Rio Bayu Warga negara Republik Indonesia yang memahami informasi terkait pendidikan, sosial, sejarah, komputer dan perkembangan teknologi masa kini.

Virtual Lan: Pengertian, Cara Kerja dan Jenis-jenisnya

1 min read

Pengertian virtual lan

VLAN atau singkatan dari Virtual LAN memungkinkan setiap administrator untuk membuat sebuah peralatan yang secara logika dapat dihubungkan satu sama lain. Yakni dengan menggunakan VLAN, dapat membagi network di switch secara logik berdasarkan fungsinya.

Cara Kerja VLAN (Virtual LAN)

Untuk cara kerja VLAN dapat kita ketahui berdasarkan metode sebuah tipe yang kita gunakan untuk mengklarifikasinya, baik itu menggunakan MAC address, Port dan lain sebagainya.

Baca juga : cara menghidupkan anti hacking protection di wifi ZTE

Jika ingin mengaturnya maka umumnya digunakan switch atau bridge. Kedua perangkat inilah yang bertugas dan bertanggung jawab dalam menyimpan semua informasi beserta konfigurasinya pada suatu jaringan VLAN dan dapat dipastikan semua switch atau bridge akan menyimpan dan memiliki semua informasi yang sama.

Dalam hal ini, switch akan memutuskan dan menentukan kemana data-data akan diteruskan dan sebagainya. Selain itu, perangkat ini juga bisa berperan dalam labeling atau penanda pada VLAN termasuk workstation didalamnya. Untuk menghubungkan antar VLAN membutuhkan perangkat keras jaringan yakni router.

Jenis-jenis VLAN

Terdapat lima jenis-jenis VLAN yang meliputi default VLAN, Data VLAN, Native VLAN, Voice VLAN, dan Management VLAN. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai jenis-jenis VLAN:

1. Default VLAN

Merupakan jenis VLAN yang sudah ada saat pertama kali switch dinyalakan. Sehingga ketika port belum dikonfigurasi oleh user, maka secara default port dalam switch adalah sama dengan default VLAN yang tergabung pada setiap VLAN yang tersedia.

2. Data VLAN

Data VLAN merupakan jenis Virtual LAN yang hanya mengatur sebuah trafik data pada VLAN.

3. Native VLAN

Ini ialah jenis yang akan secara otomatis dikembalikkan ke port yang tersedia jika berjalan dengan bentuk untagged dan trunking.

4. Voice VLAN

Voice VLAN merupakan jenis VLAN yang sudah mendukung VoIP dan memang sudah didukung dan dikhususkan untuk komunikasi data suara pada jaringan VLAN.

5. Management VLAN

Jenis virtual lan terakhir yaitu Management VLAN yang berperan dalam melakukan berbagai konfigurasi di management switch.

Penutup

Itulah tadi cara kerja dari VLAN beserta jenis-jenis VLAN yang meliputi default VLAN, Native VLAN, data VLAN, voice VLAN dan management Virtual LAN.

Baca juga : cara membuka situs yang diblokir di komputer

Singkatnya, VLAN atau Virtual LAN merupakan sebuah model jaringan yang terhubung pada satu kabel yang terhubung dengan jaringan LAN. Sekian dari artikel mengenai cara kerja VLAN beserta jenis VLAN, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua sekian dari kami, terimakasih dan sampai jumpa lagi.

Rio Bayu Warga negara Republik Indonesia yang memahami informasi terkait pendidikan, sosial, sejarah, komputer dan perkembangan teknologi masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.