Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

5 Tips Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di Laptop

2 min read

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di Laptop

Bagaimana cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di laptop? Cara ini terbilang cukup mudah dan cepat. Ketidaksadaran menghapus aplikasi memang sering kali membuat file yang terdapat didalamnya juga ikut terhapus.

Baca juga : cara membuat shutdown otomatis di windows

Kondisi inilah yang membuat para pengguna kebingungan mengapa file tidak ada pada laptop padahal tidak pernah menghapus file tersebut. Dalam mengatasinya, Anda juga tidak perlu aplikasi tambahan, agar lebih jelas simak pembahasannya dibawah ini.

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di Laptop

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda terapkan dengan mudah dalam mengakses kembali aplikasi atau file yang hilang, diantaranya yaitu:

1. Menggunakan Pengaturan Setting

Untuk mengembalikan aplikasi yang telah terhapus dari laptop dapat dilakukan dengan cepat. Hal yang perlu dilakukan yaitu membuka Windows setting laptop dengan menekan Windows + I. Setelah masuk, maka pilih bagian Update & Security. Pada bagian kanan muncul beberapa pilihan maka klik pada bacaan recovery. 

Setelah bagian itu terbuka maka scroll ke bawah dan pilih restart now. Akan muncul 4 pilihan pada layar laptop dan klik Troubleshoot kemudian Advanced options. Klik kembali pada bagian Startup Settings dan Restart. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai. 

2. Melalui Control Panel

Aplikasi yang terhapus dapat kembali dengan membuka aplikasi Control Panel. Setelah aplikasi terbuka maka pilihlah bagian Recovery.

Klik bagian Open System Restore agar dapat mengembalikan aplikasi yang sudah terhapus pada laptop. Tunggu beberapa saat hingga proses Restore selesai. Proses tersebut mungkin saja membutuhkan sedikit lebih banyak waktu sehingga harus sabar menunggu. 

Baca juga : cara membuat restore point di windows

Setelah muncul jendela baru maka klik pada bagian Undo System Restore dan klik Next. System Restore kemudian akan melakukan konfirmasi setelah proses selesai, kemudian para pengguna lanjutkan dengan klik finish.

Kemudian klik kembali lalu Oke setelah muncul pemberitahuan. Klik bagian close jika proses sepenuhnya selesai. Aplikasi yang telah terhapus tadi kemudian akan kembali pada laptop.

3. Menggunakan Aplikasi 10AppsManager

Cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di laptop dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi tambahan. Download aplikasi 10AppsManager pada laptop kemudian jalankan aplikasi tersebut. Setelah tampilan terbuka maka akan muncul aplikasi-aplikasi yang pernah ada pada laptop. 

Klik bagian reinstall pada aplikasi yang telah terpilih untuk dikembalikan. Tunggu hingga proses pengembalian selesai. Penggunaan aplikasi tambahan ini hanya dapat digunakan untuk mengembalikan aplikasi bawaan. Laptop juga harus telah menggunakan Windows 10. Cara yang dilakukan sangat simpel dan cepat.

4. Menggunakan Windows Powershell

Windows Powershell yang terdapat pada bagian start menu laptop dapat digunakan untuk mengembalikan aplikasi terhapus. Klik pada bagian kanan aplikasi tersebut untuk dapat melakukan Run as administrator. Akan muncul kotak untuk menuliskan link agar proses pengembalian aplikasi berjalan.

Klik enter setelah mengisi link dan tunggulah proses recovery selesai. Setelah selesai maka cek pada bagian pencarian nama aplikasi yang telah kembali. Gunakan kembali aplikasi tersebut untuk menunjang pekerjaan pengguna.

5. Menggunakan Aplikasi O&O AppBuster

Aplikasi terakhir yang dapat digunakan untuk mengembalikan aplikasi yang terhapus yaitu O&O AppBuster. Download aplikasi tersebut melalui Google dan jalankan. Setelah menu aplikasi terbuka maka akan muncul aplikasi yang telah ada dan terhapus pada laptop. Klik bagian install pada aplikasi yang ingin dikembalikan.

Baca juga : cara kerja dan jenis-jenis virtual lan

Tunggu beberapa saat hingga proses selesai. Aplikasi yang telah terhapus sebelumnya akan ada kembali pada laptop pengguna. Meskipun harus meluangkan memori penyimpanan untuk mengunduh aplikasi O&O AppBuster, namun cara mengembalikan aplikasi terhapus sangatlah mudah dan cepat.

Penutup

Demikianlah beberapa cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di laptop. Cara tersebut dapat dilakukan tanpa menggunakan maupun dengan menggunakan aplikasi tambahan. Pilihlah cara yang sesuai dan mudah bagi pengguna agar tidak membutuhkan waktu lama untuk mengembalikan aplikasi.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.