Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

5 Tips Membuat Blog dengan Efektif yang Perlu Diketahui

3 min read

Tips Membuat Blog dengan Efektif yang Perlu Diketahui

Banyak orang mungkin sudah mengetahui apa itu blog yang merupakan salah satu tipe website yang berisi berbagai tulisan atau informasi serbaguna. Nah di pembahasan ini, saya akan membagikan beberapa hal seputar tips membuat blog dengan efektif yang perlu Anda ketahui.

Baca juga : jasa riset keyword website untuk kebutuhan SEO

Pada dasarnya, setiap orang bisa membuat website blog sendiri dengan cepat dan mudah. Anda bisa memanfaatkan platform gratis seperti blogger milik google (blogspot) ataupun wordpress.org yang tersedia secara gratis.

Memang dalam membuat blog tidak diperlukan skill khusus, setiap orang bisa melakukannya. Akan tetapi, seringkali kebanyakan orang kurang memperhatikan beberapa aspek penting didalamnya. Sehingga blog online yang dibuat akan menjadi sulit berkembang dan tidak mempunyai visitor tetap.

Tips Membuat Blog

Berikut dibawah ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan dengan mudah sebelum mulai membuat blog online, diantaranya yaitu:

1. Tentukan Platform Blog

Hal pertama yang perlu Anda ketahui yaitu menentukan platfrom blog dalam jangka panjang. Pada dasarnya, banyak sekali platform blog tersedia di internet, akan tetapi ada dua platform yang saya rekomendasikan bagi kamu yang baru belajar mengenai dunia blog, yaitu blogspot dan wordpress.

A. Blogspot

Ketika memiliki platform blogspot, pengguna tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun alias gratis. Akan tetapi, blog yang dibuat memiliki subdomain tambahan berupa blogspot.com, contohnya seperti ini namablogkamu.blogspot.com

Untuk menghapus subdomain defaulnya, Anda perlu membeli domain yang memiliki harga mulai dari 15.000 hingga ratusan ribu rupiah, seperti .my.id, .com, .net, .id dan sebagainya. Agar lebih jelas, Anda bisa membaca info artikel mengenai kelebihan dan kekurangan blogspot.

B. WordPress

Yang selanjutnya yaitu wordpress atau sering disingkat WP, wordpress sendiri terbagi dengan 2 jenis, yaitu wordpress.com dan wordpress.org yang keduanya memiliki cara penggunaan yang sama namun mempunyai fitur berbeda.

WordPress.com sama seperti blogspot yang bisa digunakan secara gratis, namun memiliki subdomain tambahan berupa wordpress.com, seperti namablog.wordpress.com. Dalam penggunaannya, WP jenis ini cukup terbatas yang perlu berlangganan secara berbayar setiap tahunnya untuk mengakses fitur tertentu.

Sedangkan wordpress.org adalah sebaliknya, pengguna bisa menggunakan blog buatan sendiri tanpa batasan tertentu. Akan tetapi, untuk bisa membuat dan menggunakannya, pengguna perlu domain dan hosting berbayar yang memiliki harga bervariasi, mulai dari 300 ribuan setiap tahunnya.

2. Tentukan Nama Blog dan Domainnya

Tips membuat blog selanjutnya yaitu menentukan nama blog dan domainnya, pastikan nama blog dan domainnya adalah sama. Contohnya bisa dilihat pada website ini yang mempunyai nama Mas Dzikry dengan alamat masdzikry.com, ini bertujuan agar blog kita terlihat professional di mata mesin pencarian.

Baca juga : jasa meningkatkan domain authority website professional

Domain sendiri terbagi dengan beberapa jenis, diantaranya yaitu:

  • TLD : Top level domain
  • ccTLD : Country code top level domain
  • gTLD : Generic top level domain
  • sTLD : Sponsored top level domain
  • SLD : Second level domain

Untuk hasil terbaik, saya sarankan untuk menggunakan domain website tipe Top Level Domain (TLD), seperti .com, .id, .net dan sebagainya.

Pemilihan domain adalah hal yang penting untuk jangka panjang, karena domain yang digunakan sembarangan dapat menyebabkan reputasi blog menurun di mata pengunjung, contohnya seperti .TK .XYZ dan domain gratisan lainnya.

3. Gunakan Tema Premium

Dalam membuat blog dengan baik, Anda perlu memilih tema yang jelas dan premium. Tidak salah memang jika memilih tema gratisan, namun biasanya tema gratisan memiliki fitur dan penggunaan yang terbatas. Tema premium sendiri sudah dioptimasi secara maksimal oleh pembuatnya.

Ada banyak tema premium yang beredar di Internet, untuk mengetahuinya lebih lanjut Anda bisa bergabung ke komunitas blogger indonesia di grup facebook dan menanyakan rekomendasi tema untuk blog Anda.

Jika Anda pengguna wordpress, saran tema dari saya yaitu medium, generate press dan tema premium lainnya karena mempunyai tampilan yang baik dan struktur SEO yang berkualitas tinggi.

Harga resmi tema WP memiliki harga mulai dari 400 ribuan, biasanya akan lebih murah jika melalui reseller resmi yang umumnya memiliki harga 200 ribuan. Hubungi saya lebih lanjut melalui whatsapp 08981530661 untuk saya bantu install tema wordpress hingga selesai dan siap pakai dengan harga terjangkau.

4. Lakukan Riset Keyword sebelum Menulis Artikel

Pada suatu website tipe blog, artikel adalah ujung tombaknya. Blog yang bagus memiliki artikel berkualitas didalamnya, namun artikel berkualitas saja tidak cukup jika tidak mempunyai visitor tertarget.

Nah untuk memperoleh visitor, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu. Bagaimana melakukannya? Anda bisa memanfaatkan berbagai tools gratisan seperti google trend. Untuk menggunakannya pun cukup mudah, hanya perlu memasukkan keyword keyword tertentu dan klik search untuk melihat jumlah visitornya.

Tips Membuat Blog dengan Efektif

Kemudian, Anda juga bisa membandingkan antar keyword yang dimasukkan. Ini juga termasuk teknik SEO dasar yang perlu dipahami saat ingin membuat blog pertama kali, nantinya visitor akan ikut bertambah seiring waktu apabila sebelum menulis artikel melakukan riset terlebih dahulu.

5. Pelajari Teknik SEO dengan Benar

SEO sendiri mempunyai dua jenis, yaitu SEO on-page dan off-page. Kedua hal ini sangat penting diketahui bagi semua pemilik website apabila ingin mengembangkan blog yang dimiliknya, SEO bisa berfungsi mengembangkan bisnis atau kebutuhan lainnya, ini dikarena SEO mampu menjangkau banyak visitor secara organik.

Baca juga : jasa optimasi seo off-page menggunakan content placement

Singkatnya on-page adalah teknik optimasi di dalam artikel yang berfokus pada penempatan keyword, permalink, kategori, gambar dan sebagainya. Sedangkan off-page ialah teknik optimasi di luar artikel yang berfokus pada mesin pencarian google

Kesimpulan

Kesimpulannya, diperlukan kesabaran dan disiplin yang konsisten dalam membuat blog agar bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Untuk hasil terbaik, saya sarankan untuk mulai membuat artikel original tidak copas minimal 1 kali setiap hari.

Memang tidak mudah melakukan itu, saya juga demikian, hampir menyerah rasanya untuk mengelola blog karena belum mempunyai penghasilan wkwk waktu itu. Namun seiring waktu, banyak job mulai berdatangan, jadi tetap semangat jangan pernah menyerah.

Akhir kata, demikianlah pembahasan sederhana yang dapat saya sampaikan kali ini seputar beberapa tips membuat blog dengan efektif yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat ya, see you next artikel. Terimakasih telah berkunjung.

Dzikry Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.