Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

10 Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Telegram bagi Pengguna

2 min read

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Telegram

Meski belum sebanyak Whatsapp dalam hal jumlah pengguna, namun Telegram bisa dibilang lebih unggul dari segi fitur-fiturnya. Lebih jauh, kelebihan dan kekurangan aplikasi Telegram dibanding Whatsapp bisa jadi berimbang sehingga keduanya bisa terus bersaing sampai saat ini.

Baca juga : rekomendasi nama bot telegram yang berguna

Saat ini aplikasi Telegram sudah menjadi aplikasi chatting yang cukup banyak digunakan selain Whatsapp. Tidak saja karena tampilannya yang simpel dan mudah digunakan, tetapi juga memiliki segudang fitur yang tidak bisa ditemukan di aplikasi pesaingnya, yaitu Whatsapp.

Mereka yang sudah benar-benar menggunakan Telegram sebagai aplikasi chat sehari-hari biasanya akan sulit untuk meninggalkan aplikasi ini. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan aplikasi Telegram dibandingkan Whatsapp? Apakah Telegram hanya kurang populer saja dibanding Whatsapp?

Kelebihan Aplikasi Telegram

Ada sejumlah kelebihan yang dimiliki oleh Telegram namun tidak dimiliki oleh aplikasi chatting lain seperti Whatsapp. Hal inilah yang menjadi daya tarik dari aplikasi dengan ciri khas berwarna biru muda ini.

Berikut di bawah adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Telegram dari segi fitur yang perlu Anda ketahui, di antaranya yaitu:

1. Mampu Mengirim File Berukuran Besar

Tidak hanya berupa foto atau video singkat saja, aplikasi Telegram bahkan bisa mengirim video berdurasi panjang dengan ukuran mencapai lebih dari 1 GB. Hal tersebut tentu saja tidak bisa dilakukan oleh Whatsapp yang membatasi kapasitas pengiriman file di kisaran 100 MB saja.

Banyak pihak akhirnya menggunakan aplikasi Telegram jika ingin berbagi video berukuran besar. Dengan adanya fitur cloud di aplikasi ini, fungsi dari Telegram tentu tidak hanya sebagai aplikasi percakapan saja tetapi juga aplikasi berbagi file seperti halnya Google Drive atau Drop Box.

2. Grup Bisa Diisi Lebih banyak orang

Grup di Telegram bisa menampung jauh lebih banyak anggota dibandingkan aplikasi Whatsapp. Secara total, telegram mampu menampung 200 ribu anggota dalam satu grup chat yang dibuat. Bayangkan saja, jumlah ini sangat jauh melebihi jumlah anggota yang bisa ditampung oleh grup Whatsapp, yaitu 256 orang.

Baca juga : tips cara mengembalikan akun telegram yang di hack

Dengan adanya anggota grup yang bisa sebanyak ini, tentu Anda bisa mengadakan sebuah kampanye, membangun komunitas, atau mempromosikan brand. Tentunya, hal itu akan jauh lebih besar dibanding hanya sebuah obrolan grup kecil saja.

3. Dapat Memasang Lebih dari Satu Foto Profil

Berbeda dengan kebanyakan aplikasi chatting pada umumnya yang hanya bisa menampilkan satu foto profil saja. Di telegram, kita bisa menampilkan begitu banyak foto di profil. Nantinya, orang lain bisa melihat foto profil yang kita unggah dengan cara menggesernya.

4. Grup Makin Seru dengan Bot

Salah satu keunggulan Telegram yang disukai oleh penggunanya adalah kehadiran bot di tengah-tengah para pengguna. Nantinya, bot tersebut bisa melakukan banyak hal sesuai dengan fungsinya. Beberapa hal yang bisa dilakukan oleh bot adalah memandu kuis, membuat voting, dan sebagainya.

5. Pengguna dapat Membuat Variasi Stiker Sendiri

Di Telegram, para pengguna bisa bebas menggunakan stiker yang mereka inginkan. Proses pembuatannya yang mudah karena dibantu oleh bot menjadi kelebihan tersendiri.

Hal ini berbeda dengan aplikasi Facebook yang memiliki penggunaan cukup ribet dalam membuat animasi stiker karena membutuhkan aplikasi pihak ketiga.

6. Pencarian Lebih Mudah dengan Hashtag

Salah satu kelebihan dan Kekurangan aplikasi Telegram berikutnya adalah fitur hashtag yang dapat mempermudah pengguna untuk mencari percakapan, file topik tertentu. Seperti yang kita tahu, jika percakapan terlalu banyak, maka pembahasan yang lama akan tenggelam oleh chat-chat baru.

Baca juga : cara download video pinterest di telegram

Untuk itu, adanya hashtag menjadi langkah mudah untuk menemukan percakapan atau topik tertentu yang pernah Anda buat beberapa waktu lalu. Pastikan Anda tidak menghapus percakapan tersebut agar masih bisa ditemukan.

Kekurangan Aplikasi Telegram

Meski memiliki segudang fitur, aplikasi Telegram tetap saja memiliki sejumlah kekurangan yang membuatnya tidak bisa mengungguli Whatsapp dari jumlah pengguna. Berikut adalah beberapa kekurangannya:

1. Tidak Memiliki Fitur Story

Bagi Anda yang suka berbagi story, maka hal itu tidak bisa Anda lakukan ketika menggunakan Telegram. Pasalnya, aplikasi ini tidak menyediakan fitur story yang bisa dibagikan kepada teman-teman kita.

2. Tidak Ada Grup Call

Mengingat aplikasi Whatsapp yang baru saja memperbarui kemampuan grup callnya menjadi 8 orang, aplikasi Telegram justru tidak menyediakan fitur grup call di dalamnya. Telegram hanya mendukung mode panggilan video untuk satu orang saja.

3. Maksimal Jumlah Anggota Grup Terlalu Besar

Jumlah anggota yang besar ternyata bisa menjadi kelebihan dan kekurangan aplikasi Telegram. Pasalnya, dengan jumlah grup yang sangat banyak chat yang masuk akan mudah tenggelam karena tertutup oleh chat-chat baru yang masuk. Hal itu justru membuat percakapan cenderung random.

4. Tidak Bisa Enkripsi Data

Telegram hanya mengandalkan tim khusus MTProto untuk melakukan enkripsi data. Hal itu berbeda dengan Whatsapp yang mana setiap percakapan yang dilakukan bisa dienkripsi oleh masing-masing pengguna yang berkomunikasi sehingga pihak lain (termasuk Whatsapp) tidak bisa membaca pesan.

Penutup

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan aplikasi Telegram yang perlu Anda tahu. Tidak perlu bingung memilih, jika aplikasi Whatsapp dan juga Telegram bisa digunakan bersamaan, kenapa harus memilih salah satunya? Anda bisa saja install kedua aplikasi tersebut jika ruang penyimpanan masih tersedia.

Baca juga : rekomendasi aplikasi penambah like instagram terbaru

Akhir kata, demikianlah pembahasan singkat seputar keunggulan dan kelemahan aplikasi telegran dari segi fitur dibandingkan whatsapp bagi pengguna yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel ini hingga selesai, see you next time.

Nur Alam Hanya manusia biasa bernama lengkap Moch Dzikry Nur Alam yang menyukai berbagai informasi seputar dunia teknologi dan komputer modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.