Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

5 Tips Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca di Komputer

1 min read

Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca di Komputer

Flashdisk menjadi salah satu perangkat untuk menyimpan file. Namun bagaimana jika flashdisk tidak bisa terbaca di komputer atau laptop dengan baik? Tentunya hal tersebut amat meresahkan apalagi jika terdapat file-file penting di dalamnya.

Baca juga : cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di laptop

Permasalahan ini bisa diselesaikan dengan beberapa cara. Tapi sebelum itu, perlu Anda ketahui bahwa ada banyak faktor yang menyebabkan flashdisk tidak terdeteksi di komputer, salah satunya yaitu port usb yang kotor dan mungkin ada virus yang bersarang pada komputer Anda.

Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca di Komputer

Berikut dibawah ini beberapa tips simple yang dapat Anda terapkan dalam mengatasi error flashdisk muncul di komputer, diantaranya yaitu:

1. Membersihkan Port USB pada Komputer

Cara pertama untuk mengatasi flashdisk tidak terbaca di komputer adalah dengan membersihkan port USB dari debu dan kotoran. Biasanya flashdisk tidak bisa terbaca karena port USB-nya kotor. Caranya, pengguna bisa membersihkannya dengan menggunakan kuas.

Setelah itu coba sambungkan kembali flashdisk ke komputer. Jika masih belum bisa terbaca, coba sambungkan flashdisk tersebut ke perangkat lain. Apabila juga tidak bisa terbaca maka kemungkinan besar terdapat kerusakan pada flashdisk tersebut.

2. Memformat Flashdisk

Cara yang satu ini dapat dilakukan apabila flashdisk tersebut terindikasi sudah terkena virus. Dengan diformat maka file yang ada di flashdisk akan terhapus semua. Namun cara ini dapat menjadi langkah yang efektif untuk mengatasi virus yang ada di flashdisk tersebut.

Baca juga : perbedaan ssd dan hdd pada komputer

Pengguna bisa memformat flashdisk yang digunakan dengan menggunakan disk management. Cari disk management di pencarian windows kemudian jika sudah terbuka pilih lokasi flashdisk. Setelah itu format flashdisk dengan cara mengklik kanan lalu pilih format.

3. Memindai Flashdisk dengan Antivirus

Kerusakan pada flashdisk bisa disebabkan oleh adanya virus ataupun malware. Untuk mengatasinya pengguna dapat memindai kerusakan yang ada di flashdisk tersebut dengan menggunakan software antivirus. Cara ini bisa menjadi alternatif lain tanpa harus memformat flashdisk yang menyebabkan data-data di dalam flashdisk hilang.

Buka aplikasi antivirus yang ada di komputer pengguna. Setelah itu lakukan pemindaian untuk mengetahui keberadaan virus. Pemindaian flashdisk dengan antivirus juga dapat membantu untuk membersihkan virus tersebut dan mengatasi kerusakan yang terjadi sehingga flashdisk dapat digunakan kembali.

4. Install Ulang Driver USB

Cara lain yang dapat digunakan adalah dengan menginstall ulang driver USB. Pengguna bisa meng-uninstall melalui device manager. Klik pada tulisan ‘universal serial bus controllers’.

Baca juga : rekomendasi game paling seru di plays.org

Klik kanan pada tulisan USB mass storage device untuk uninstall. Restart komputer, setelah itu pengguna bisa memasangkan ulang flashdisk tersebut ke port USB.

5. Mengupdate Windows

Masalah lain yang bisa menyebabkan flashdisk tidak terbaca adalah adanya masalah pada Windows yang digunakan pada komputer. Bisa jadi windows yang digunakan kurang update sehingga tidak dapat membaca flashdisk yang disambungkan. Untuk mengatasinya pengguna bisa mengupdate Windows terlebih dahulu.

Lamanya proses update berbeda-beda tergantung kecepatan internet dan besarnya file. Tunggu hingga proses update berhasil. Setelah itu coba sambungkan ulang flashdisk tersebut.

Penutup

Itu tadi 5 tips memperbaiki flashdisk tidak terbaca di komputer. Untuk memperbaikinya ketahui terlebih dahulu apa penyebab flashdisk tersebut tidak bisa terbaca. Hal itu bertujuan agar cara penyelesaian yang digunakan juga menjadi tepat sasaran.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.