Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

5 Tips Cara Menghilangkan Virus di Komputer dengan Efektif

2 min read

Cara Menghilangkan Virus di Komputer

Salah satu kendala yang sering dihadapi di laptop ataupun komputer adalah adanya virus. Virus komputer sendiri bisa disebabkan oleh aplikasi yang tidak resmi, tidak ada antivirus, memencet situs sembarangan dan lainnya. Lantas bagaimana cara menghilangkan virus di komputer windows?, simak lebih lanjut dibawah ini.

Tips Cara Menghilangkan Virus di Komputer

Berikut ini beberapa tips dalam mengatasi infeksi virus pada komputer atau laptop Anda yang dapat dilakukan dengan mudah, diantaranya yaitu:

1. Menggunakan Antivirus Terpercaya

Cara menghilangkan virus di komputer yang pertama adalah dengan menggunakan antivirus. Antivirus adalah hal yang wajib ada di setiap komputer, karena antivirus sangat multifungsi dan bermanfaat untuk keamanan komputer.

Beberapa fungsi antivirus antara lain bisa menghentikan program dan aplikasi berbahaya, mengamankan halaman website, mendeteksi adanya virus dan lainnya.

Baca juga : pengertian dan fungsi deployment diagram

Dengan menggunakan antivirus juga bisa menghilangkan virus di komputer. Beberapa antivirus yang bisa digunakan adalah AVG, Smadav, Avira, Bitdefender dan lainnya.

Jika komputer sudah menggunakan antivirus, maka pengguna bisa melakukan scan komputer untuk memeriksa kondisi komputer. Virus akan terdeteksi pada antivirus dan akan segera menghapus virus tersebut.

2. Install Ulang Windows

Jika komputer sudah terinfeksi virus, maka bisa menyebabkan virus tersebar ke beberapa aplikasi di komputer lainnya. Hal ini bisa menyebabkan komputer jadi lemot bahkan beberapa aplikasi tidak bisa dijalankan dengan baik.

Jika virus pada komputer sudah sangat parah, solusinya adalah install ulang Windows. Sebelum install ulang segera backup data penting. Cara install ulang Windows adalah buka start dan pilih menu pengaturan. Pada pengaturan pilih update and security, klik recovery.

Pada menu reset this pc tekan get started, maka Windows pada komputer akan terinstall ulang. Selain itu data dan aplikasi pada komputer akan terhapus semua dan Windows akan kembali seperti belum pernah digunakan.

3. Menggunakan Task Manager

Task manager pada komputer berfungsi untuk memeriksa aplikasi dan program yang sedang dijalankan di Windows. Setiap komputer Windows otomatis sudah memiliki task manager.

Baca juga : tujuan dan pengertian use case diagram

Melalui task manager, pengguna bisa memantau aplikasi, menghentikan aplikasi secara paksa dan juga mengatasi virus yang ada pada komputer. Di bawah ini ialah langkah-langkahnya:

  • Pada taskbar komputer klik kanan, lalu pilih task manager.
  • Buka menu processes.
  • Jika terdapat program yang aneh dan merasa tidak menggunakan program tersebut, matikan dengan klik end task.
  • Pilih file dan klik new task dan ketik msconfig.
  • Hapus tanda centang pada program dan aplikasi yang asing pada tab service.
  • Klik start dan cari command prompt.
  • Pada command prompt cari program dan aplikasi yang asing tadi kemudian hapus program.

4. Uninstall Aplikasi yang Mencurigakan

Cara yang sederhana untuk mengatasi virus komputer adalah dengan uninstall aplikasi. Beberapa pengguna ingin menggunakan aplikasi yang gratis dan mengunduh aplikasi di sembarang website. Inilah yang menyebabkan aplikasi tidak terjamin aman dari virus, bahkan bisa jadi bukan aplikasi yang diunduh, melainkan virus.

Jika hal ini terjadi segera uninstall aplikasi yang aneh tersebut. Terkadang virus yang muncul dari aplikasi yang diunduh memiliki nama yang aneh dan asing didengar. Caranya buka uninstall program pada control panel. Lalu segera uninstall program yang aneh itu. Setelah diuninstall, komputer akan berfungsi seperti semula.

5. Melalui System Restore

System restore adalah fitur yang tersedia dalam operasi sistem windows untuk memulihkan dan mengembalikan pengaturan sistem seperti semula.

Baca juga : contoh dan simbol activity diagram

Dengan menggunakan system restore juga bisa mengatasi virus yang ada pada komputer. Caranya adalah sebagai berikut ini:

  • Buka start dan ketik run.
  • Ketik systempropertiesprotection.
  • Setelah terbuka pilih tab system protection.
  • Klik system restore.
  • Jalankan proses dan klik scan for affected programs.
  • Klik finish dan restart komputer.

Penutup

Itulah 5 cara menghilangkan virus di komputer paling ampuh. Sebelum komputer terinfeksi dengan virus dan mengakibatkan kerusakan pada komputer segera cegah dengan install antivirus.

Pengguna juga harus rutin melakukan scan komputer dengan antivirus secara berkala untuk memeriksa keadaan dan keamanan pada komputer. Semoga bermanfaat ya.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.