17 Tujuan dan Fungsi Komunikasi Daring bagi Pengguna

2 min read

Fungsi komunikasi daring

Komunikasi daring adalah interaksi yang terjadi ketika Anda berkomunikasi menggunakan jaringan internet. Fungsi komunikasi daring dapat Anda rasakan dalam berbagai aspek kehidupan. Anda lebih mudah berinteraksi meski berjauhan.

Baca juga : cara instal driver wifi windows secara otomatis

Dari jenisnya komunikasi daring dibagi menjadi dua. Komunikasi daring sinkron adalah jenis yang pertama. Jenis komunikasi ini berlangsung di waktu yang bersamaan atau secara real time. Contohnya ketika Anda melakukan video call ataupun video conference.

Untuk jenis kedua yaitu komunikasi daring asinkron. Komunikasi jenis ini dilakukan pada waktu tunda atau tidak bersamaan. Sebagai contohnya yaitu komunikasi via email, membaca ataupun menulis di website, serta pengiriman rekaman audio ataupun video.

Tujuan Komunikasi Daring

Komunikasi dalam jaringan atau daring memberi banyak kemudahan bagi setiap orang. Berikut di bawah ini beberapa tujuan dari komunikasi daring yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu:

  1. Sebagai media komunikasi
  2. Untuk berbagi sumber daya
  3. Untuk integrasi data
  4. Menjaga keamanan data
  5. Menciptakan efisiensi waktu dan juga biaya
  6. Menjadi sumber informasi
  7. Sebagai pusat kontrol atau kendali
  8. Memudahkan pengelolaan
  9. Meningkatkan intensitas dan partisipasi komunikasi
  10. Alat untuk pengembangan dan pemeliharaan
  11. Bisa dikendalikan dari jarak jauh
  12. Sebagai media web browsing

Fungsi Komunikasi Daring

Berkomunikasi dalam jaringan memiliki beberapa fungsi. Selain menjalin interaksi, komunikasi daring memiliki beberapa fungsi seperti korelasi atau hubungan, informasi juga hiburan. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Fungsi Informasi

Memperoleh serta memberi informasi adalah fungsi utama dari komunikasi daring ini. Baik informasi bagi diri sendiri maupun masyarakat luas. Terkait fungsi informasi, berikut beberapa fungsi komunikasi daring yang bisa Anda dapatkan.

  • Menjawab keingintahuan dan menelusuri minat lebih jauh
  • Mempermudah mengembangkan ilmu dan pengetahuan
  • Memudahkan inovasi dan adaptasi atas perkembangan sekitar

2. Fungsi Korelasi atau Hubungan

Selain sebagai media informasi, komunikasi daring juga berfungsi pada aspek hubungan atau korelasi. Beberapa fungsi komunikasi dalam jaringan terkait korelasi diantaranya adalah:

  • Sebagai media sosialisasi
  • Untuk mempererat silaturahmi
  • Menjelaskan dan menafsirkan peristiwa yang diinformasikan
  • Menunjang, otoritas, regulasi serta norma yang ada
  • Pendukung dalam menjalankan peran sosial

3. Fungsi Hiburan

Selain sebagai media informasi dan sosialisasi, komunikasi daring juga menjadi media hiburan. Anda bisa mengekspresikan diri dan berelaksasi dengan metode komunikasi ini.

Dengan relaksasi dan kesempatan berekspresi, tentu memberi efek positif bagi kesehatan psikis. Kemungkinan stress akan diminimalkan. Anda juga lebih bisa menikmati hidup dengan kebahagiaan.

4. Fungsi Penghemat Waktu dan Biaya

Dengan metode komunikasi dalam jaringan, komunikasi berjalan lebih efektif dan efisien. Jarak yang jauh dan perbedaan waktu bukan halangan. Selain itu dengan memanfaatkan jenis komunikasi daring sinkron, semua bisa dilakukan dengan lebih cepat. Sehingga Anda lebih bisa menghemat waktu yang ada.

Selain hemat waktu, sistem komunikasi ini juga hemat biaya. Ketika Anda perlu berkomunikasi dengan seseorang di luar kota bahkan di negara berbeda, tidak perlu pergi ke sana. Tentu hal ini akan menghemat biaya pengeluaran Anda.

5. Fungsi Negara

Dengan adanya komunikasi daring, pihak pemerintah dimudahkan dalam menyampaikan beragsm informasi kepada masyarakat luas. Proses penyampaian pun berlangsung dalam waktu cepat. Publik bisa lebih mudah update informasi terkait kebijakan pemerintah atau pun peristiwa penting kenegaraan lainnya.

Komponen Pendukung Komunikasi Daring

Untuk bisa mewujudkan tujuan serta fungsi komunikasi daring, dibutuhkan komponen pendukung di dalamnya. Komponen pendukung komunikasi daring diantaranya:

  • Hardware atau perangkat keras, yaitu perangkat yang dapat dilihat juga disentuh secara langsung oleh manusia. Seperti misalnya, komputer, head set, smartphone dan beragam perangkat keras lainnya
  • Software atau perangkat lunak, yaitu program komputer maupun aplikasi yang bekerja sesuai kebutuhan. Misalnya saja platform media sosial, aplikasi chat, platform surat elektronik dan lain sebagainya
  • Brainware atau perangkat nalar, yaitu partisipasi manusia dalam pengaturan juga pengaplikasian software maupun hardware dalam menjalankan komunikasi daring

Penutup

Dengan memahami tujuan serta fungsi komunikasi daring, diharapkan Anda bisa menikmati manfaatnya. Perkembangan teknologi yang menghadirkan kemudahan, harus bisa Anda gunakan dengan bijak sesuai aturan. Jangan sampai kemajuan teknologi ini, justru membawa dampak buruk bagi Anda di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *