Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

5 Tips Cara Menghubungkan Layar Hp ke Laptop Windows

2 min read

Tips Cara Menghubungkan Layar Hp ke Laptop Windows

Seringkali orang yang akan melakukan presentasi, atau ingin menampilkan layar handphone nya ke laptop mengalami kendala. Mungkin saja karena tidak mengetahui bagaimana cara menghubungkan layar HP ke laptop untuk berbagai keperluan tersebut.

Baca juga : cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di laptop

Perlu Anda ketahui, dalam menerapkan tips ini, Anda bisa menggunakan berbagai software tambahan yang didesain khusus dalam menyambungkan layar android dengan laptop atau komputer windows.

Cara Menghubungkan Layar HP ke Laptop

Berikut dibawah ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan dengan mudah pada layar monitor komputer atau laptop, diantaranya yaitu:

1. Menggunakan Software Vysor

Urutan pertama dari aplikasi yang dapat menghubungkan layar handphone ke laptop adalah Vysor. Bagi pengguna, Vysor memiliki peringkat bintang 3.2 dari 5 bintang. Walaupun begitu Vysor menjadi aplikasi yang banyak digunakan orang dan penggunaannya yang mudah.

Cara menggunakannya cukup mudah, pertama Anda perlu menghidupkan fitur USB Debugging di handphone terlebih dahulu, kemudian masuk ke bagian “developer mode”. Kedua, unduh aplikasi Vysor melalui Play Store dari handphone.

Selanjutnya buka browser google Chrome melalui laptop yang akan digunakan. Lalu, pasang extension Vysor dari chrome kemudian jalankan aplikasinya. Apabila sudah, buka Vysor dari HP dan laptop, lalu hubungkan melalui kabel USB.

2. Menggunakan AirDroid

Aplikasi kedua yaitu AirDroid yang dapat diunduh juga melalui Play Store secara gratis . AirDroid mempunyai peringkat bintang 4.3 dari 5 bintang, memiliki ukuran aplikasi sebesar 44 MB dan sudah diunduh sebanyak 10 juta lebih penggunanya.

Baca juga : cara membuat reminder di komputer windows

Aplikasi ini memiliki fungsi lain selain menghubungkan layar HP Android ke laptop, yaitu juga dapat berfungsi sebagai file manager.

Untuk dapat menggunakan AirDroid, Anda perlu menghubungkan handphone ke laptop, lalu harus terkoneksi melalui WiFi yang sama melalui Local Connection Mode. Selanjutnya masuk ke akun AirDroid. Ketika menggunakan aplikasi ini, pengguna bisa melihat tampilan layar HP dengan menggunakan fitur screenshot.

3. Menggunakan AirServer Connect

Aplikasi AirServer Connect adalah cara menghubungkan layar HP ke laptop lain yang bisa digunakan. Aplikasi ini terbilang bagus meskipun tidak gratis, tetapi pengguna bisa mencobanya dengan sistem free trial selama satu bulan.

Jadi, pengguna bisa mengetahui keuntungan dari penggunaan aplikasi ini sebelum memutuskan untuk berlangganan. AirServer Connect dapat diunduh melalui handphone Android maupun iOS.

Cara untuk penggunaan melalui iOS adalah tentu pengguna harus memasang aplikasinya kemudian membuka palikasi tersebut.

Di sudut kanan bawah ada kode QR, pindai kode tersebut menggunakan AirServer Connect di handphone. Bukalah aplikasi AirServer Connect  dan pilihlah scan QR code. Pengguna sudah bisa menghubungkan layar HP ke laptop.

4. Menggunakan Mobizen

Cara yang keempat yaitu dengan menggunakan aplikasi Mobizen. Beberapa kelebihan yang ditawarkan aplikasi ini adalah mirroring, transfer data, mencadangkan dokumen serta mengirim pesan di laptop. Berikut akan dipaparkan cara menggunakannya.

Baca juga : tips cara menghilangkan virus di komputer

Pertama, unduh terlebih dahulu aplikasi Mobizen di laptop. Aplikasi akan melakukan pengunduhan data dengan ukuran tertentu. Kedua, akan muncul gambar berupa pilihan iOS atau Android, sesuaikan dengan handphone yang digunakan.

Lalu, daftar menggunakan email dan pengguna diminta untuk melakukan pengaktifan USB Debugging. Apabila sudah mengaktifkan USB Debugging, pengguna bisa langsung menggunakan aplikasi Mobizen.

5. Menggunakan Screen Mirror

Terakhir, ada aplikasi Screenn Mirror. Untuk menggunakan aplikasi ini, unduh aplikasi terlebih dahulu melalui Play Store. Selanjutnya aktifkan teathering di handphone, lalu hubungkan dengan laptop yang digunakan.

Penggunaan aplikasi ini terbilang cukup mudah dan sederhana. Alhasil, pengguna bisa menghubungkan layar HP ke laptop dengan cepat.

Penutup

Kelima aplikasi diatas dapat digunakan oleh pengguna sebagai cara menghubungkan layar hp ke laptop. Aplikasi-aplikasi tadi tersebut juga dapat digunakan untuk menghubungkan layar HP ke laptop secara cepat dan mudah. Semoga bermanfaat.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.