Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

5 Tips Cara Mengatasi Hardisk Bad Sector pada Komputer

2 min read

Cara Mengatasi Hardisk Bad Sector pada Komputer

Laptop bisa berfungsi jika ada hardisk didalamnya. Apabila hardisk ini sampai mengalami bad sector, maka laptop tidak bisa membaca data didalamnya. Akhirnya laptop tidak bisa digunakan. Lantas bagaimana cara mengatasi hardisk bad sector? simak lebih lanjut dibawah ini.

Baca juga : mengenal jenis-jenis harddisk pada komputer

Perlu Anda ketahui, permasalahn bad sector sendiri bisa disebabkan karena berbagai hal. Salah satunya yaitu kerusakan pada fisik harddisk, seperti terjatuh, kemasukkan debu, mematikan laptop secara paksa dan sebagainya.

Cara Mengatasi Hardisk Bad Sector

Berikut dibawah ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan dalam memperbaiki kerusakan bad sector pada hardisk komputer atau laptop windows, diantaranya yaitu:

1. Melalui CMD

Berbagai hal bisa membuat hardisk mengalami bad sector. Penyebabnya bisa berasal dari sistem software maupun kerusakan hardware hardisk tersebut. Kerusakan tersebut harus bisa diidentifikasi.

Cara pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan bantuan Command Prompt (CMD). CMD yang bisa dipakai untuk memperbaiki yaitu CMD melalui akses administrator.

Di langkah awal, Anda perlu membuka CMD terlebih dahulu dengan cara mencarinya di bagian search windows dengan keyword “cmd”. Kemudian klik dan jalankan secara run as administrator. Ketikkan perintah CHDSK /R /F /D Kemudian tekan oke atau enter kemudian tunggu prosesnya hingga selesai.

Cara ini bisa dilakukan sebagai antisipasi pertama agar hardisk tidak semakin rusak. Pada saat pemrosesan, jangan melakukan apa-apa supaya tidak mengganggu proses perbaikan. Waktu yang dibutuhkan selama pemrosesan ini bisa cepat atau lama tergantung dari besarnya kapasitas hardisk-nya. Jika besar maka lama, dan sebaliknya.

2. Gunakan Disk Check Tool

Kerusakan bad sector pada hardisk bisa berasal dari soft bad sector. Umumnya kerusakan ini terletak pada sistem operasi pada laptop. Kerusakan ini bisa diperbaiki dengan menggunakan Disk Check Tool. Cara mengatasi hardisk bad sector dalam hal ini yaitu pertama, buka Windows Explorer.

Baca juga : tips cara menghapus virus shortcut sampai bersih

Setelah itu, pilih hardisk yang ingin dicek. Lalu pilih properties. Pada bagian disk yang mengalami error checking pilih check now. Kemudian lakukan checklist pada dua kolom yang berisi lakukan pengecekan dan lakukan perbaikan. Setelah itu, pilih start untuk mulai proses pengecekan dan perbaikan.

3. Menggunakan Software Spinrite

Jika sebelumnya, perbaikan bisa dilakukan dengan software bawaan. Maka pada bagian ini, penyelesaian terkait hardisk yang mengalami bad sector bisa diselesaikan dengan software Spinrite. Software ini bisa di-download melalui berbagai website. Jadi mudah untuk ditemukan.

Cara menggunakannya yaitu lakukan double klik pada Spinrite agar aplikasinya terbuka. Pilih bootable Spinrite yang ingin dipakai, bisa dari flashdisk, CD, maupun disk.

Agar mudah dalam prosesnya, disarankan untuk memilih flashdisk. Kemudian pilih instal Spinrite on drive, kemudian tunggu prosesnya. Setelah itu tekan tombol E di keyboard sekitar 12 detik.

Proses install akan dijalankan, jika sudah selesai lakukan restart dan masuk ke BIOS. Pilih flashdisk agar proses instal bisa dilakukan. Kemudian pilih opsi keempat untuk analisa hardisk. Dengan begitu bisa diketahui kerusakannya dibagian mana dan dilakukan proses perbaikan.

4. Menggunakan Software Macrorit Disk Scanner

Kerusakan pada bad sector juga bisa diselesaikan menggunakan macrorit disk scanner. Alat ini praktis dipakai. Tinggal pilih disk yang ingin diperiksa, kemudian pilih scan now di sebalah kanan. Tunggu saja hingga prosesnya selesai. Apabila ada kerusakan maka bisa diidentifikasi dari keterangan yang muncul dari software ini.

5. Gunakan Bantuan Tukang Service

Apabila semua cara sudah dipakai namun masih belum bisa memperbaikinya, maka cara terakhir yang bisa dilakukan yaitu meminta bantuan dari jasa perbaikan hardisk.

Baca juga : cara mengatasi laptop cepat panas

Biasanya Anda hanya tinggal menunggu sebentar, sampai bisa selesai diperbaiki. Siapkan budget mungkin sekitar ratusan ribu (antara 100 hingga 300 ribu) untuk bisa menggunakan jasanya ini.

Penutup

Demikian 5 cara mengatasi hardisk bad sector yang bisa dilakukan. Memang agak repot bagi orang awam pada saat memperbaikinya sendiri. Maka dari itu, lakukan pencegahan agar hardisk tidak mengalami bad sector.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

One Reply to “5 Tips Cara Mengatasi Hardisk Bad Sector pada Komputer”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.