Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

5 Tips Cara Print Screen di Komputer atau Laptop Windows

2 min read

Cara Print Screen di Komputer

Cara print screen di komputer yang praktis memang belum diketahui oleh banyak orang. Bahkan tidak jarang masih ada yang bingung mengenai bagaimana cara screenshoot di laptop atau komputer dengan benar.

Baca juga : manfaat backlink media nasional bagi website

Perlu Anda ketahui print screen adalah salah satu tombol pada keyboard komputer atau laptop yang memiliki fungsi dalam menyimpan gambar atau screenshot dengan cepat. Walaupun screenshot bisa dilakukan menggunakan snipping tool, namun penggunaan tombol prtscins ini dinilai cukup cepat dan mudah.

Cara Print Screen di Komputer Windows

Berikut dibawah ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan dalam melakukan print screen atau screenshot pada komputer Anda, diantaranya yaitu:

1. Pencet Tombol Print Screen

Cara paling mudah untuk melakukan print screen lewat komputer adalah dengan menekan tombol print screen. Tombol ini berada di keyboard di bagian atas tombol numbering. Langkah awal adalah dengan membuka bagian yang akan di screenshoot kemudian klik tombol print screen, setelah itu paste di tempat yang diinginkan.

Perlu diingat, bahwa hasil tangkapan layar yang sudah dilakukan tidak otomatis tersimpan didalam file gambar. Sehingga jika ingin menyimpannya di komputer maka perlu di pastekan ke dalam aplikasi pengolah gambar terlebih dahulu.

Misalnya, setelah menangkap layar kemudian diolah kedalam aplikasi pengedit gambar. Jika hasil gambar sudah sesuai, barulah disimpan kedalam bentuk file gambar.

2. Kombinasikan dengan Tombol Alt + Print Screen

Cara lain untuk melakukan print screen di komputer adalah dengan menekan tombol Alt + Print Screen. Tombol ini hanya bisa menangkap layar pada jendela aktif saja. Artinya tidak semua layar bisa di tangkap secara penuh.

Baca juga : tips cara mengatasi hardisk bad sector

Langkahnya adalah dengan membuka jendela yang akan di screenshoot. Kemudian tekan kombinasi tombol Alt + Print screen. Hasilnya adalah tangkapan layar masuk ke papan clipboard. Terakhir, tekan tombol kombinasi Ctrl + V untuk mem-paste kan dimana gambar tadi akan ditaruh.

3. Kombinasi Tombol Fn + PrtSc

Masih ada cara lain untuk melakukan screenshoot di komputer, yaitu dengan menekan tombol kombinasi Fn + PrtSc. Tiap keyboard memiliki type yang berbeda-beda, terkadang ada beberapa jenis keyboard yang tidak memiliki tombol Fn.

Bagi yang memiliki keyboard dengan jenis lengkap dengan tombol Fn maka bisa menggunakan cara ini. Caranya adalah dengan membuka atau mengaktifkan layar yang akan di tangkap. Kemudian, tekan tombol kombinasi Fn + PrtSc dan paste hasil tangkapan.

4. Kombinasi Tombol Windows + Print Screen

Cara print screen di komputer yang tidak kalah mudah adalah dengan menggunakan kombinasi tombol windows dan print screen. Pastikan dalam menekan kedua tombol ini secara bersamaan agar formula yang dihasilkan tepat.

Baca juga : efek samping upgrade ram laptop sembarangan

Langkah melakukan screenshoot dengan tombol ini adalah dengan membuka jendela yang diinginkan. Lalu tekan tombol kombinasi, dan layar akan berkedip, menandakan screenshoot berhasil dilakukan. Hasil tangkapan bisa dilihat di komputer.

5. Gunakan aplikasi Snipping Tool

Bagi yang sering melakukan tangkap layar di komputer, pastilah mencari cara yang paling efektif dan mudah. Cara print screen di komputer kali ini adalah dengan menggunakan aplikasi snipping tool.

Langkah menangkap layar dengan cara ini paling mudah dilakukan. Caranya adalah dengan membuka jendela yang diinginkan, kemudian buka aplikasi snipping tool dan pilih tool screenshoot. Pilih area yang akan dipakai kemudian akan muncul preview hasil screenshoot.

Kesimpulan

Pada dasarnya, masih banyak lagi cara screenshoot di komputer, mulai dari menggunakan kombinasi tombol atau dengan aplikasi yang bisa diinstall. Pilihlah cara yang paling mudah dan efektif menurut selera masing-masing.

Jika ingin memotong layar yang sudah ditangkap, atau mengeditnya maka bisa gunakan aplikasi pengolah foto. Misalnya seperti painter, adobe photoshoot dan lainnya. Cukup sekian dan terimakasih, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.