Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

5 Cara Cek HDD Laptop untuk Melihat Kapasitas Harddisk

2 min read

Cara Cek HDD Laptop untuk Melihat Kapasitas Hard Disk

Hard Disk Driver atau yang lebih dikenal dengan HDD adalah perangkat yang ada pada komputer yang digunakan untuk menyimpan data. Pengecekan HDD diperlukan untuk menjaga kesehatan dan melihat kapasitas yang tersedia. Terdapat beberapa cara cek hdd laptop yang bisa digunakan pengguna untuk melihat kapasitas dari hard disk yang dimiliki.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan virtual lan

Kapasitas hard disk Laptop perlu dilihat terutama jika ingin membeli perangkat tersebut. Pengguna yang terbiasa menyimpan berbagai Film, Aplikasi dan data-data lain yang berukuran memerlukan kapasitas hard disk besar.

Tips Cara Cek HDD Laptop Windows

Berikut cara melihat kapasitas dari hard disk laptop:

1. Melalui File Eksplorer

Aplikasi File Eksplorer adalah aplikasi bawaan Windows yang terdapat di perangkat. Cara ini adalah cara cek hdd laptop yang paling mudah dan paling cepat dilakukan. Ikon aplikasi ini berbentuk folder yang digunakan untuk mengakses folder file yang ada di laptop yang dimiliki.

Kapasitas hard disk langsung muncul saat membuka File Eksplorer. Pilih This PC atau My Computer kemudian akan muncul nama-nama hard disk beserta kapasitas masing-masing hard disk.

Halaman tersebut juga menunjukkan kapasitas hard disk yang sudah terpakai. Kekurangan dari cara ini yaitu tidak dapat menunjukkan kapasitas yang dipakai oleh sistem.

2. Melalui Disk Management

Aplikasi dasar Windows yang pasti ada dalam semua versinya yaitu Disk Management. Fungsi dari aplikasi ini yaitu mengubah atau membuat drive penyimpanan pada Windows. Aplikasi ini juga bisa dipakai untuk melihat kapasitas total dari hard disk yang dimiliki.

Baca juga : cara menggabungkan file pdf di laptop

Cara membuka aplikasi ini yaitu dengan menekan secara bersamaan tombol Windows dan R. Langkah selanjutnya yaitu mengetikkan diskmgmt.msc kemudian pilih ok atau dengan menekan enter.

Kapasitas hard disk akan muncul di jendela Disk Management dengan nama Disk 0. Klik nama hard disk untuk melihat lebih detail kapasitas hard disk.

3. Melalui System Information

Aplikasi System Information adalah aplikasi yang memiliki fungsi untuk melihat spesifikasi dari laptop secara keseluruhan baik CPU, RAM dan Bios. Kapasitas Hard disk juga dapat dilihat dari aplikasi ini termasuk juga drive yang di setting di perangkat. Informasi dari aplikasi ini terbilang cukup lengkap.

Cara membuka aplikasi ini yaitu dengan menekan bersamaan tombol Windows dan tombol R. Ketik MSINFO32 pada kolom open kemudian pilih ok atau enter. Pilih kategori components dan juga sub kategori storage dan terakhir pilih Disk. Keseluruhan Informasi tentang Hard disk laptop akan muncul di halaman tersebut.

4. Melalui Aplikasi Pihak ketiga

Kapasitas Hard disk dapat dilihat menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi yang paling sering digunakan yaitu aplikasi Hard disk Sentinel dan aplikasi Speccy. Kedua aplikasi tersebut bisa digunakan untuk mengecek hard disk yang dimiliki baik dari kapasitas, kesehatan dan lain-lain.

Baca juga : cara mematikan laptop dengan keyboard windows 10

Download aplikasi yang diinginkan melalui Internet atau Play Store kemudian install aplikasi tersebut. Hard disk Sentinel lebih mudah pemakaiannya karena informasi tentang hard disk akan langsung muncul saat aplikasi dibuka.

Pengecekan menggunakan aplikasi Speccy membutuhkan beberapa langkah seperti membuka menu storage untuk melihat kapasitas hard disk

5. Melalui Informasi Hard disk

Cara cek kapasitas hard disk dapat dilakukan dengan mengecek langsung pada hardisknya. Informasi hardisk termasuk kapasitas dapat dilihat di label yang tertera di hard disk. Cara ini hanya bisa di terapkan untuk hard disk yang masih baru atau labelnya masih belum rusak.

HDD pada masing-masing laptop memiliki kapasitas yang bermacam-macam. Kapasitas hard disk dapat di cek menggunakan cara cek hdd laptop diatas. Pengecekan diperlukan untuk memantau kesehatan maupun penggunaan hard disk. Tentu, penggunaan kapasitas hard disk yang terlalu berat akan memberatkan Laptop

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.