7 Fungsi NFC bagi Pengguna Smartphone

2 min read

Fungsi NFC

NFC merupakan sebuah teknologi yang dikembangkan dan hadir di perangkat HP Android. Mungkin bagi sebagian orang belum banyak yang mengetahui apa itu NFC dan juga fungsi NFC. Perlu anda ketahui, NFC sendiri ialah protokol yang mampu menghubungkan dua perangkat elektronik dalam jarak dekat yaitu maksimal 4 cm.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan smartphone

Simpelnya NFC ini membantu untuk menghubungkan antara smartphone yang satu dengan smartphone lainnya. NFC ini sendiri dikembangkan dengan Radio Frequency Identification atau disebut RFID menggunakan basis antena.

Fungsi-fungsi NFC

Di zaman serba canggih NFC banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan manusia. Berikut di bawah ini beberapa fungsi NFC bagi pengguna smartphone yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu :

1. Menyambungkan Smartphone ke Perangkat Lain

Mungkin ada yang berpikir bahwa teknologi NFC ini sedikit mirip dengan bluetooth. Padahal keduanya berbeda karena bluetooth untuk melakukan koneksi membutuhkan fairing terlebih dahulu. Sementara dengan NFC Anda tinggal menempelkan smartphone ke perangkat yang akan disambungkan.

Fungsi NFC tidak hanya bisa dihubungkan antara satu smartphone dan smartphone lainnya. Teknologi ini bisa dimanfaatkan untuk menyambungkan handphone Anda ke beberapa perangkat seperti headset router hingga speaker. Namun harus dipastikan bahwa perangkat lain tersebut juga punya NFC.

2. Melakukan Pembayaran

Fungsi NFC yang lainnya yaitu untuk melakukan pembayaran non tunai. Manfaat ini tentu sangat banyak dirasakan terutama bagi kaum milenial yang memang menyukai transaksi cashless.

Jadi tanpa harus repot membawa uang tunai, kamu tinggal menempelkan smartphone ke alat tertentu. Kemudian NFC akan memberikan data yang dibutuhkan lalu langsung melakukan proses pembayaran.

Selain tidak perlu membawa uang tunai, manfaat NFC ini juga sangat efisien secara waktu.  Terlebih lagi saat ini fitur NFC telah diaplikasikan dan banyak dimanfaatkan untuk Google Pay, Apple Pay dan Samsung Pay.

3. Melakukan Transfer File Antar Smartphone

NFC itu juga bisa Anda manfaatkan untuk melakukan transfer file antara satu smartphone dan smartphone lainnya. Cara menggunakan NFC untuk transfer file yaitu dengan menempelkan kedua smartphone yang ingin melakukan transfer.

Ada berbagai file yang bisa Anda kirim mulai dari dokumen, foto, video nomor telepon dan masih banyak lagi. Tetapi kembali lagi harus dipastikan pula bahwa smartphone Anda dan smartphone yang akan dikirimi file sama-sama memiliki fitur NFC.

4. Mempermudah Koneksi WiFi

Fungsi NFC pada HP Xiaomi ataupun jenis HP lainnya yaitu bisa dijadikan alat untuk mempermudah koneksi wi-fi. Umumnya pada beberapa tempat seperti hotel terdapat alat yang dinamakan wi-fi porter. Wi-fi porter ini membantu Anda untuk mengakses wi-fi  publik tanpa harus memasukkan kata sandi terlebih dahulu.

Cara penggunaannya cukup mudah ketika Anda memiliki NFC. Ya itu tinggal menempelkan smartphone Anda ke wi-fi router, lalu kemudian handphone langsung terkoneksi ke wi-fi.

5. Melakukan Transfer File Ke Komputer

Tidak hanya melakukan transfer file dari smartphone ke smartphone saja, tetapi fungsi NFC juga bisa melakukan transfer file dari handphone ke komputer. Namun tentu ada syaratnya yaitu laptop Anda juga harus punya fitur NFC. Jadi untuk mentransfer file dari smartphone ke komputer Anda tidak perlu lagi menggunakan kabel USB ataupun bluetooth.

6. Terdapat Fitur NFC Tag

NFC memiliki sebuah fitur yang dinamakan NFC tag, yaitu sebuah stiker kecil yang mengandung chip NFC. Fungsi stiker NFC yaitu berisi alamat web ataupun perintah tertentu yang ada di smartphone. Misalnya saja perintah untuk menyalakan wi-fi atau perintah membuka aplikasi.

NFC tag mempermudah Anda karena tidak perlu tambahan aplikasi QR Code. Anda hanya tinggal menempelkan HP ke tag lalu akan mendapatkan informasi yang Anda butuhkan. Fitur NFC tag sudah banyak digunakan oleh toko-toko atau perusahaan untuk mempermudah menandai harga dan barang ataupun lokasi.

7. Melakukan Akses Ke Smart Card

Fungsi NFC juga berlaku untuk membaca data pada smart card. Jadi Anda bisa dengan mudah untuk mengecek saldo pada e-money ataupun e-toll.

Untuk cara penggunaannya yaitu tampilkan kartu smart card ke bagian belakang smartphone. Lalu Anda bisa langsung mengisi saldo pada smart card tersebut.

Penutup

Jadi sekarang tentu Anda sudah tahu apa saja fungsi NFC yang sangat membantu untuk kegiatan sehari-hari. Meski untuk smartphone yang hadir di Indonesia belum banyak memiliki fitur ini, tapi tetap saja Anda perlu tahu fungsinya. Cukup sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *