Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

2 Tips Cara Cek IP Address Komputer atau Laptop Windows

1 min read

Tips Cara Cek IP Address Komputer

Mungkin sebagian orang tidak peduli dengan IP Address yang dimiliki oleh komputer mereka. Namun, ada kalanya pengguna harus mengetahui IP address tersebut, khususnya saat akan set up internet. Lantas bagaimana sih cara cek ip address komputer?, simak lebih lanjut dalam artikel ini.

Baca juga : cara blokir mac address perangkat di wifi ZTE

Perlu diketahui juga bahwa perangkat seperti laptop atau komputer memiliki IP address yang berbeda-beda. Hal tersebut layaknya setiap orang pasti juga memiliki alamat rumah yang berbeda. Adapun IP address sendiri merupakan sebuah peranti untuk jaringan internet.

Cara Cek IP Address Komputer

Pada dasarnya, ada 2 cara mudah yang dapat Anda lakukan dalam mengetahui alamat ip pada laptop atau komputer windows yaitu secara internal dan eksternal. Berikut dibawah ini adalah cara penerapannya:

1. Mengecek IP Address Komputer secara Internal

Adapun pengecekan IP address secara Internal caranya bisa berbeda-beda tergantung dari perangkat yang akan digunakan. Apabila menggunakan software Windows, maka langkah yang pertama masuk pada menu start kemudian  temukan bagian “Command Prompt”.

Setelah itu ketik ipconfig, maka akan muncul beberapa informasi salah satunya ada bagian yang bertuliskan Ipv4 address. Adapun alamat IP pengguna perangkat tersebut tepat di keterangan sebelah tulisan Ipv4 addres .

Baca juga : pengertian dan jenis-jenis server komputer

Selanjutnya jika pengguna menggunakan Mac, maka langkah pertama klik pada ikon apple dan buka menu system preference. Kemudian tidak lupa untuk klik on Network dan klik ethernet.

Lalu akan muncul tulisan is connected to… anda has the IP address. Pada bagian tersebut akan tertulis detail IP address dari perangkat yang digunakan.

2. Cara Cek IP Address Komputer secara Eksternal

Setelah memahami cara cek IP address komputer secara internal, maka saatnya mengenal cara pengecekan secara eksternal. Pada dasarnya pengecekan secara eksternal dilakukan melalui situs tertentu.

Adapun situs yang menerima pelayanan dalam hal ini salah satunya adalah whatismyip.com. Selain itu juga ada ipconfig.me ataupun icanhazip.com yang bisa dikunjungi.

Sehingga, hal pertama yang harus pengguna lakukan adalah dengan mengunjungi alamat salah satu dari situs tersebut. Kemudian pada bagian sisi kanan terdapat alamat Ipv4 internal dan Ipv6. Pada bagian ini akan dipaparkan keterangan lebih detail terkait dengan kota, provinsi, ISP dan juga negara yang menyediakan IP address.

Jenis-jenis IP pada Perangkat

Secara umum ada dua versi IP yaitu Ipv6 dan Ipv4. Dimana munculnya jenis versi ini bersamaan dengan awal-awal penerapan internet ke masyarakat umum. Yang mana sebelumnya internet hanya digunakan oleh agen atau departemen pemerintahan khusus dengan lingkup yang kecil.

Baca juga : mengenal fungsi dan komponen router pada jaringan

Singkatnya Ipv4 adalah alamat IP terdiri dari angkat 32 bit. Sedangkan Ipv6 memiliki deretan angka yang lebih panjang dengan 128 bit. Selain itu IP berdasarkan cakupannya ada dua yaitu IP privat dan publik.

Penutup

Demikian itu cara cek IP address komputer yang bisa dilakukan dengan mudah. Jadi, saat proses set up internet pengguna tidak bingung lagi dengan IP address yang dimiliki oleh perangkat. Semoga bermanfaat.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.