Rio Bayu Warga negara Republik Indonesia yang memahami informasi terkait pendidikan, sosial, sejarah, komputer dan perkembangan teknologi masa kini.

7 Rekomendasi Pekerjaan Bidang IT yang Diperlukan Saat Ini

2 min read

Rekomendasi Pekerjaan Bidang IT

Kini pekerjaan yang paling diminati adalah pekerjaan atau karier yang berhubungan di bidang teknologi atau IT, nah di pembahasan ini saya kan membahas seputar beberapa rekomendasi pekerjaan bidang IT yang dibutuhkan oleh banyak perusahaan saat ini.

Baca juga : tanggung jawab dan tugas operator produksi pabrik

Perlu Anda ketahui dalam mendalami IT, diperlukan beragam skill beserta kemampuan untuk mempelajari berbagai pengetahuan tentang teknologi. baik teknologi yang berkaitan dengan jaringan, program, software dan hal lainnya.

Teknologi yang telah dan berkembang dan maju bukan merupakan hal yang baru, dengan pesatnya teknologi informasi, semakin banyak pula kesempatan dan peluang untuk bekerja dibidang IT.

Rekomendasi Pekerjaan Bidang IT

Berikut ini merupakan beberapa skill atau pekerjaan di bidang IT yang banyak dicari oleh perusahaan besar dengan gaji yang fantastis, diantaranya yaitu:

1. Web Developer

Skill atau pekerjaan di bidang IT yang pertama adalah Web Developer, seorang web deverloper harus mempelajari dan menguasai bahasa, bukan bahasa yang sering kita ucapkan melainkan bahasa pemograman.

Seorang web developer diharuskan menguasai beberapa bahasa pemograman contohnya Pyhton, C++, Javascript dan masih banyak lagi tentunya. Pekerjaan dibidang ini memiliki waktu kerja yang bisa dibilang fleksibel dan mereka diberi waktu kerja yang fleksibel untuk menyelesaikan deadline.

Pekerjaan yang terlihat seakan tidak ada habisnya, maka wajar saja seorang pekerja web developer memiliki penghasilan atau gaji yang sangat besar sebesar 62.500 Dollar per tahun, tergantung bisa kurang atau lebih. seorang web developer akan membuat desain beserta bentuk dari sebuah web atau aplikasi yang akan digunakan.

2. Software Developer

Pekerjaan di bidang IT selanjutnya adalah Software Developer, bisa dibilang hampir sama dengan web developer karena sama-sama seorang Developer. seorang software developer ini bertugas dan bertanggung jawab untuk melakukan riset, mendesain dan mengimplementasikan hingga menguji software dan sistem.

Baca juga : mengenal keahlian dan tugas web master

Dengan berkembangnya teknologi dengan pesat seperti saat ini, pekerjaan sebagai seorang Software developer tentu sangat dibutuhkan. Seorang yang bekerja di bidang IT khususnya software developer memiliki tantangan sendiri yang harus dipenuhi oleh seorang software developer.

Untuk rata-rata gaji global seorang web developer yang diterima sangatlah banyak, pertahun seorang web developer bisa mendapatkan gaji sekitar 92.660 Dollar pertahun.

3. Network Engineer

Network Engineer merupakan salah satu pekerjaan di bidang IT yang kini sangat diperlukan di berbagai perusahaan. Sesuai dengan namanya Network yang berarti jaringan bertugas atau mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan jaringan seperti membangun jaringan, menguji jaringan.

Dalam tugasnya, seorang Network engineer diharuskan mempelajari dan memperbaiki masalah persoalan jaringan atau network, baik itu membangun jaringan, menguji jaringan, dan bahkan untuk proses troubleshooting jaringan hingga maintenance. Masih belum diketahui dengan pasti besar gaji dari profesi IT ini.

4. Hardware Engineer

Seorang yang bekerja sebagai hardware engineer bertugas atau bertanggung jawab atas untuk mendesain, meneliti, mengkonfigurasi, mengembangkan dan menguji coba komponen perangkat keras yang diproduksi oleh sebuah perusahaan atau lembaga.

Baca juga : mengenal profesi bidang IT data scientist

Pekerjaan ini bisa dibilang sama dengan electrical engineer namun seorang hardware engineer lebih fokus pada komponen atau perangkat-perangkat keras komputer.

Jadi, layak atau tidak layaknya sebuah komputer merupakan tanggung jawab seorang hardware engineer. Untuk gaji seorang hardware engineer bisa mencapai sekitar antara 4-6 juta perbulan di Indonesia.

5. IT Support

Untuk seseorang yang bekerja sebagai IT support bertanggung jawab untuk memberi memberi bantuan teknis bagi perusahaan. seorang IT support diharuskan memiliki keahlian yang berkaitan dengan software, jaringan, komputer serta dan troubleshooting.

Jadi, seorang IT support diharuskan mengetahui dan mempelajari dasar yang berhubungan dengan penanganan dan perbaikan khususnya dibidang IT. untuk gaji seorang IT support berkisar 4-5 juta perbulannya.

6. Database Administrator

Database administrator merupakan pekerjaan di bidang IT yang berkaitan dengan database, seorang database administrator bertugas untuk memelihara, dan memperbaiki database perusahaan dan lembaga.

Baca juga : tanggung jawab dan tugas operator produksi

Seorang yang mengeluti pekerjaan di bidang ini diharuskan paham tentang tugas seorang database administrator, bahasa yang sering dikenal dengan data manipulation dan memahami prinsip desain database.

Untuk tantangan bagi seorang database administrator adalah harus menjaga sebuah database agar tidak rusak. untuk gaji yang diterima oleh seorang databse administrator berkisar sekitar 4-6 juta perbulannya bahkan bisa lebih dari itu.

7. Information Security Analyst

Dilihat dari namanya sendiri pasti berhubungan dengan keamanan, seorang Information security analyst (cyber security) bertugas untuk mengembangkan serta menjaga sistem keamanan pada sebuah jaringan dan sistem perusahan.

Pekerjaan ini berkecimpungan dengan permasalahan keamanan sebuah sistem jaringan, seperti melindungi data penting sebuah perusahaan dan juga memerangi hal hal yang berhubungan dengan cracker atau hacker.

Jadi, seorang Information security analyst harus selalu up to date dengan metode-metode serangan cyber dan juga mengembangan bagaimana cara mengatasi hal tersebut. gaji seorang cyber security atau Information security analyst berkisar sekitar 4-7 juta perbulannya.

Penutup

Itulah rekomendasi pekerjaan bidang IT yang paling dicari, setiap pekerjaan di bidang IT memiliki tugas yang berbeda dan juga penting bagi satu sama lain.

Baca juga : keahlian dan tugas teknisi jaringan komputer

Jadi, di era yang teknologi informasi yang berkembang pesat ini kita juga harus pintar-pintar mencari skill dan juga pekerjaan di bidang IT yang paling gemar dicari dan diminati oleh banyak perusahaan kecil maupun perusahaan besar sekalipun. Semoga bermanfaat.

Rio Bayu Warga negara Republik Indonesia yang memahami informasi terkait pendidikan, sosial, sejarah, komputer dan perkembangan teknologi masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.