Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

5 Tips Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer

2 min read

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Komputer

Sangat menyebalkan memang, jika file pekerjaan atau data sekolah hilang atau terhapus karena ulah seseorang atau bahkan ulah sendiri. Jika sedang mengalaminya, tenang berikut ini ada 5 cara mengembalikan file yang terhapus di komputer.

Baca juga : manfaat backlink media nasional bagi website

Perlu Anda ketahui, tidak semua file dapat dikembalikan menggunakan berbagai metode dibawah ini, namun bisa Anda coba untuk mengembalikan berbagai data yang tidak sengaja terhapus.

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Komputer

Berikut dibawah ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan dalam mengakses kembali berbagai file yang tidak sengaja terhapus di komputer, diantaranya yaitu:

1. Melalui Recycle Bin

Setiap komputer memiliki folder recycle bin, dimana di dalamnya berisikan berkas-berkas atau file yang sudah di hapus oleh pengguna. Ketika suatu file dipilih kemudian di delete atau di hapus, maka file tersebut akan masuk kedalam recycle bin.

Jika ingin melihat file yang sudah hapus maka harus masuk ke recycle bin terlebih dahulu, kemudian cari file yang ingin ke kembalikan. Jika sudah menemukan file yang ingin dikembalikan, langkah selanjutnya adalah dengan mengklik file dan pilih restore.

File yang sudah di restore akan kembali ke folder semula sebelum di hapus. Metode ini menjadi metode yang paling cepat dan mudah, banyak yang menggunakan cara satu ini.

2. Restore Previous Versions

File yang terhapus sudah hilang dari recycle bin? Tenang ada fitur lain yaitu restore previous versions. Folder recycle bin hanya bisa menyimpan file yang sudah dihapus selama 30 hari saja. Jika sudah lebih dari 30 hari maka file akan dihapus secara permanen.

Baca juga : cara cek detail hdd laptop windows

Dengan fitur previous versions, pengguna bisa mengembalikan file atau folder yang terhapus dari fitur recycle bin. Fitur ini dibuat oleh windows backup untuk menyalin file atau folder yang hilang.

  • Cara menggunakannya dengan membuka menu start
  • Kemudian cari folder yang berisi file yang hilang.
  • Lalu klik kanan folder itu dan akan muncul pilihlah menu
  • Pilih menu restore previous versions.
  • Terakhir, klik restore pada file yang hilang, dan file tersebut akan segera kembali.

3. Gunakan Recuva

Recuva merupakan software file recovery yang memiliki banyak kemudahan. Recuva ditawarkan sebagai tool berbayar namun terdapat juga versi gratisnya yang dapat di unduh di internet.

Banyak kelebihan dari aplikasi satu ini, salah satunya adalah mengembalikan file yang hilang atau terhapus dari komputer. Cara menggunakannya cukup sederhana, yaitu dengan

  • Menginstall terlebih dahulu aplikasi Recuva.
  • BukaRrecuva, dan pilih jenis file yang ingin di kembalikan lalu klik tombol next.
  • Jika ingat, maka pilih folder dimana file tersebut terhapus. Namun jika lupa dimana file tersimpan maka bisa pilih pilihan “im not sure” dan klik next.
  • Proses pencarian bisa dimulai dengan mencentang kotak enable deep scan lalu klik start.
  • Proses pencarian sedang berjalan maka tunggulah beberapa saat sampai pencarian berhasil.

4. Menggunakan CMD

Command prompt merupakan fitur yang ada di komputer yang memiliki banyak kegunaan. Diantaranya adalah mampu mengembalikan lagi file yang hilang.

Baca juga : tips cara mempercepat booting windows 10

Untuk menggunakannya, pilih menu start dan search kemudian ketikkan cmd pada search bar. Jika sudah, pilih run as administrator. Muncul layar command prompt. Di layar itu  ketikan chkdsk X: /f. X pada rumus disamping, gantilah dengan nama file atau folder yang hilang.

Kemudian ketikan lagi ATTRJB -H -R -S/S/D X:*.* .Rumus disamping sama seperti langkah sebelumnya, X diganti dengan nama file atau folder yang hulang. Kemudian proses recovery pun akan berjalan setelahnya.

5. File History

Masih ada metode terakhir, cara mengembalikan file yang terhapus di komputer, yakni melalui file histori di komputer. Perlu di ingat bahwa fitur ini hanya ada di windows 10. Langkahnya adalah dengan

  • Buka menu setting dan cari menu update and scurity
  • Klik backup dan pilih add a drive, disinia akan diminta tempat dimana file di backup.
  • Setelahnya, akan muncur daftar partisi hard drive komputer yang dipakai untuk menyimpan backup
  • Lalu pilihlah hard drive eksternal
  • Klik tombol di bawah tekan automaticaly backup my flies.
  • Tunggu sampai program selesai berjalan.

Penutup

Demikianlah pembahasan singkat yang dapat saya tulis mengenai beberapa tips cara mengembalikan file yang terhapus di komputer atau laptop windows, semoga bermanfaat ya.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.