Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Inilah 5 Tips Cara Memperbaiki Laptop Layar Hitam

2 min read

Tips Cara Memperbaiki Laptop Layar Hitam

Kini, perangkat laptop banyak digunakan oleh berbagai kalangan untuk berbagai hal, baik itu remaja, orang dewasa dan anak-anak. Namun laptop juga memiliki beragam kendala error yang cukup merepotkan, salah satunya black screen. Lantas bagaimana cara memperbaiki laptop layar hitam?, simak lebih lanjut dibawah ini.

Baca juga : tips cara ganti ip komputer windows

Seperti yang kita tau, laptop yang digunakan tanpa henti seringkali mengalami penurunan daya tahannya, mulai baterai boros, keypad sulit digerakkan, dan laptop layar hitam. Apalagi di masa pandemi, penggunaan laptop sangat sering dipakai. Hal ini membuat daya tahan laptop bisa cepat berkurang.

Cara Memperbaiki Laptop Layar Hitam

Berikut dibawah ini beberapa tips yang dapat Anda terapkan dengan mudah dalam mengatasi layar laptop black screen tiba-tiba, diantaranya yaitu:

1. Menggunakan Safe Mode

Layar laptop yang berubah menjadi hitam bisa ditimbulkan dari kerusakan yang terjadi pada sistem operasi pada software. Ada berbagai penyebab sistem operasi pada laptop menjadi tidak stabil. Salah satunya yaitu laptop pernah terjatuh, penghubung kabel optik pada monitor mengalami kerusakan, software terserang virus, dll.

Analisa kerusakan bisa dilakukan karena, perangkat laptop sudah dibekali dengan safe mode. Safe mode ini berguna untuk membangunkan laptop yang rusak dan memperbaiki kerusakan yang bisa dilakukannya.

Cara untuk mengaktifkan pengaturan safe mode ini, paksa laptop agar mati dengan menekan tombol power beberapa detik.

Setelah itu, tunggu beberapa saat, lalu hidupkan kembali laptop dan tekan tombol windows di keybboard dan tekan ctrl+shift+B atau bisa juga menekan F8 berkali-kali sampai muncul tampilan safe mode.

2. Gosok Lapisan Kuningan Ram & Slot Pakai Kain

Sangat mengejutkan memang, apabila laptop mengalami layar hitam / black screen. Banyak yang mengira kalau laptopnya mati tiba-tiba, padahal laptop masih dalam keadaan menyala. Hal yang menjadi penyebab layar hitam yaitu adanya debu-debu yang menumpuk pada lapisan kuningan maupun slot RAM.

Sebenarnya cara memperbaiki laptop layar hitam itu mudah dilakukan yaitu dengan membersihkan lapisan kuningan RAM dan slotnya.

Baca juga : cara merubah suara google translate di pc

Caranya, buka motherboard laptop untuk membongkarnya perlu hati-hati agar tidak merusak komponen lain, kemudian komponen RAM. Setelah itu, lepaskan RAM dari slotnya dan gunakan kain halus untuk membersihkan slotnya.

Cara menggosoknya juga harus diperhatikan yaitu lakukan secara perlahan dan pastikan gosokannya searah. Tidak boleh terlalu keras menggosoknya agar lapisan kuningan dan slotnya tidak rusak. Jika laptop punya slot Ram lain, maka coba pakai slot lain tersebut. Ram bisa dikatakan masih berfungsi jika bisa ditempatkan di slot lainnya.

3. Restart Explorer.exe Pada Task Manager

Apabila cara sebelumnya masih tidak bisa, maka restart pada explorer.exe bisa jadi solusinya. Biasanya cara ini bisa dipakai kalau ada sottware-nya nyangkut atau crash.

Cara memperbaikinya yaitu buka task manager dengan tekan Ctrl+Alt+Del. Kemudian cari Windows Explorer pada menu proses, pilih muat ulang / refresh untuk menyegarkan kembali.

4. Nonaktifkan Pembaruan Driver Adapter Tampilan

Seringkali komponen driver yang terinstall melakukan penginstallan otomatis yang melakukan pembaruan tanpa dikonfirmasi secara manual oleh pengguna.

Baca juga : cara membuka situs yang diblokir pemerintah

Penginstalan otomatis ini sebenarnya baik namun bisa juga malah membuat laptop menjadi tidak kompatibel. Oleh karena itu, pembatalan pembaruan bisa dilakukan untuk mengembalikan ke kondisi semula.

Cara yang bisa dilakukan adalah masuk ke safe mode dengan cara yang sudah dijelaskan sebelumnya. Kemudian temukan manajer perangkat ada banyak pilihan, pilih saja adapter tampilan. Setelah itu, klik kanan dan pilih properti lalu tab driver dan pilih rollback driver. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

5. Pakai Pengaturan Reset Di Bios

Ada banyak pengaturan yang bisa dilakukan pada BIOS ini, termasuk perbaikan layar hitam. Caranya yaitu pengguna masuk dulu pengaturan BIOS lalu pilih reset. Tunggu hingga proses selesai dan lakukan restart.

Penutup

Demikian 5 cara memperbaiki laptop layar hitam yang bisa dilakukan. Cara ini bisa dilakukan jika masalah terjadi pada software nya. Sedangkan apabila masalahnya pada hardware, maka pengguna perlu membeli kabel optik atau layar baru.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.