Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

15 Rekomendasi Aplikasi Membuat CV (Curriculum Vitae)

2 min read

Rekomendasi Aplikasi Membuat CV

Mengajukan sebuah lamaran kerja sudah sewajarnya melampirkan beberapa syarat salah satunya resume. Untuk membuat perusahaan tahu seberapa pantas Anda diterima disana, nantinya pertimbangan akan diambil salah satunya dari data tersebut. Oleh karena itu, aplikasi membuat CV curriculum vitae mungkin bisa membantu Anda.

Baca juga : tanggung jawab dan tugas operator produksi

Resume dan CV pada dasarnya sama tetapi pada beberapa perusahaan tidak memerlukan surat lamaran pekerjaan hanya meminta salah satu diantara keduanya. Anda sebagai pelamar dapat membuat lampiran tersebut menjadi lebih menarik dengan menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut.

Rekomendasi Aplikasi Membuat CV

Kemajuan teknologi saat ini memang cenderung memberi kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan sesuatu, termasuk membuat curriculum vitae untuk dilampirkan melamar pekerjaan. Semakin menarik tentunya perusahaan akan memberikan pertimbangan lebih. Berikut aplikasi pembuatnya.

1. Canva

Salah satu aplikasi yang diandalkan oleh beberapa pengguna untuk membuat template editing yaitu Canva. Memiliki banyak sekali fitur, tergantung akan mengedit model seperti apa termasuk membuat CV. Pertama kali membukanya tidak akan langsung menemukannya, berikut sedikit langkah caranya.

  • Buka aplikasi Canva jika belum mempunyai bisa mengunduhnya melalui Google Playstore dan App Store
  • Pada tampilan halaman pertama, di kolom atas sendiri tuliskan “resume” untuk menemukan koleksi template membuat CV
  • Setelah itu akan muncul beberapa koleksi model template dari Canva
  • Pilih saja satu yang sekiranya menurut selera Anda untuk dilampirkan ke perusahaan. Bisa juga ditentukan dengan konsep logo perusahaannya
  • Setelah menemukan template yang cocok, Anda hanya perlu mengganti beberapa informasi pada setiap kolom
  • Contoh yang ada menggunakan bahasa Inggris tetapi tenang saja karena Anda dapat tetap menggunakan bahasa Indonesia dengan konteks yang sama

Canva ini diletakkan pada urutan pertama karena memang kredibilitasnya sebagai salah satu aplikasi editing sangat baik. Fitur-fiturnya yang lengkap membuat penggunanya dapat melakukan editing apapun disana. Bahkan pengusaha sebagian besar juga menggunakannya untuk mengedit foto-foto produknya.

2. Resume Builder & CV Maker

Tidak berbeda dengan Canva tetapi aplikasi satu ini memang diciptakan khusus untuk membuat CV dan Resume sehingga semua fitur di dalamnya berkaitan dengan keduanya. Koleksi design yang terlihat profesional dan mengagumkan, membuat Resume Builder sangat cocok bagi pembuat pemula.

Baca juga : tugas dan tanggung jawab operator sekolah

Dengan adanya berbagai jenis desain dan model, membuat pengguna yang baru saja membuat CV dan resume tidak disulitkan. Mempunyai 300 lebih berbagai templates, mudah pemakaiannya, terpercaya, bahkan juga disediakan tanda tangan dalam format pdf. Selain itu, aplikasi ini sudah support 50 bahasa.

3. CV Engineer

Sesuai dengan tagline di atas, lain daripada aplikasi-aplikasi sebelumnya untuk CV Engineer hanya mempunyai satu jenis desain. Tergolong sederhana dan seperti pada umumnya sehingga tidak ada tools mengatur warna. Meskipun desainnya biasa, aplikasi ini banyak peminatnya karena mudah digunakan.

Tampilan aplikasi cenderung familiar sehingga mudah digunakan. Pengkategoriannya juga lumayan detail sehingga pengguna tidak sulit untuk melangkah pertama saat akan membuat CV. Namun, seperti pada lainnya fitur pengaturan font hingga ukuran kertas sangat jelas, memudahkan proses pembuatan.

4. CV & Resume Creator

Tidak berbeda dengan sebelumnya, aplikasi ini mempunyai desain simple cenderung monokrom karena tidak ada pemilihan warna serta contoh template berwarna untuk diedit. Kegunaannya lebih mirip dengan Canva tetapi mempunyai sedikit pewarnaan sehingga pengeditannya memang sangat sederhana.

Meskipun sederhana, tetapi banyak yang menggunakannya dan memang mengaku bahwa aplikasi ini sangat berguna. Fitur lainnya adalah tersedia beberapa bentuk stiker untuk menghidupkan editan, tetapi lebih pada digunakan sebagai pembuatan pamflet untuk produk usaha bukan CV dan resume.

5. CV – Library Job Search

Satu aplikasi yang unik tetapi juga sangat bermanfaat karena selain membantu dalam pembuatan CV, sesuai dengan namanya juga menemukan beberapa lowongan pekerjaan pas untuk Anda. Cara kerjanya, pertama pengguna memasukkan semua informasi terkait biodata pada Curriculum Vitae.

Baca juga : peran dan tugas HRD manager

Setelah itu, secara otomatis aplikasi akan mencari pekerjaan yang cocok untuk Anda. Sayangnya jika dilihat dari Google Playstore, khusus lowongan di luar negeri tetapi tidak ada salahnya. Mendapatkan pekerjaan di negara lain merupakan pengalaman emas sehingga harus dicoba terlebih dulu.

6. Professional Resume Builder – CV Resume Templates

Dan yang terakhir yaitu aplikasi pembuat CV yang mempunyai banyak template sehingga pengguna dapat memilihnya salah satu. Bagi Anda pemula juga sangat mudah ketika akan menggunakannya. Selain itu, fiturnya adalah bisa menyimpan lebih dari satu akun untuk membuat CV dengan kategori masing-masing.

Tampilan aplikasinya memang cenderung rapi sehingga tidak akan membuat penggunanya bingung ketika akan menggunakannya. Cara memasukkan data-datanya juga mudah, terpisahkan oleh beberapa kolom sesuai dengan deskripsi informasi data diri. Anda akan merasakan dipandu dalam membuat CV.

Platform Pembuat CV Lainnya

Penutup

Berbagai rekomendasi aplikasi membuat CV atau curriculum vitae tersebut dapat dicoba bagi Anda yang memang sedang membutuhkan inspirasi membuat CV dan resume menarik.

Baca juga : formula copywriting dasar pada marketing

Tanpa disadari sebenarnya berbagai komponen pada dokumen CV yang dikirimkan juga diperhatikan oleh pihak perekrut sehingga wajib dibuat sebaik mungkin. Semoga bermanfaat.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.