Rio Bayu Warga negara Republik Indonesia yang memahami informasi terkait pendidikan, sosial, sejarah, komputer dan perkembangan teknologi masa kini.

Memahami 7 Kelebihan dan Kekurangan Virtual Lan (VLAN)

2 min read

Kelebihan dan Kekurangan Virtual Lan

Kini teknologi jaringan telah mengalami perkembangan yang sangat pesat, salah satunya yaitu virtual lan atau VLAN. Nah di artikel ini, saya akan membahas mengenai pengertian serta kelebihan dan kekurangan virtual lan dalam sebuah jaringan komputer.

Pengertian dari VLAN

VLAN atau yang bisa kita sebut (Virtual Local Area Network) merupakan sebuah kelompok perangkat yang berada pada satu jaringan LAN atau lebih yang dikonfigurasikan melalui perangkat lunak hingga saling terhubung dan dapat berkomunikasi satu sama lain dalam lingkup jaringannya.

Baca juga : cara login admin di modem wifi ZTE f609

Dengan adanya VLAN ini dapat memungkinkan beberapa jaringan IP (Internet Protocol) dan subnet mask atau jaringan-jaringan kecil yang berada dalam jaringan switched yang sama. Jadi sebuah perangkat harus memiliki IP address dan subnet mask yang sama agar sesuai VLAN tersebut.

VLAN sendiri juga dapat diartikan sebagai model jaringan yang tidak memiliki adanya batasan pada lokasi fisik seperti LAN. Hal itu dikarenakan VLAN bersifat Virtual yang tidak bisa kita lihat secara fisik.

Kelebihan dan Kekurangan Virtual Lan

Terdapat beberapa keunggulan dan kelemahan saat kita menggunakan model jaringan berbasis VLAN yang dapat Anda terapkan di gedung kantor atau lokasi tertentu.

Kelebihan Virtual Lan

Berikut dibawah ini beberapa keunggulan penggunaan VLAN dalam penerapan di jaringan komputer yang perlu Anda ketahui, diantaranya yaitu:

1. Lebih Aman

Administrator dapat memiliki kontrol terhadap semua port dan user dengan cara membuat VLAN menciltakan banyak kelompok broadcast.

Dengan menggunakan VLAN ini kelompok yang mempunyai data sensitif akan dipisahkan dari sisa jaringan agar mengurangi kemungkinan akan terjadinya pelanggaran informasi dan juga data rahasia.

Dengan demikikian user tidak akan bisa lagi dengan leluasa untuk menghubungkan work station mereka ke sembarang port yang digunakan untuk memperoleh akses ke sumber daya jaringan atau network.

2. Hemat karena adanya Pengurangan Biaya

Biaya yang dikeluarkan sangat sedikit karena hanya membutuhkan satu kabel LAN yang dimana kabel tersebut menjadi media perantara dengan beragam subnet berbeda.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan bridge dalam jaringan komputer

Dengan menggunakan jaringan model VLAN ini memungkinkan untuk membuat jaringan private walaupun anda sedang tidak berada di dekat atau didalam jaringan utama.

3. Memudahkan Pekerjaan Staff IT & TI

Penggunaan metode virtual lan cukup mempermudah para staff it yang bertugas dalam melakukan konfigurasi dan perbaikan jaringan komputer.

4. Memiliki Performa yang Baik

Dengan menggunakan jaringan VLAN memungkinkan dapat melakukan pembagian layer-layer kedalam beberapa kelompok broadcast domain yang kecil, sehingga dapat mengurangi lalu lintas sebuah packet yang tidak dibutuhkan dalam jaringan.

Kekurangan Virtual Lan

Berikut dibawah ini beberapa kelemahan dari jaringan komputer berbasis Vlan yang perlu Anda ketahui, diantaranya yaitu:

1. Secara Fisik menggunakan Satu Jaringan Saja

Saat menggunakan VLAN secara logika memang seperti berbeda jaringan tetapi pada kenyataannya secara fisik hanya menggunakan satu network atau jaringan saja.

2. Satu untuk Semua

Saat ada broadcast network maka pesan broadcast atau broadcast message akan dikirim ke semua. jadi semua perangkat atau end device juga akan menerima pesan yang sama.

3. Jumlah Host Yang Terbatas

Semakin banyak host maka akan mempengaruhi kerja DHCP nya maka akan terjadi penurunan kerja DHCP yang membuat menjadi berantakan dan terjadi kapan saja.

Baca juga : pengertian dan fungsi topologi mesh

Intinya jika jumlah host banyak dapat membuat jumlah DCHP menjadi berantakan, sehingga diperlukan konfigurasi secara manual yang bisa dibilang cukup sulit untuk diterapkan (perlu keahlian khusus).

Penutup

Itulah tadi pengertian beserta kelebihan dan kekurangan virtual lan, singkatnya VLAN dapat digunakan untuk membuat sambungan LAN secara virtual yang hanya menggunakan satu kabel saja dan juga bisa menghubungkan banyak subnet yang berbeda.

Menggunakan jaringan berbasis VLAN akan menghemat biaya karena hanya menggunakan satu kabel saja. sekian dari artikel apa itu VLAN beserta kelebihan dan kekurangan VLAN, sekian dan terima kasih.

Rio Bayu Warga negara Republik Indonesia yang memahami informasi terkait pendidikan, sosial, sejarah, komputer dan perkembangan teknologi masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.