Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Inilah 5 Tips Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10

1 min read

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10

Seperti yang kita ketahui, blue screen merupakan suatu permasalahan yang sering ditemui pada Windows karena beberapa faktor. Nah di pembahasan ini, saya akan membahas seputar beberapa tips cara mengatasi blue screen windows 10 dengan mudah.

Baca juga : efek samping upgrade ram laptop sembarangan

Perlu Anda ketahui, ada cukup banyak faktor yang menyebabkan terjadinya bluescreen pada Windows, salah satunya yaitu adanya suatu masalah pada operasi sistem komputer yang digunakan. Agar blue screen tidak terjadi pastikan untuk memberikan perawatan terbaik pada PC atau laptop Anda.

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10

Berikut dibawah ini beberapa tips yang dapat Anda terapkan dalam memperbaiki permasalahan layar biru pada operasi sistem windows 10, diantaranya yaitu:

1. Periksa dan Bersihkan Malware

Blue screen bisa terjadi akibat adanya suatu virus yang menyerang PC sehingga harus diperiksa kemudian bersihkan Malware tersebut. Untuk itu pengguna harus memastikan bahwa komputer berada dalam keadaan bersih dari malware. Malware bisa membuat kerusakan yang cukup parah pada Windows.

Jika pengguna sudah mengecek pada anti-virus dan ternyata dalam keadaan baik,, berarti PC bersih dari malware. Namun jika ternyata ada, maka Anda perlu menghapusnya segera sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah.

2. Update Sistem Windows

Ada kemungkinan blue screen terjadi karena system Windows belum di-update sehingga mengharuskan pengguna melakukannya. Setelah sistem Windows di-update dan blue screen menghilang berarti penyebabnya ada pada update-an terbaru.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan virtual lan

Sehingga, Anda bisa langsung melakukan pembaruan atau update secara berkala di setiap hadirnya versi baru dari sistem Windows agar mencegah timbulnya bluescreen.

3. Mulai Ulang Perangkat

Selanjutnya ada cara mengatasi blue screen Windows 10 yang mudah dilakukan bagi banyak pengguna yaitu dengan memulai ulang perangkat komputer yang dimiliki. Ketika blue screen terjadi dan bingung ingin melakukan apa, pengguna bisa restart laptop atau PC dengan paksa yaitu tahan tombol power dalam 15 detik.

Kemungkinan ada terjadi error pada komputer sehingga membutuhkan pengulangan sistem dengan melakukan restart. Setelah itu nyalakan kembali komputer tersebut dan lihat apakah blue screen sudah hilang. Jika belum berarti ada kendala di bagian lainnya yang harus dicek oleh pengguna secara detail.

4. Hapus Aplikasi Terbaru

Hadirnya blue screen kemungkinan terjadi karena suatu aplikasi terbaru yang baru saja didownload oleh pengguna. Hal ini sangat berpengaruh bagi kondisi komputer yang belum terbiasa adanya aplikasi yang didownload. Jika blue  screen terjadi usai pengguna mendownload suatu aplikasi maka hapus aplikasi tersebut.

Aplikasi baru tersebut kemungkinan memiliki pengaruh terhadap sistem yang ada pada komputer tersebut. Selain itu aplikasi yang didownload melalui browser belum tentu seluruhnya aman dan bisa diterima oleh sistem komputer.

5. Periksa Suhu Komponen

Blue screen bisa terjadi karena suhu normal pada komputer melonjak tinggi. Untuk itu cek terlebih dahulu suhu komponen pada komputer pengguna. Komputer juga sudah memiliki limit dari suhu yang bisa mencapai overheat. Namun tidak ada jaminan bahwa blue screen terjadi akibat suhu komponen yang terlalu tinggi.

Baca juga : cara menggabungkan file pdf di laptop windows

Pengguna dapat memeriksakan suhu komponen dari komputer melalui aplikasi HWMonitor. Semua temperatur yang ada pada komponen akan terlihat secara detail melalui aplikasi ini. Jika ada suhu komponen yang tidak biasa maka hal ini bisa menjadi penyebab dari timbulnya bluescreen.

Penutup

Itulah beberapa cara mengatasi blue screen Windows 10 yang mudah dilakukan oleh pengguna. Blue screen terjadi akibat dari adanya kerusakan pada mesin maupun kelalaian dari pemilik.

Untuk itu pastikan merawat komputer dengan baik agar terhindar dari blue screen. Jika terjadi blue screen jangan panik karena ada solusi yang bisa dilakukan sendiri.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.