Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

4 Rekomendasi Aplikasi Mencari NISN Siswa Indonesia

2 min read

Rekomendasi Aplikasi Mencari NISN Siswa

Mempunyai kegunaan yang krusial namun terkadang dilupakan, karena itulah aplikasi mencari nisn siswa saat ini sering digunakan untuk berbagai macam. Nomor tersebut dimiliki oleh siswa-siswa SD, SMP dan SMA/SMK sebagai kode pengenal setiap siswinya dalam membedakan dengan siswi lainnya.

Baca juga : mengenal formula dasar dalam copywriting

Mempunyai masa berlaku sepanjang masa dan selain untuk identifikasi, digunakan juga sebagai penunjang administrasi antara lain Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional (UN) hingga SNMPTN juga SBMPTN. Bahkan bagi siswi yang bersekolah di luar negeri akan terdeteksi nisnnya.

Rekomendasi Aplikasi Mencari NISN Siswa

Kemudahan yang diberikan oleh kemajuan teknologi ternyata juga berpengaruh dalam beberapa aspek, salah satunya pendidikan. Bahkan untuk mengecek nisn siswa dapat dilakukan melalui aplikasi khusus mencari Nomor Induk Siswa Nasional, berikut beberapa diantaranya dan mudah penggunaannya.

1. Cek NISN New

Sesuai dengan namanya Anda dapat mengunduhnya melalui google play dengan kapasitas sangat kecil sehingga tidak membutuhkan banyak ruangan. Aplikasi perangkat ini terakhir di update pada tahun 2020, tetapi tenang saja karena masih tetap bisa mengunduhnya serta digunakan sebagaimana mestinya.

Cek NISN new merupakan pembaruan dari yang lama, sudah diunduh lebih dari 100.000 orang di google play sehingga memang bekerja bagaimana semestinya. Ratingnya cenderung rendah, hal tersebut karena beberapa orang mengeluhkan tidak bisa digunakan, alasan kedua belum banyak penggunanya.

2. Website Dapodik All in One

Selain cek nisn new, aplikasi kedua Dapodik All in One juga dapat diunduh melalui Google Play dengan mencarinya. Diklaim lebih lengkap karena terdapat informasi mengenai sekolah, dari guru hingga tenaga kependidikan semua ada di aplikasinya tersebut. Pemberian menu yang jelas juga menjadi nilai plusnya.

Baca juga : rekomendasi aplikasi edit foto dengan artis korea

Menu-menu tersebut dikategorikan secara detail sehingga pengguna yang biasanya adalah siswa-siswi dapat dengan mudah menggunakannya. Hal tersebut tentunya sangat berguna karena lebih jelas ketika akan mencari nisn melalui aplikasi ini. Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya dimana saja.

3. Cetak Kartu NISN

Nama aplikasi serta kegunaannya sebenarnya sama, tetapi ternyata dari situlah beberapa pengguna mengaku bisa mengetahui nisnnya sekaligus mencetaknya. Hal tersebut karena saat memasukkan beberapa informasi untuk mendeteksi nomornya, otomatis akan keluar nomor induknya.

Dari situlah pada akhirnya nanti, siswa-siswi mengetahui nomor induknya. Dapat di unduh di Google Play juga dan sudah ada sekitar 10.000 lebih pengunduh dengan rating yang lumayan tinggi yaitu 4,2. Hal tersebut berarti, aplikasi ini memang sangat membantu mereka dalam menemukan nisnnya.

4. Website Kementerian Pendidikan dan Budaya

Aplikasi yang paling akurat bisa digunakan hanya ada tiga, beberapa di dalam Google Play tidak bisa diandalkan karena banyak masalah. Untuk mencari nisn siswa keempat dapat melalui website resmi Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemdikbud), berikut langkah cara menemukannya.

  • Buka halaman mesin pencari yang ada di gawai
  • Tuliskan saja “website Kemdikbud” atau bisa langsung mengklik link berikut https://nisn.data.kemdikbud.go.id/
  • Setelah masuk ke halaman websitenya, pilih “Pencarian Berdasarkan Nama”
  • Lalu akan muncul kolom dengan beberapa informasi yang harus Anda isi, seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, dan nama Ibu
  • Setelah selesai mengisi semua informasi, Anda bisa langsung saja klik “cari”
  • Selesai, data akan muncul secara otomatis jika data yang dimasukkan tadi benar semua

Sebenarnya cara keempat lebih mudah dilakukan tetapi tidak ada salahnya juga menggunakan aplikasi-aplikasi di atas agar menambah pengalaman. Meskipun mudah mencarinya tetapi tidak menutup kemungkinan nisn tak bisa ditemukan. Beberapa alasan menjadi penyebabnya tetapi selalu ada cara.

Alasan Mengapa NISN tidak bisa Ditemukan

Namanya saja proses digital tentu saja tidak dapat menebaknya kapan terjadi gangguan hingga tidak bisa menemukan NISN padahal memasukkan data-data sudah benar. Ada beberapa kemungkinan penyebabnya, yaitu sebagai berikut.

1. Masih dalam Proses Memasukkan Data

Seperti yang diketahui bahwa jaringan internet di Indonesia masih belum bisa diandalkan 100% sehingga terkadang terjadi hambatan, termasuk dalam proses pemasukan data pada halaman kolom informasi. Saat mesin masih dalam memroses, bisa terjadi kesalahan atau koneksi internetnya menjadi alasannya.

Baca juga : rekomendasi aplikasi memperjelas foto buram terbaik

Hal tersebut biasa terjadi ketika pengguna menggunakan jaringan internet sebagai sumber pencarian informasi yang membutuhkan pemasukan data-data khusus. Tidak perlu khawatir karena jika memang ini masalahnya, Anda bisa mengulanginya kembali.

2. Data Siswa belum Dimasukkan oleh Sekolah Bersangkutan

Namanya saja manusia pasti bisa melakukan kesalahan, salah satu kemungkinan alasanya adalah pihak sekolah belum memasukkan data-data siswa. Bisa juga sudah dimasukkan namun terjadi kesalahan saat pemrosesannya yang tidak diketahui. Kedua hal tersebut juga menjadi kemungkinan pemicu utama.

Masalah di atas dapat diselesaikan dengan menghubungi pihak Sekolah Dasar karena awal pemasukan datanya dari SD. Lalu, untuk aplikasi mencari NISN Siswa sudah cukup jelas dan Anda dapat memutuskan sendiri memakai yang mana. Semuanya bekerja sebagaimana mestinya.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.