Driver Komputer: Pengertian, Fungsi dan Contohnya

1 min read

Fungsi driver komputer

Fungsi driver komputer – Driver komputer ialah software atau perangkat lunak yang berperan sebagai pengontrol dari setiap komponen perangkat keras yang tersambung ke komputer, seperti keyboard, port usb, wifi card, mengatur pencahayaan dan sebagainya.

Baca juga : fungsi alignment pada microsoft word

Dengan driver komputer, setiap komponen perangkat keras yang terhubung dapat melakukan komunikasi dan berinteraksi dengan operasi sistem atau program yang terpasang pada komputer.  Singkatnya, driver berfungsi sebagai penghubung antara perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) komputer.

Dalam kegunaannya, driver juga mampu berinteraksi dengan perangkat keras yang lain, seperti smartphone, printer, scanner dan perangkat keras lainnya. Untuk menjalankannya, anda perlu menginstall program driver tambahan secara manual di situs resmi dari hardware tersebut, sesuai merek dan tipe yang digunakan.

Peran dan Fungsi Driver Komputer

Pada komputer, setiap driver yang terpasang berperan sebagai penerjemah dan penghubung komunikasi antara hardware dengan operasi sistem yang terpasang seperti windows, linux, mac os dan sebagainya.

Baca juga : pengertian dan fungsi input device pada komputer

Perlu anda pahami juga, perangkat keras yang terpasang di komputer memiliki bahasa dan cara bekerjanya sendiri. Sehingga, dibutuhkan driver sebagai penerjemah yang kemudian bisa diatur oleh pengguna. Adapun beberapa fungsi utama driver komputer yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu:

Fungsi driver komputer

  • Sebagai media komunikasi dan penerjemah antara Hardware dan Software
  • Sebagai penghubung antara OS, User dan Hardware
  • Menyediakan informasi API (Application Programming Interface)
  • Mengatur fungsi dan menjalankan komponen Hardware

Contoh Driver Komputer

Contoh driver yang sering kita temui yakni pada printer, scanner, flashdisk dan sebagainya. Sebelum menggunakan printer anda perlu menginstallnya terlebih dahulu melalui situs resmi sesuai merek dan tipe yang anda gunakan.

Selain itu, keyboard, mouse, vga juga memiliki drivernya sendiri. Anda bisa menginstallnya secara manual atau otomatis menggunakan bantuan program driverpack solutions, anda bisa mengikuti tutorialnya melalui artikel ini, cara install driver windows menggunakan DRP.

Kesimpulan

Intinya, driver komputer sangat dibutuhkan oleh operasi sistem komputer untuk menjalankan hardware dan sebagai penerjemah atau media komunikasi antara sistem operasi dan hardware yang terhubung di komputer agar bisa digunakan oleh program yang terinstall di komputer tersebut.

Jika driver komputer tidak cocok atau tidak dipasang dengan benar, tentu dapat mengakibatkan kegagalan operasional atau malfungsi pada saat menjalankan komponen hardware di sistem operasi komputer.

Penutup

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat yang dapat saya bagikan kepada anda mengenai pengertian dan fungsi driver komputer beserta tambahan penjelasan terkait driver.

Semoga penjelasan fungsi driver komputer tersebut dapat bermanfaat dan bisa dipahami dengan baik, cukup sekian dan seperti biasa terimakasih telah berkunjung di website masdzikry, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *