14 Kelebihan dan Kekurangan Fiber Optic dalam Jaringan

2 min read

Kelebihan dan kekurangan kabel fiber optic

Umumnya, pada jaringan komputer terdapat kabel yang digunakan sebagai penghubung antar perangkat yaitu kabel coaxial, twisted dan kabel fiber optic, nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan fiber optic dalam jaringan komputer.

Baca juga : memahami perbedaan sinyal dan jaringan

Perlu anda ketahui, jenis kabel yang sering dimanfaatkan dalam instalasi jaringan komputer yaitu coaxial dan twisted, kabel fiber optic masih tergolong baru dan merupakan inovasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mengakses layanan internet.

Kabel fiber optic banyak dipilih karena memiliki beragam keunggulan, salah satunya yaitu memiliki kemampuan transfer data dengan kecepatan tinggi. Agar lebih paham, simak lebih lanjut pembahasannya dibawah ini.

Pengertian Fiber Optic

Kabel fiber optic ialah jenis kabel jaringan yang berfungsi untuk melakukan perubahan dari sinyal listrik menjadi cahaya yang kemudian diteruskan ke berbagai titik jaringan lainnya. Fiber optik memiliki bahan utama yang berasal dari plastik dan serat kaca halus yang sangat tipis dan lebih tipis dibanding satu helai rambut manusia.

Kabel fiber optic mempunyai dua jenis media transmisi yang berbeda yaitu Multi Mode yang memanfaatkan media LED dan Single Mode yang menggunakan bantuan sinar laser. Umumnya, penggunaan kabel fiber optic banyak diterapkan pada jaringan komputer kelas menengah atau atas, karena memiliki biaya yang cukup tinggi.

Fungsi Fiber Optic

Kelebihan dan kekurangan fiber optic

Singkatnya, fungsi utama dari fiber optic yaitu sebagai penghubung antar komputer pengguna atau perangkat pendukung jaringan lainnya yang berada dalam jangkauan jaringan tertentu. Sehingga, kabel ini memiliki fungsi sama seperti jenis kabel jaringan lainnya.

Baca juga : perbedaan windows 32bit dan 64bit

Perbedaanya terletak di besar kecepatan dan kemampuan transfer data yang lebih tinggi. Kecepatan pengiriman data perdetiknya dapat tembus hingga bergiga-giga (Gigabit). Kemudian, fiber optic tidak terpengaruh oleh gangguan sinyal elektromagnetik karena tidak membawa aliran listrik yang dapat membuat kinerja menjadi lebih stabil dibanding jenis kabel lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Fiber Optic

Berikut dibawah ini beberapa kelebihan dan kekurangan fiber optic dalam jaringan yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu:

Kelebihan Fiber Optic

  1. Mempunyai jarak jangkauan transmisi yang sangat luas.
  2. Fiber optic dapat mentransfer data dengan ukuran besar hingga Gigabyte per detik.
  3. Memiliki kapasitas bandwidth yang tinggi.
  4. Ukuran kabel tidak terlalu besar dibanding jenis kabel lainnya, karena terbuat dari plastik dan serat kaca. Sehingga, tidak memakan banyak tempat ketika proses instalasi.
  5. Bebas dari hambatan dan gangguan dari sinyal radio serta sinyal elektromagnetik.
  6. Memiliki ketahanan terhadap cuaca yang sangat kuat.
  7. Kemungkinan terjadi hilangnya data sangat kecil. Sehingga, anda tidak perlu khawatir terhadap validitas data.
  8. Resiko konsleting sangat kecil, karena tidak membawa aliran listrik.
  9. Keamanan yang lebih terjamin dan cocok diterapkan pada jaringan dengan skala luas.
  10. Banyak digunakan oleh berbagai perusahaan besar.

Kekurangan Fiber Optic

  1. Memiliki harga dan biaya pemasangan yang sangat mahal.
  2. Biaya perawatan yang diperlukan cukup tinggi.
  3. Tidak bisa diterapkan pada jalur berbelok atau sudut yang tajam, karena fiber optic memanfaatkan cahaya dalam mengirim sinyal ke titik jaringan lainnya. Jika digunakan pada sudut berbelok tajam dapat mengakibatkan kebocoran dan akses menjadi terhambat. Jadi, anda perlu memperhatikan penempatan kabel fiber optic.
  4. Memerlukan keahlian khusus, penerapan kabel ini sedikit berbeda dengan jenis kabel jaringan yang lain. Sehingga, dibutuhkan teknisi yang memahami instalasi kabel fiber optic.

Cara Kerja Fiber Optic

Singkatnya, fiber optic memiliki cara kerja dengan menggunakan media cermin untuk membuat refleksi total (total internal reflection) pada bagian serat kaca kabel tersebut.

Fiber optik tidak membawa listrik tapi mengalirkan cahaya. Jenis kabel jaringan ini mengubah listrik menjadi sinyal cahaya yang diteruskan ke setiap komputer yang tersambung di lingkup jaringan dengan skala besar. Sehingga, hal ini membuat fiber optik sangat tepat dan cocok apabila diterapkan di tempat yang memiliki banyak gangguan sinyal elektromagnetik.

Penutup

Demikianlah pembahasan singkat yang dapat saya bagikan kepada anda mengenai pengertian, fungsi fiber optic beserta kelebihan dan kekurangan fiber optic yang perlu anda ketahui.

Semoga penjelasan diatas tadi dapat menambah wawasan anda semua seputar jaringan dan bermanfaat bagi banyak orang. Cukup sekian dan seperti biasa terimakasih, sampai bertemu lagi di pembahasan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *