16 Kelebihan dan Kekurangan LAN (Local Area Network)

1 min read

Kelebihan dan kekurangan LAN

Local area network atau dikenal dengan istilah jaringan LAN ialah salah satu dari jenis jaringan komputer yang menggunakan kabel UTP sebagai penghubung antar perangkat komputer, nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan LAN yang perlu anda ketahui.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan wifi wireless

Perlu dipahami, jaringan komputer adalah gabungan perangkat komputer dan berbagai komponen pendukung jaringan yang saling terhubung antar satu dengan yang lainnya. Dengan menggunakan jaringan, perangkat komputer yang terhubung dapat berkomunikasi dan saling bertukar data.

Pengertian Jaringan LAN

LAN atau singkatan dari Local Area Network merupakan jenis jaringan komputer yang dirancang khusus untuk area kecil, seperti sekolah, gedung kantor atau rumah pribadi. Umumnya, penggunaan jaringan LAN diterapkan pada gedung kantor untuk berbagi sumber daya dan media berkomunikasi antar perangkat.

Jaringan LAN mampu berdiri secara sendiri tanpa perlu tersambung dengan koneksi luar atau jaringan internet. Selain itu, ketika beberapa jaringan LAN disambungkan menjadi satu, maka dapat tercipta sebuah jaringan MAN atau yang dikenal dengan Metropolitan Area Network.

Kelebihan dan kekurangan jaringan LAN

Untuk proses instalasi jaringan LAN, bisa menerapkan dua metode yang berbeda yaitu metode wired (kabel) dan metode wireless (tanpa kabel) atau bisa digabungkan menjadi satu bentuk jaringan LAN. Metode wired dibuat dengan memanfaatkan Ethernet, sedangkan metode wireless dibangun dengan media sinyal Wi-Fi.

Dalam penggunaanya, jaringan LAN sering diterapkan di gedung kantor atau rumah dengan memanfaatkan sebuah komponen router dalam membuat jaringan pribadi dan dapat digunakan untuk mengelola setiap perangkat komputer yang terhubung ke jaringan.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan kabel fiber optic

Singkatnya, komponen router memiliki peran penting sebagai penghubung ke internet antara jaringan modem atau kabel ethernet dengan berbagai perangkat pintar pengguna, seperti android, laptop, tablet atau komputer. Modem berfungsi sebagai sumber internet yang digunakan di perangkat yang terhubung.

Kelebihan dan Kekurangan LAN

Berikut dibawah ini beberapa keunggulan dan kelemahan jaringan LAN atau local area network yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu:

Kelebihan Jaringan LAN

  1. Dapat digunakan untuk berbagi resource, seperti printer, media penyimpanan, scanner dan sebagainya.
  2. Menghemat biaya pengeluaran. Dengan menggunakan jaringan LAN pengguna hanya perlu kabel UTP sebagai media penghubung antar komputer dan komponen pendukung seperti router atau switch.
  3. Mempercepat proses backup data pada setiap komputer yang terhubung.
  4. Memiliki sistem data terpusat yang mempermudah pengguna dalam mengakses file ke banyak komputer. Hal ini dapat anda lakukan, asal komputer terhubung di jaringan lokal yang sama.
  5. Dapat membuat pekerjaan menjadi lebih efisien dan efektif.
  6. Tidak banyak menggunakan kabel. Anda bisa memanfaatkan komponen wireless tambahan berupa repeater.
  7. Memiliki sistem keamanan berupa password agar pengguna yang terhubung tidak dapat mengakses file secara sembarangan.
  8. Bisa dikombinasikan dengan jenis kabel jaringan yang lain seperti Fiber Optic, Coaxial atau UTP.
  9. Lebih stabil dan memiliki akses internet yang lebih cepat dibanding wireless.

Kekurangan Jaringan LAN

  1. Sistem keamanan yang rawan diretas.
  2. Tidak cocok diterapkan pada jaringan dengan skala luas.
  3. Sangat bergantung pada server pusat. Ketika komputer server terkena virus, otomatis semua komputer yang terhubung juga dapat terserang virus yang sama.
  4. Pada jenis jaringan LAN wired (tanpa kabel) memiliki biaya instalasi yang cukup mahal ketika diterapkan pada lokasi luas.
  5. User interface yang digunakan dalam berbagi file tergolong lawas atau tidak diperbarui.
  6. Jangkauan jaringan yang cukup terbatas.
  7. Kecepatan jaringan dapat melambat ketika terlalu banyak komputer atau perangkat yang terhubung.

Penutup

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat yang dapat saya sampaikan mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan LAN, semoga bermanfaat dan bisa anda pahami dengan baik. Cukup sekian dan terimakasih, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *