Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

3 Tips Cara Memperbaiki Gambar yang Pecah di Photoshop

2 min read

Cara Memperbaiki Gambar Yang Pecah di Photoshop

Rasanya setiap orang terutama kaum perempuan pasti suka berswa foto. Senang rasanya jika bisa meng-upload gambar di sosial media dengan kualitas yang bagus. Terkadang kualitas gambar yang diambil kamera cukup buruk dan pecah, ikuti tips berikut tentang cara memperbaiki gambar yang pecah di Photoshop untuk memperbaikinya.

Baca juga : rekomendasi aplikasi pengganti adobe photoshop

Perlu Anda ketahui, photoshop sendiri termasuk software editing professional yang memiliki lisensi berbayar. Software editing ini bisa Anda gunakan di laptop atau komputer windows dengan harga lisensi retail yang cukup terjangkau.

Cara Memperbaiki Gambar Yang Pecah di Photoshop

Berikut dibawah ini beberapa tips yang dapat Anda terapkan dengan mudah dalam meningkatkan kualitas gambar yang rusak melalui photoshop, diantaranya yaitu:

1. Perbesar Resolusi (Pixel) Gambar

Banyak alasan yang menyebabkan foto atau gambar pecah. Salah satunya adalah kamera yang digunakan memiliki kualitas buruk. Apabila ingin memperbaikinya bisa dengan mengubah atau menambah resolusi gambar menjadi lebih besar.

  • Buka Aplikasi Edit Gambar

Gunakan aplikasi edit gambar yang mudah dioperasikan. Sebagai contoh bisa menggunakan Photoshop. Photoshop memiliki banyak versi. Semakin tinggi versinya, semakin banyak beragam tools yang bisa digunakan.

  • Buka Gambar yang Ingin Diperbaiki

Insert foto dan letakkan pada lembar kerja. Sebelumnya pastikan menduplikat gambar asli agar jika terjadi kesalahan masih memiliki file aslinya. Sesuaikan tata letak gambar dan komposisinya. Potong gambar jika memang diperlukan.

  • Perbesar Resolusinya

Cara selanjutnya cukup klik menu “Image”. Setelah itu sorot bagian “Image Size”. Setelah muncul tampilan pada lembar kerja, atur resolusinya. Rubah angka menjadi 300, 500, dan 700 tergantung kebutuhan.

2. Perbaiki Warna dan Kejernihan Gambar

Cara memperbaiki gambar yang pecah di Photoshop yang kedua adalah dengan memperbaiki warna dan kejernihannya. Terkadang, gambar atau foto yang dihasilkan kamera memiliki warna yang kurang menarik dan tingkat kejernihan yang rendah.

  • Gunakan Pengaturan Brightness/Contrass

Pengaturan brightness/contrass bisa membuat gambar memiliki keseimbangan gelap – terang lebih baik. Dalam sebuah gambar yang sempurna, harus memiliki sisi gelap dan terang (kontras) yang jelas. Caranya adalah klik “Image”, kemudian sorot “Adjustments” dan klik “Brightness/Contrass”.

  • Tingkatkan Saturasi Warna

Meningkatkan saturasi warna secara berlebihan akan membuat hasil gambar terlihat tidak wajar, tapi hal ini tetap diperlukan untuk mempertajam warna pada gambar tersebut.

Baca juga : pengertian dan layanan amazon web services (AWS)

Cara meningkatkan saturasi warna adalah dengan klik menu “Image”, kemudian sorot “Adjustments” dan klik “Hue/Saturation”. Ubah saturasi sebanyak 5-10 poin secara perlahan dan lihat perbedaannya.

  • Gunakan Fitur Sharpen untuk Gambar Buram

Fitur pada Photoshop yakni Sharpen memiliki fungsi mempertajam tampilan gambar. Pada gambar yang terlihat buram (blur) bisa diperjelas menggunakan fitur ini. Tingkat keberhasilan bergantung pada seberapa buram gambar awal.

3. Perbaiki Komposisi dan Noda

Cara memperbaiki gambar yang pecah di Photoshop yang ketiga adalah dengan mengatur komposisi dan menghilangkan noda pada gambar. Kotoran yang dimaksud disini adalah gambar-gambar yang tidak diinginkan terekam.

  • Potong Gambar dengan Aturan Sepertiga

Ini adalah salah satu aturan dasar yang masih digunakan hingga kini dalam dunia fotografi. Maksudnya adalah jika gambar dipotong menjadi tiga secara vertikal dan horizontal akan menghasilkan 9 kotak kecil.

Pada aplikasi Photoshop terdapat garis bantu otomatis yang muncul untuk membantu mempermudah dalam pemotongan gambar.

  • Gunakan Red Eye

Seperti namanya, tools yang satu ini berfungsi untuk menghapus dan memperbaiki tampilan mata pada gambar. Red Eye bisa ditemukan pada menu Patch bagian bawah. Bisa juga menggunakan shortcut dengan menekan huruf J pada keyboard.

  • Gunakan Kuas Kecil untuk Menghilangkan Noda

Gambar dari objek wajah berjerawat sebagai contoh bisa diperbaiki dengan tools ini. Gunakan “Spot Healer” dari menu Patch untuk menghapus bagian yang tidak diinginkan seperti jerawat.

Baca juga : contoh dan fungsi perangkat lunak

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengakses fitur tools bagian “Patch” dan klik “Spot Healer” kemudian hapus bagian yang tidak diinginkan.

Penutup

Begitulah tips dan cara memperbaiki gambar yang pecah di Photoshop yang bisa dicoba di rumah. Kini tidak perlu bingung jika memiliki gambar atau foto yang buram, pecah atau bermasalah lainnya. Ambil sedikit waktu untuk memperbaikinya sendiri menggunakan Photoshop.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

One Reply to “3 Tips Cara Memperbaiki Gambar yang Pecah di Photoshop”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.