7 Fungsi Handphone sebagai Sarana Bisnis Masa Kini

2 min read

Fungsi handphone

Handphone merupakan alat komunikasi modern yang memiliki beragam fungsi, khususnya untuk berbisnis. Fungsi handphone dalam bisnis pun tidak pernah dilewatkan, perangkat komunikasi ini terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan handphone

Siapa yang tidak menggunakan handphone di jaman sekarang? Awal munculnya hp memiliki tujuan sebagai alat komunikasi praktis yang menggantikan perangkat pager. Penemunya adalah Martin Cooper pada tahun 1973 yang saat itu bekerja di perusahaan Motorola. Hingga kini tidak ada pebisnis yang melewatkan untuk menggunakan smartphone.

Fungsi Handphone sebagai Sarana Bisnis

Fungsi telepon dan handphone cukup berbeda, walaupun keduanya sama-sama digunakan untuk sarana komunikasi. Sebagai pebisnis pemula Anda tentu harus paham betul apa fungsinya dalam usaha. Apalagi sekarang sudah zamannya serba digital yang membutuhkan alat canggih ini.

Berdasarkan sebuah riset tahun 2009 oleh LAB MUSEA Erricsson ada lima fungsi handphone yang utama. Fungsinya adalah alat komunikasi, sebagai simbol masyarakat di kelasnya, menunjang bisnis, perubahan batasan sosial masyarakat dan untuk menghilangkan stress.

Dilihat dari data ini tak bisa dianggap remeh mengenai fungsi smartphone dalam sebuah bisnis. Jika diuraikan lebih lanjut mengenai fungsi handphone dalam bisnis, ada 7 fungsi lainnya yang bisa dicermati sebagai berikut:

1. Sarana untuk membuka toko online

Ingin membuka bisnis dari mana saja? Anda bisa memanfaatkan telepon pintar yang saat ini mudah didapatkan. Beragam aplikasi hingga sosial media yang jadi media untuk berjualan pun bisa Anda unduh dengan mudah. Tinggal klik dan Anda bisa membuat toko online, menciptakan iklan dan menawarkan produk dengan mudah.

2. Sarana mendapatkan beragam informasi bisnis

Bingung caranya untuk bisa mencari informasi baru terkait perkembangan bisnis? Tak dapat dipungkiri fungsi handphone masa kini adalah untuk memudahkan siapa saja mendapatkan informasi terbaru. Anda bisa mencari tahu tentang kondisi perekonomian, tips trik dan cara sukses untuk jadi pengusaha dan masih banyak lagi.

3. Sarana transaksi penjualan

Masih harus ke bank atau ATM untuk melakukan transaksi pembelian ke distributor atau mengecek apakah konsumen sudah melakukan pembayaran? Kini Anda tidak perlu lagi melakukannya, karena semua sudah ada dalam genggaman handphone. Tinggal mengaktifkan layanan e-banking maka semua soal transaksi bisa diakses dengan mudah.

4. Sarana editing produk agar lebih menarik

Dampak positif handphone yang satu ini bukan hanya memajukan bisnis tetapi juga meningkatkan skill. Semakin menarik foto produk maka akan lebih mudah bagi konsumen untuk tertarik, dan semua itu bisa Anda dilakukan dengan handphone. Mulai dari mengambil jepretan gambar produk hingga mengedit supaya tampak ‘wah’. Ada beragam aplikasi yang bisa Anda gunakan baik itu editing foto hingga video.

5. Sarana komunikasi dengan customer

Komunikasi sangat penting, tapi melalui handphone ada varian cara untuk berkomunikasi dengan konsumen. Pertama bisa langsung chat baik di aplikasi marketplace atau sosial media. Kedua bisa menggunakan aplikasi chatting khusus seperti Whatsapp, ketiga bisa juga telepon langsung hingga video call.

Banyaknya pilihan ini membuat konsumen mudah memilih sesuai dengan aplikasi yang mereka miliki. Dengan begitu semakin banyak konsumen yang terjangkau.

6. Sarana monitoring bisnis dan kinerja karyawan

Menjadi pebisnis yang memiliki banyak toko di beberapa daerah seringkali kesulitan mengontrol dan tahu perkembangan bisnis jika harus keliling setiap hari. Anda bisa mengatasinya sekarang dengan menggunakan handphone. Ada banyak aplikasi monitoring dan laporan yang bisa didapatkan setiap hari dari bisnis yang dikelola.

Jadi akan sangat mudah untuk meningkatkan bisnis dan mengatur strategi demi kelancaran usaha setiap hari. Anda juga jadi lebih mudah mengontrol kinerja karyawan karena monitoring bisa dilakukan di lokasi berbeda.

7. Sarana penyimpanan data penting

Satu lagi fungsi yang tak bisa dilewatkan adalah semua data penting bisa disimpan dengan aman dan dibawa kemanapun. Jika Anda memiliki data dalam jumlah banyak yang perlu disimpan, maka pilih saja handphone yang memiliki kapasitas memori lebih banyak. Segala macam data baik itu file dokumen, foto hingga video akan tersimpan dengan mudah.

Penutup

Semua fungsi handphone ini tentunya akan lebih mudah bagi siapa saja untuk mulai membangun usaha. Selain itu harga handphone pun bervariasi jadi terjangkau untuk semua kalangan.

Akhir kata, demikianlah pembahasan dari saya mengenai fungsi handphone sebagai sarana bisnis. Semoga penjelasan di atas tadi dapat berguna dan bisa anda pahami dengan baik, sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *