Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

5 Cara Ganti IP Komputer atau Laptop Windows dan MacOS

2 min read

Cara Ganti IP Komputer atau Laptop Windows dan MacOS

Cara ganti IP komputer sepertinya menjadi sebuah pertanyaan umum yang dapat ditemui di Google. Tapi mengapakah harus diganti? Ternyata selain dapat menunjukan lokasi perangkat, IP address memiliki kegunaan lain. Salah satunya adalah keamanan dengan mengganti IP address sebagai penyamaran.

Baca juga : cara blokir mac address pada wifi indihome ZTE

IP address adalah sebuah kode yang berfungsi sebagai petunjuk identitas perangkat komputer. Tentu hal ini sangat penting untuk dijaga. Selain itu, mengganti IP address tidak hanya berguna bagi keamanan komputer tetapi juga meningkatkan koneksi. Lalu, apa sajakah cara mengganti IP address itu? simak lebih lanjut dibawah ini.

Cara Ganti Ip Komputer tanpa Software

Berikut dibawah ini beberapa metode yang dapat Anda lakukan dalam melakukan penggantian alamat ip pada laptop atau komputer tanpa software tambahan.

1. Mengganti IP Address Windows 7

Perangkat pertama yang akan dibahas untuk mengganti IP address adalah Windows 7. Windows 7 dirilis pertama kali pada 2009, tetapi sepertinya sistem operasi ini masih banyak peminatnya. Maka dari itu, menggetahui cara merubah IP address pada windows 7 sepertinya masih sangat diperlukan.

Langkah pertama adalah dengan masuk kedalam Control Panel melalui menu Start. Selanjutnya adalah masuk ke pengaturan Network and Sharing Center.

Klik nama jaringan dan tekan properties pada jendela baru. Double Click pada Internet Protocol Version 4. Masukan kode secara manual di bagian use the following IP address.

2. Mengganti IP Address Windows 8

Sebagai operasi sistem windows satu tingkat diatas Windows 7, tentu mengganti IP address pun dapat dilakukan pada Windows 8. Caranya sama-sama mudah untuk diaplikasikan. Prinsipnya sama meskipun langkahnya berbeda.

Baca juga : cara menghubungkan repeater tenda ke wifi wireless

Pertama, lihatlah ikon komputer di ujung kanan bawah dekstop. Klik kanan kemudian Open Network and Sharing Center. Setelah itu temukan Ethernet pada “Change Adapter Setting”. Masuk ke properties dan selanjutnya Internet Protocol Version 4. Atur kode secara manual di “use the following IP address”.

3. Mengganti IP Address Windows 10

Windows 10 memiliki tampilan yang berbeda. Meskipun begitu, penerapan perubahan IP address di Windows 10 tetap mudah dipraktekan. Prinsipnya pun sama, meskipun perubahan tampilannya sangat signifikan.

Pertama adalah dengan membuka Control Panel pada menu Start. Pilihlah Network and Sharing Center didalam menu Network and Internet. Masuk ke Change Adapter Setting.

Pilih opsi jaringan network yang digunakan dan selanjutnya properties. Double Click Internet Protocol Version 4 dan lakukan penyesuaian di use the following IP address.

4. Mengganti IP Address Windows Vista

Sistem Operasi ini lebih tua satu tingkat dengan Windows 7. Meskipun begitu, cara ganti IP komputer pada Vista tetap sama mudahnya. Prinsip kerjanya pun sama, hanya langkahnya saja yang berbeda.

Baca juga : cara mempersempit jangkauan sinyal wifi ZTE

Pertama adalah dengan masuk Control Panel melalui fitur Start. Network and Internet kemudian lanjutkan ke Network and Sharing Center.

Di panel kiri, pilih opsi Manage Network Connection. Pilih jaringan yang digunakan, kemudian properties. Double Click Internet Protocol Version 4 dan lakukan pengaturan di use the following IP address.

5. Mengganti IP Address Mac OS

Sistem operasi ini dikembangkan oleh Apple. MacOS dikhususkan hanya untuk perangkat Macintosh. Tampilannya pasti berbeda, tetapi perubahan pada IP address di Mac OS tetap sama mudahnya.

Pertama adalah dengan mengklik logo Apple di sebelah kiri atas. Kemudian pilih System Preference dan pilih Network. Klik Advance dan beralih ke TCP/IP. Lakukan perubahan pada Configure IPv4 menjadi manually. Lakukan penyesuaian secara manual di IPv4 Address, Subnet Mask, dan Router.

Penutup

Seperti yang dijelaskan diatas, mengganti alamat IP tidaklah begitu sulit. Apapun perangkat dan sistem operasinya, hal ini tetap dapat dilakukan. Dengan cara ganti ip komputer di berbagai sistem operasi, diharapkan dapat menambah wawasan para pengguna Internet.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.