Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

5 Metode Cara Mengatasi Komputer Hang dengan Efektif

2 min read

Cara Mengatasi Komputer Hang

Tentunya setiap orang mengharapkan komputer yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari selalu dalam keadaan prima agar pekerjaan bisa selesai tanpa ada masalah. Hanya saja terkadang ada beberapa kondisi tak terduga yang membuat laptop mendadak lemot. Cara mengatasi komputer hang tidak boleh sembarangan, karena penanganan setiap penyebab komputer yang hang berbeda-beda.

Baca Juga : 4 Rekomendasi Software Remote Komputer Windows Freeware

Komputer sendiri merupakan perangkat elektronik yang kerap menemani setiap kegiatan masyarakat dari segala usia. Bukan suatu hal yang tidak mungkin bagi perangkat tersebut mengalami hang apabila frekuensi penggunaannya sering tanpa diimbangi perawatan berkala.

Pada artikel ini akan dibahas beberapa cara mengatasi komputer yang mendadak hang sesuai dengan permasalahannya. Simak lebih lanjut di bawah ini.

Cara Mengatasi Komputer Hang

Berikut di bawah ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan dengan mudah dalam memperbaiki komputer hang atau blank, di antaranya yaitu:

1. Menanggulangi Hang Karena Virus

Segala bentuk aktivitas berselancar di internet menggunakan komputer ternyata cukup riskan, apalagi jika sering mengakses situs-situs yang tidak terjamin keamanannya. Bisa saja dari kegiatan itu ternyata ada virus yang menyerang komputer sehingga menyebabkan hang mendadak. Apabila komputer mengalami masalah tersebut akibat terserang virus, bisa mengikuti langkah di bawah ini:

  • Segera matikan komputer, apabila telah mati total sepenuhnya, hidupkan kembali.
  • Kemudian biarkan proses booting selesai, barulah menuju menu safe mode pada komputer.
  • Langkah selanjutnya scan komputer menggunakan software antivirus terbaik yang dimiliki.
  • Lakukan pembersihan secara menyeluruh, dan pastikan virus yang tersisa tidak ada lagi di dalam komputer.

2. Mengatasi Hang Akibat CPU Overheating

Masalah hang lainnya bisa timbul akibat overheating pada CPU. Kondisi ini menghampiri komputer yang sirkulasi udaranya tidak merata akibat sistem pendingin macet sehingga komputer menjadi cepat panas.

Baca Juga : 5 Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector pada Komputer

Pemakaian komputer yang berlebihan tanpa ada jeda istirahat juga bisa mengakibatkan CPU mengalami overheating. Jika hal itu terjadi, maka pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan yaitu:

  • Buka kipas beserta heatsink processor CPU.
  • Kemudian bersihkan kompartemen tersebut dari debu dan kotoran yang mungkin tersangkut pada fan.
  • Langkah berikutnya lapisi fan dan thermal paste dengan pelumas khusus.
  • Pasang kembali fan dan heatsink seperti sedia kala secara tepat.
  • Hidupkan kembali komputer yang telah dibersihkan.

3. Menangani Komputer Hang Karena Masalah pada Hardisk

Hardisk yang bermasalah bisa menjadi penyebab komputer hang yang jarang disadari. Hal ini biasanya akibat dari terlalu banyak file tidak diperlukan terpendam dalam hardisk, termasuk sampah yang belum terhapus secara menyeluruh.

Tidak perlu bingung mengenai bagaimana cara mengatasi komputer hang akibat adanya permasalahan pada hardisk, sebab prosesnya cukup mudah dan cepat.

Pada kondisi biasa, hal yang perlu dilakukan yakni masuk pada menu start, kemudian klik opsi run. Selanjutnya bisa memilih cleanmgr.

Akan tetapi apabila opsi tersebut kurang membantu dan komputer masih saja hang, bisa mencoba menjalankan tahapan di bawah ini. Sebagai catatan kondisi ini berlaku jika hardisk mengalami fragmentasi di dalam datanya.

  • Pertama, pilih menu start pada jendela komputer.
  • Selanjutnya klik all programs, lalu masuk pada menu accessories dan ambil system tools.
  • Setelah itu pilih opsi disk defragmenter dan klik analyze. Kegiatan ini dilakukan supaya fragmentasi yang terjadi di dalam data dapat terlihat dengan jelas.
  • Untuk mengakhiri pembersihan, klik defragment disk.
  • Restart komputer untuk menormalisasikan kembali sistem kerja yang ada.

4. Membenahi Hang Komputer saat Menjalankan Internet

Hal paling ditakutkan bagi setiap orang yang menggunakan komputer yakni ketika permasalahan hang mendadak muncul saat sedang menjalankan internet.

Rasanya mengesalkan sekali jika ada tugas penting yang menanti malah terhambat karena sistem komputer macet dan tidak bisa diandalkan. Untuk mengatasi situasi yang merepotkan tersebut apabila sedang berselancar di internet bisa mengikuti tahapan-tahapan berikut:

  • Tutup semua jendela web yang aktif pada browser, selanjutnya hapus seluruh cookie dan trash sesuai dengan settingan browser masing-masing.
  • Selanjutnya hapus plugin dan add-ons apabila jarang digunakan yang bisa diakses melalui setting browser, baik Mozilla, Chrome, Edge, atau browser apapun yang sedang digunakan.
  • Kemudian back menuju layar utama komputer dan klik menu start.
  • Setelah itu ketik “linkinfo.dll,” apabila telah masuk pada menu yang dituju. Ambil pilihan delete.

5. Menata Ulang Koneksi LAN yang Terindikasi Hang pada Komputer

Sambungan LAN yang tidak stabil juga bisa mengakibatkan kinerja komputer menjadi macet. Cara mengatasi komputer hang apabila permasalahan tersebut diakibatkan oleh koneksi LAN yang bermasalah ternyata juga bisa dilakukan sendiri.

Baca Juga : Cara Install Driver Wifi pada Laptop atau Komputer Windows

Agar tidak terlalu lama berkutat dengan permasalahan itu, langsung saja ikuti prosedur penanganan hang jika LAN bermasalah di bawah ini:

  • Lepaskan kabel jaringan pada komputer untuk memeriksa apakah komputer berjalan lancar atau tidak.
  • Jika ada, simpulkan kabel tersebut kemudian pastikan konektor RJ45 terpasang kembali dengan baik.
  • Jangan lupa periksa menggunakan ping setelah itu transfer jaringan ke port yang lain.

Penutup

Tidak perlu panik atau gusar apabila seandainya dalam menggunakan komputer tiba-tiba perangkat tersebut mengalami kondisi hang.

Tetap ada cara mengatasi komputer hang yang mudah dipraktekkan tanpa bantuan dari orang lain. Hanya saja jika permasalah terus berlanjut, membawa laptop atau komputer ke counter service komputer adalah tindakan yang tepat.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.