Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

12 Kelebihan dan Kekurangan Media Sosial bagi Pengguna

5 min read

Kelebihan dan Kekurangan Media Sosial

Kelebihan dan Kekurangan Media Sosial – Tanpa kita sadari, media sosial sudah berkembang dengan sangat pesat. Hal itu dapat dilihat dari berbagai informasi yang menyebar dan jaringan yang semakin berkembang. Hal itu membuat munculnya berbagai media sosial seperti WhatsApp, Instagram, TikTok, facebook dan masih banyak lagi.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan aplikasi telegram

Namun, dengan berkembangnya media sosial tersebut kita sebagai pengguna juga harus pandai-pandai memilah dan memilih dalam menggunakan media sosial. Penggunaan yang baik akan memberikan dampak positif, begitu pula sebaliknya.

Kelebihan dan Kekurangan Media Sosial

Nah, berikut ini telah kami rangkumkan beberapa kelebihan dan juga kekurangan dari media sosial agar setiap pengguna bisa menggunakannya dengan bijak. Berikut penjelasannya:

Kelebihan Media Sosial

Media sosial memiliki banyak sekali kelebihan yang bisa menguntungkan banyak penggunanya. Bahkan kelebihan tersebut bisa dirasakan oleh semua pengguna media sosial.

Salah satu kelebihan media sosial yang hingga saat ini masih dapat pengguna rasakan yaitu dapat digunakan untuk mencari informasi yang belum diketahui dengan cepat. Selain itu, masih banyak lagi berbagai keunggulan dari media sosial yang harus Anda pahami, antara lain:

1. Gratis

Kelebihan media sosial yang pertama yaitu dapat digunakan kapan pun dan dimana pun secara cuma-cuma atau gratis. Setiap pengguna yang ingin mengaksesnya hanya perlu mendowload, membuat akun, dan mendaftarkan diri pada media sosial tersebut.

Jika Anda sudah tergabung dalam media sosial tersebut maka dapat menggunakan berbagai macam fitur yang ada tanda ada biaya apa pun. Hanya saja, untuk menggunakan media sosial sobat harus memiliki jaringan internet untuk mengaksesnya.

Jaringan internet tersebut bisa Anda dapatkan dengan membeli paket data atau dengan menggunakan Wi-Fi. Tentu saja hal itu merupakan hal yang lumrah ya, karena tanpa adanya jaringan internet tentu saja setiap media sosial tidak bisa Anda gunakan.

Bahkan beberapa media sosial membutuhkan jaringan internet yang tidak banyak sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli paket data.

2. Mudah Dikelola

Selain gratis, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun apabila media sosial sedang dalam perbaikan atau ada maintenance.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan content management system

Anda hanya perlu melakukan update ke versi yang terbaru untuk menikmati fitur-fitur lainnya yang ada pada platform. Dengan begitu, pengguna bisa menggunakan berbagai layanan dengan gratis dan tidak perlu mengelola hal lainnya.

3. Sebagai Sarana Kreativitas

Kelebihan media sosial selanjutnya yaitu sebagai sarana kreativitas. Hal ini dapat Anda lihat dari pengguna media sosial yang kebanyakan adalah anak muda. Dengan begitu, mereka bisa melakukan kreativitas dan menyalurkan bakat yang mereka miliki melalui media sosial.

Terlebih lagi fitur-fitur menarik pada media sosial mampu menunjang ide kreativitas untuk menghasilkan karya yang bagus. Dengan begitu alangkah baiknya jika kita juga menggunakan media sosial untuk menyalurkan ide kreatif.

4. Mudah Digunakan

Media sosial memiliki tampilan yang sangat mudah dan simple untuk digunakan. Karena ini lah media sosial dapat diakses oleh segala usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sekali pun.

Selain itu, berbagai macam fitur seperti mengupload foto/video, memberikan informasi, membuat konten bisa dilakukan dengan hanya sekali tap saja. Oleh karena itu, media sosial memiliki banyak pengguna setiap harinya.

5. Memiliki Jangkauan yang Luas

Selain banyaknya kelebihan dan kekurangan media sosial, fitur yang ada pada media sosial yaitu dapat digunakan pada berbagai belahan dunia manapun. Tak ayal, jika media sosial memiliki jangkauan yang sangat luas.

Bahkan dengan menggunakan media sosial Anda bisa menjangkau pengguna lainnya dengan jarak yang sangat jauh sekali pun. Biasanya, fitur ini akan sangat membantu pengusaha untuk menjalankan sebuah bisnis demi menjangkau pasar yang luas.

Karena jangkauan yang luas ini pengguna bisa menghubungi teman atau kerabat untk mempereat tali persaudaraan. Bahkan And bisa menghubungi orang hingga luar negeri sekali pun.

6. Sebagai Media Pendidikan

Tak hanya sebagai media komunikasi saja, media sosial juga dapat Anda gunakan untuk berbagai kepentingan salah satunya sebagai media pendidikan atau pembelajaran. Dengan kelebihan yang canggih ini dapat mempermudah siswa, guru atau pun orang tua untuk melakukan pembelajaran.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan belanja online

Terlebih lagi saat pandemi, media sosial sangat berguna untuk tetap melakukan pembelajaran tanpa tatap muka atau dengan media online.

Selain untuk media online, setiap pengguna media sosial bisa menemukan informasi baru yang mungkin saja belum diketahui sebelumnya. Hanya dengan sekali ketik saja setiap pengguna bisa mengetahui semua jawabannya melalui media sosial.

Kekurangan Media Sosial

Selain memiliki kelebihan, tentu saja media sosial juga memiliki kekurangan yang bisa merugikan banyak penggunanya.

Bahkan kekurangan tersebut bisa menyebabkan dampak buruk misalnya saja mampu membuat kecanduan atau banyak oknum yang tidak bertanggung jawab. Nah, berikut ini adalah beberapa kekurangan media sosial yang wajib Anda ketahui, antara lain:

1. Kontrol Terbatas

Salah satu kekurangan media sosial yaitu kontrol yang terbatas. Seperti telah kita ketahui, bahwa setiap pengguna media sosial bisa berkomentar kepada pengguna lainnya. Baik itu komentar positif atau pun negatif tidak ada yang bisa mengontrolnya.

Bahkan, banyak komentar negatif yang tertulis pada postingan foto atau video oleh pengguna lain sehingga membuat pengguna lainnya juga tidak bisa terkontrol untuk berkomentar positif atau ikut berkomentar negatif.

Oleh karena itu, sebagai pengguna media sosial, alangkah baiknya kita menggunakannya untuk hal yang baik dan berkomentar dengan kata-kata yang bijak pada postingan orang lain.

2. Maraknya Kejahatan Phising

Meski banyak kelebihan dan kekurangan media sosial, namun tidak menutup kemungkinan bahwa kita juga harus berhati-hati dengan kekurangannya. Salah satu kekurangan dari media sosial yaitu maraknya phising.

Pernahkah Anda mendengar kalimat phising? Phising merupakan pengelabuhan yang ada dalam istilah komputer. Phising ialah bentuk penipuan yang bertujuan untuk mendapatkan data atau informasi pribadi dari pengguna lainnya.

Biasanya, para onkum akan mencari kata sandi, email account, kartu kredit dan data pribadi pengguna lainnya. Modus ini biasanya oknum lakukan dengan menyamar menjadi teman atau kerabat dari par korban.

Metode ini dapat dengan mudah untuk memancing para korban memberikan informasi dan juga data pribadi untuk digunakan oknum melakukan tindakan kejahatan lainnya menggunakan data yang sudah mereka dapatkan.

3. Dapat Disalah Gunakan

Kekurangan media sosial selanjutnya yaitu banyak orang yang menggunakan untuk hal kurang baik. Para oknum yang tidak bertanggung jawab menggunakan media sosial untuk melakukan tindak kriminal.

Misalnya saja melakukan penipuan online dengan kedok online shop atau olshop, pertemanan dengan maksud dan tujuan tertentu dan menawarkan pinjaman online. Bahkan oknum yang tidak bertanggung jawab ini telah merugikan banyak pengguna media sosial lainnya.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan edo ram pada komputer

Biasanya kedok dari pelaku online shop palsu ini akan membuat akun yang meyakinkan, mengupload produk yang bagus meski bukan gambar asli, melakukan iklan, bahkan ada pula yang membuat website seolah-olah toko tersebut benar adanya.

Menariknya lagi, mereka akan menawarkan produk dengan promo dan harga yang jauh dari harga pasaran. Tujuannya agar para pengguna media sosial merasa tertarik untuk membelinya. Pengguna yang membeli akan diminta untuk mentransfer uang sesuai dengan permintaan dari oknum tersebut.

Namun, setelah pembeli melakukan transaksi pembayaran para oknum akan tiba-tiba menghilang dan melakukan banyak hal sehingga membuat pembeli merasa rugi. Dengan begitu pembeli akan tertipu karena telah mentransfer uang kepada pelaku penipuan.

4. Maraknya Fake Account (Akun Palsu)

Fake Account mungkin sudah tidak asing lagi bukan? Bahkan hal ini sudah merajalela pada berbagai media sosial. Para pembuat akun palsu ini memiliki tujuan tertentu kepada pengguna media sosial lainnya.

Misalnya saja ada seseorang yang mengaku sebagai selebgram atau artis dengan tujuan untuk mencemarkan nama baik dari orang lain atau bahkan ingin melakukan penipuan.

Tentu saja hal ini akan membuat pengguna lain merasa tidak nyaman dan merasa terugikan dengan adanya fake account. Beberapa akun palsu bahkan terlihat seperti akun asli karena memiliki jumlah pengikut atau unggahan yang sangat menjanjikan.

5. Menyebabkan Efek Kecanduan

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa media sosial mampu membuat efek kecanduan. Bahkan hal ini bisa saja terjadi pada orang dewasa hingga anak-anak sekali pun. Bahkan tak jarang anak-anak lebih canggih dalam menggunakan media sosial hingga lupa akan segalanya.

Anak balita pun mulai merasa kecanduan dengan hal-hal yang ada pada media sosial. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya pengawasan dari orang tua dan memilih untuk memberikan ponsel pada anak agar anak menjadi diam.

Nah, hal ini harus kita sadari bersama bahwa kebiasaan tersebut akan membuat anak menjadi kecanduan. Bahkan, beberapa peneliti mengatakan bahwa kecanduan media sosial lebih berat dari pada kecanduan alcohol atau rokok.

Biasanya, orang yang sudah kecanduan akan cenderung mementingkan media sosial dan mengabaikan hal yang lain. Hampir semua orang yang kecanduan media sosial akan memulai aktivitasnya dengan selalu mengecek ponsel dan melihat informasi terupdate dari media sosial.

6. Banyaknya Situs yang Tidak Pantas

Situs yang tidak pantas ini menjadi salah satu keburukan dari media sosial. Postingan dan situs yang tidak pantas ini mampu merusak moral dan sopan santun anak jaman sekarang.

Karena kecanggihan media sosial inilah semua pengguna bisa dengan mudah mengakses situs pornografi yang bisa merusak akhlak dan moral remaja jaman sekarang. Untuk menyikapi hal ini, perlu adanya dampingan orang tua agar anak bisa menggunakan media sosial untuk hal yang positif.

Penutup

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan media sosial yang bisa menambah wawasan Anda. Dari hal tersebut alangkah baiknya jika Anda menggunakan media sosial dengan sangat bijak.

Baca juga : kelebihan dan kekurangan DHCP server

Akhir kata, demikianlah informasi yang dapat saya bagikan seputar dampak positif dan negatif media sosial bagi penggunanya yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi mengenai keunggulan dan kelemahan media sosial ini bisa menambah pengetahuan Anda semua, semoga bermanfaat dan see you next time.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.