Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

7 Rekomendasi Pengganti Adobe Photoshop untuk Windows

2 min read

Rekomendasi Pengganti Adobe Photoshop

Melakukan proses editing foto menggunakan program Adobe Photoshop memang memberikan hasil yang luar biasa. Akan tetapi anda perlu membayar lisensi agar dapat menggunakan aplikasi ini. Nah pada kesempatan kali ini saya membahas mengenai beberapa rekomendasi pengganti Adobe Photoshop untuk edit foto digital.

Baca juga : pengertian dan tipe aplikasi database

Bagi anda pecinta dunia fotografi atau seni foto digital, anda layak mencoba beberapa aplikasi pengganti Photoshop dibawah ini. Beberapa diantaranya perlu di-instal pada laptop atau komputer, dan sebagian lainnya sudah dapat anda akses langsung melalui browser secara online. Tentunya aplikasi versi online akan menghemat resource laptop anda, tetapi anda harus memastikan koneksi internet anda berjalan dengan lancar.

Rekomendasi Pengganti Adobe Photoshop

Berikut dibawah ini beberapa rekomendasi mengenai alternatif pengganti adobe photoshop yang dapat anda coba secara gratis, diantaranya yaitu:

1. GIMP

GIMP merupakan singkatan dari GNU Image Manipulation Program. Pada beberapa website, aplikasi ini sering disebut sebagai pengganti alternatif dari aplikasi Photoshop.

Aplikasi ini dapat melakukan editing foto dan disertai dengan fitur yang cukup lengkap. Selain itu aplikasi ini juga mendukung untuk di-instal pada berbagai platform OS termasuk Windows dan Linux. Aplikasi ini layak dicoba terutama bagi anda yang ingin mencari alternatif pengganti Photoshop gratis.

2. Krita

Aplikasi yang satu ini memiliki tampilan yang mirip dengan Photoshop. Bagi para desainer grafis, Krita sangat pas untuk digunakan karena sudah memiliki fitur menggambar pada tablet.

Dengan tampilan bertema gelap, aplikasi ini sangat cocok untuk dijadikan alternatif dari Photoshop dan bisa digunakan secara gratis. Tersedia juga versi berbayar bagi anda yang secara sukarela ingin membantu pihak developer untuk pengembangan aplikasi ini.

3. Paint.NET

Pada mulanya aplikasi Paint.NET dikembangkan untuk menjadi versi upgrade dari MS Paint. Itu sebabnya masih banyak terdapat fitur bawaan dari MS Paint yang terpasang pada aplikasi ini.

Meskipun tidak selengkap Adobe Photoshop, aplikasi Paint.NET sudah mampu untuk mengedit foto digital dengan fitur-fitur dasar. Bsgi anda yang ingin mencari alternatif aplikasi pengganti Photoshop di Windows, anda bisa mencoba Paint.NET secara gratis.

4. Seashore

Seashore bisa dianggap sebagai Photoshop versi MacOS. Karena aplikasi ini memang ditujukan sebagai pengganti Photoshop bagi para pengguna Mac.

Aplikasi ini layak bersaing dengan Photoshop karena sudah memiliki fitur-fitur penting seperti fitur layer dan sensitivitas tekanan yang dapat digunakan ketika mengedit menggunakan tablet. Aplikasi ini dapat digunakan bagi para pemula karena tampilannya cukup sederhana dan simple.

5. Pixlr Editor Online

Jika anda tidak ingin membebani resource laptop atau PC anda dengan software editing foto yang terkenal berat, maka anda bisa mencoba Pixlr editor.

Aplikasi Pixlr merupakan aplikasi editing foto berbasis web (online) yang anda tidak perlu repot dalam melakukan instalasi di laptop anda. Fitur yang terdapat pada aplikasi ini cukup lengkap, ringan dan dapat digunakan secara gratis. Tidak lupa juga, aplikasi sudah bisa anda gunakan melalui smartphone anda.

6. Sumopaint

Seperti halnya Pixlr, aplikasi Sumopaint juga berbasis web (web based application). Sehingga anda bisa langsung mengedit file foto anda secara online melalui website resminya.

Aplikasi ini juga menyediakan versi desktop yang bisa anda download dan di-install pada komputer anda. Cukup banyak perbedaan fitur jika dibandingkan dengan Photoshop, sehingga anda mungkin perlu beradaptasi untuk menggunakan aplikasi ini.

7. Photopea

Aplikasi ini bisa dijadikan salah satu pertimbangan untuk menjadi pengganti Photoshop. Aplikasi ini dapat digunakan secara online melalui browser (Web Based Application) sehingga bisa berjalan pada sistem operasi apa pun. Fitur edit fotonya pun cukup lengkap meskipun ada beberapa iklan yang sering tampil di aplikasi ini. Jika anda berkenan, anda bisa berlangganan untuk menghilangkan pop up iklan tersebut.

Penutup

Demikianlah pembahasan singkat yang dapat saya tulis mengenai beberapa rekomendasi pengganti Adobe Photoshop untuk windows yang dapat anda coba secara gratis. Cukup sekian dan terimakasih, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.