13 Kelebihan dan Kekurangan Bridge di Jaringan Komputer

1 min read

Kelebihan dan kekurangan bridge

Bridge ialah salah satu jenis komponen pendukung perangkat keras jaringan komputer yang berperan sebagai jembatan yang menghubungkan beberapa jaringan komputer menjadi suatu jaringan dengan skala luas. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan bridge dalam jaringan komputer.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan jaringan LAN

Umumnya, bridge diterapkan pada jaringan lokal (LAN) yang didalamnya tergabung oleh banyak jaringan LAN lain. Sehingga, bridge dimanfaatkan untuk menggabung beberapa jaringan LAN menjadi sebuah jaringan LAN dengan skala yang besar.

Perlu anda ketahui, bridge bisa memiliki fungsi ganda yaitu sebagai router dan penghubung dalam suatu jaringan komputer. Dengan fungsinya yang berperan sebagai penghubung jaringan, tentu saja bridge mempunyai keterkaitan pada setiap perangkat keras jaringan yang terhubung.

Selain itu, penggunaan fungsi bridge bisa diterapkan menggunakan sambungan kabel atau secara nirkabel yang bisa dijalankan pada jaringan local maupun jaringan jarak jauh, seperti antar pulau ataupun antar kota. Salah satu keunggulan bridge yaitu bisa digunakan dalam menghubungkan berbagai jaringan skala kecil seperti LAN menjadi jaringan dengan skala besar.

Kelebihan dan Kekurangan Bridge

Berikut dibawah ini beberapa kelebihan dan kekurangan bridge dalam sebuah jaringan komputer yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu:

Kelebihan Bridge

  1. Mempermudah dalam menggabung jaringan LAN.
  2. Mempermudah proses pengelolaan atau monitoring jaringan.
  3. Dapat diterapkan dengan cepat dan mudah.
  4. Keamanan data yang lebih terjaga.
  5. Lebih efisien.
  6. Dapat digunakan pada jaringan intranet dan LAN.
  7. Menghemat biaya operasional.
  8. Memiliki jangkauan area yang cukup luas.
  9. Bisa digunakan pada jaringan nirkabel atau wireless.
  10. Dapat memecah jaringan LAN menjadi lebih kecil.
  11. Kompatibel dengan banyak model ethernet.

Kekurangan Bridge

  1. Memiliki fitur dan kemampuan yang terbatas, tidak selengkap router.
  2. Kebanyakan fitur hanya berfokus pada jaringan LAN.

Penutup

Akhir kata, demikian penjelasan singkat yang dapat saya tulis mengenai kelebihan dan kekurangan bridge pada jaringan komputer. Semoga pembahasan diatas tadi bermanfaat dan bisa anda pahami dengan baik, cukup sekian dan seperti biasa terimakasih.

Referensi =

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *