperti DSLR dan mirrorless. Namun, hasil mentahnya tidak akan bisa terhindar dari editing khususnya dengan konsep tertentu, sehingga membuat beberapa aplikasi di bawah ini berguna.

1. Adobe Photoshop Express

Adobe photoshop merupakan salah satu aplikasi editing foto yang terkenal mampu menghasilkan editan foto-foto sempurna. Kabar baiknya mereka mengeluarkan versi mini untuk diunduh secara gratis di dalam smartphone dengan fitur-fitur hampir sama tetapi lebih komplek, berikut beberapa fiturnya.

  • Mix foto-foto favorite dengan beberapa koleksi frame dari fitur collages that pop
  • Mengontrol atmosfer dengan mengatur level pemberian efek kabut pada foto sehingga memberikan konsep lebih natural
  • Memperbaiki foto blur atau kurang jelas dengan efek tertentu tergantung dengan kerusakan fotonya
  • Menambahkan teks di dalam foto dengan berbagai pilihan style, font, warna dan posisi terbaik sesuai konsep yang diinginkan
  • Memiliki lebih dari 60 bold filters yang membuat foto-foto Anda menjadi lebih bagus atau sempurna
  • Menghilangkan mata merah dan kantung mata pada foto yang terfokus pada wajah zoom in

Enam fitur yang dimilikinya sudah cukup untuk membuat foto-foto mentah menjadi sempurna sesuai konsep. Sesuai dengan pendahulunya versi untuk PC dan laptop, Adobe Photoshop Express mempunyai fitru terlengkap untuk sebuah aplikasi editing foto pada smartphone.

2. Cymera

Jika Anda salah satu yang menyukai hasil foto diedit secara keseluruhan, aplikasi satu ini sangat direkomendasikan karena dapat merubah kondisi fisik menjadi sempurna. Bahkan bentuk badan juga dapat dirubah menggunakan aplikasi Cymera. Berikut ini beberapa fitur ajaibnya untuk pengguna.

  • Beauty Camera yang merupakan fitur efek filter untuk foto mentah agar sesuai dengan konsep atau keinginan penggunanya tergantung hasilnya
  • Berbagai bentuk lensa, dari jumlah hingga posisi vertikal atau horizontal dapat diatur menggunakan aplikasi ini. Hasilnya pun sesuai dengan jumlah lensanya tergantung keinginan penggunanya
  • Photo Editor, dari background, kolase foto atau collages untuk mix foto-foto dengan frame, hingga mengatur pencahayaan agar lebih cerah
  • Beauty, fitur yang mungkin akan sulit menemukannya di aplikasi lain, bisa merubah ekspresi foto dari datar menjadi sedikit tersenyum. Lalu mengaplikasikan riasan sehingga terlihat lebih cerah dan cantik
  • Sticker dan penambahan teks
  • Body, fitur yang dapat merubah bentuk tubuh seseorang menjadi sesuai keinginannya. Pengaturannya dari memanjangkan, merampingkan, mengedit bentuk pinggang hingga tampilan kaki

Sebaik-baiknya aplikasi editing, diharapkan penggunanya mampu menggunakannya secara baik dan benar. Jangan membuat seseorang kecewa karena merasa dibohongi sebagai dampak foto-foto hasil full editan dari keala hingga kaki. Boleh digunakan sebatas wajar saja.

3. Snapseed

Beberapa pengguna menggunakan aplikasi snapseed untuk menyempurnakan tampilan foto mentah, salah satunya filter. Selain itu, masih ada beberapa tools untuk membuat foto-foto menjadi lebih sempurna dengan konsep yang sudah disiapkan oleh aplikasi tersebut agar mengedit lebih mudah.

Baca juga : rekomendasi aplikasi trading terbaik untuk pemula terbaru

Fitur yang disediakan sebenarnya cukup komplek dan sederhana, namun tools dan filternya lumayan banyak sehingga memang cocok digunakan sebagai editing foto-foto berkonsep. Bahkan snapseed memberikan efek drama untuk hasil foto yang lebih bermakna.

4. Adobe Lightroom

Satu lagi aplikasi editan foto dari Adobe untuk pengguna smartphone, dengan fitur lengkap namun tampilan serta penggunaannya mudah. Termasuk aplikasi rekomendasi bagi pemula namun bisa menghasilkan foto-foto seperti layaknya profesional. Kemudahan dalam mengatur warna salah satunya.

Fitur lainnya, Adobe Lightroom mampu merubah warna objek utama foto seperti bunga berwarna merah mudah menjadi merah. Selain itu, koleksi filter pencahayaannya pun tergolong sempurna karena tampak seperti asli bukan hasil editan. Sayangnya untuk mengakses semuanya harus berlangganan premium.

5. PhotoEditor-Animate Photo

Aplikasi yang lengkap fiturnya namun termasuk mudah penggunaannya, sehingga sudah diunduh lebih dari 50 juta pengguna. Fitur pertamanya adalah bisa menambahkan animasi dekorasi sehingga membuat foto menjadi lebih hidup, dapat disesuaikan dengan konsep atau pose setiap objek yang ada.

Kedua, fitur yang jarang ada di aplikasi lain yaitu dispersion in motion yaitu memberikan efek menyebar pada foto dengan berbagai pilihan model. Selain itu penambahan background juga menjadi andalan penggunanya.

Penutup

Lima aplikasi edit foto kekinian di atas merupakan beberapa di antara banyak aplikasi-aplikasi yang sudah disediakan di dalam Google Play dan App Store. Selain mudah digunakan, mengunduhnya pun gratis. Semoga bermanfaat.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.