Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

5 Metode Cara Membuka Situs yang Diblokir di Komputer

1 min read

Cara Membuka Situs yang Diblokir di Komputer

Mengetahui cara membuka situs yang diblokir di komputer perlu Anda ketahui dalam mengakses situs tertentu yang berhubungan dengan pekerjaan. Pemblokiran dapat terjadi pada beberapa situs karena banyak hal. Ada yang berpotensi menyebar berita palsu, menyebar kebencian, maupun menyebabkan keonaran.

Baca juga : memahami fungsi dan pengertian UML

Selain disebabkan dari situsnya, kebanyakan dari pengguna kurang bijak memanfaatkan internet. Bahkan, beberapa netizen lebih sering menyaksikan sesuatu yang viral tanpa mengerti manfaatnya. Dengan begitu, beberapa situs diblokir untuk mencegah kerugian maupun kriminalitas siber.

Cara Membuka Situs yang Diblokir di Komputer

Berikut ini beberapa metode simple yang dapat Anda terapkan dalam mengakses situs diblokir oleh pemerintah ataupun operator, diantaranya yaitu:

1. Menggunakan VPN

Dengan menggunakan VPN, pengguna dapat memiliki jaringan tersendiri. Sehingga, dapat membuka situs yang diblokir atau terjadi gangguan dalam jaringan dalam negeri.

Cara membuka situs yang diblokir di komputer ini paling sering dan mudah digunakan. Pengguna awalnya mengunduh aplikasi VPN di Internet, selanjutnya membuka situs dari aplikasi VPN tersebut.

2. Mengakses dari Google Translate

Melalui situs Google Translate, pengguna dapat membuka situs yang diblokir tanpa mengatur apapun. Bahasa yang dipilih juga tidak mempengaruhi situs yang ditampilkan. Cara ini hanya ampuh digunakan saat membuka lewat PC maupun laptop.

Baca juga : cara memindahkan data dari android ke laptop

Kalau ingin menggunakan HP, centangi situs desktop terlebih dahulu di halaman Google Translate. Selanjutnya, pengguna cukup mencantumkan alamat situs di kolom dari bahasa awal ke bahasa setelah diterjemahkan. Kemudian klik terjemahkan, dan nantinya situs bisa terbebas dari blokir provider.

3. Membuka dari Situs Proxy

Situs yang diblokir oleh provider internet tentu berfungsi untuk menjaga keselamatan berselancar pengguna, Anda juga bisa mengakses situs yang diblokir menggunakan Proxy. Ada dua situs yang cara kerjanya cukup sama, yaitu www.croxyproxy.com dan www.proxysite.com.

Situs tersebut kemudian dibuka, dan akan muncul kolom untuk mengakses situs yang diblokir. Setelah menempel link di kolom, klik tombol “Go!”. Kemudian, situs akan dimuat setelah beberapa saat.

4. Mengatur DNS di Control Panel

Server DNS digunakan untuk mengubah alamat IP menjadi domain address. Pengaturannya bisa diakses pada setelan Control Panel di PC dan Laptop pengguna. Buka setelan “Network and Internet”, buka pilihan “Network and Sharing”. Di setelan jaringan ini, klik “Change Adapter Setting”.

Kemudian, buka menu klik kanan di atas koneksi yang digunakan, lalu buka “Properties”. Setelah itu, pilih keamanan “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)”. Di bawahnya ada “Properties” untuk mengaktifkan DNS.

Saat jendela baru terbuka, aktifkan pilihan “Use the Following DNS…”. Masukkan “Preferred DNS 1.1.1.1” serta “Alternate DNS 1.0.0.1”. Setujui dengan menekan tombol “OK”. Dengan begitu, DNS sudah diatur dan situs yang diblokir tersebut akan terbuka.

5. Melalui Ekstension Browser Google Chrome

Browser untuk memakai cara ini adalah Chrome dan Firefox. Cara kerjanya sama seperti VPN, akan tetapi berupa ekstensi saja. Untuk Google Chrome, tempat pengunduhan ekstensi ini memakai Chrome Web Store.

Baca juga : pengertian dan manfaat diagram konteks

Pengguna perlu mengunduh dan memasang ekstensi bernama Browsec VPN. Setelah terpasang, aktifkan Browsec VPN agar dapat membuka situs yang diblokir.

Untuk Firefox, ekstensi didapatkan pada Firefox Add-On. Nama ekstensi yang diunduh adalah AnonymoX. Lalu, aktifkan add-on ini di Firefox untuk mengakses situs yang diinginkan.

Penutup

Demikian itu penjelasan tentang cara membuka situs yang diblokir di komputer. Melalui pemaparan ini, diharapkan pengguna lebih bijak memanfaatkan internet.

Tak hanya untuk berkomunikasi, namun juga menambah informasi. Pengguna dapat menggunakan cara yang dianggap mudah, akan tetapi tidak baik terlalu sering membuka situs diblokir.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.