Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

5 Penyebab dan Cara Memperjelas Foto yang Blur Tanpa Aplikasi

2 min read

Cara Memperjelas Foto yang Blur

Bagi orang-orang yang suka mengabadikan momen, berfoto pasti menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan dan tidak boleh tertinggal. Terkang foto yang dihasilkan menunjukkan hasil yang buram atau blur. Kali ini akan dijelaskan mengenai cara memperjelas foto yang blur tanpa aplikasi dan penyebab foto yang diambil menjadi blur.

Baca Juga : 8 Rekomendasi Aplikasi Belajar Komputer untuk Android

Foto yang blur tentunya mengurangi keindahan dan bahkan bisa dikatakan buruk. Namun, kini tidak perlu khawatir, sebab ada banyak cara untuk memperjelas foto yang blur. Terlebih, semua itu bisa dilakukan tanpa instal aplikasi. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut:

Penyebab Foto Blur

Tentu hasil foto yang buram cukup menjadi masalah. Meskipun bukan fotografer profesional, cukup penting mengetahui alasan kenapa foto yang dihasilkan bisa buram.

Terdapat dua penyebab mengapa hasil foto yang diambil tidak jelas atau buram. Berikut ini penjelasan dari kedua penyebab tersebut:

1. Terlalu Banyak Perpindahan Kamera atau Objek Ketika Mengambil Gambar

Hal pertama yang mungkin terjadi sebagai penyebab foto blur salah satunya adalah motion blur. Hal ini terjadi ketika kamera digunakan dalam mode otomatis pada sumber cahaya yang rendah. Hasil buram yang terlihat akan menunjukkan sedikit bayangan atau gambar ganda karena gerakan kamera tersebut.

Saat mengambil foto pada objek yang bergerak, hasil foto akan terlihat jelas bahwa jenis bayangan yang dihasilkan akan sama. Namun bisa juga menghasilkan gambar ganda seperti pada gerakan kamera di mode otomatis. Keduanya dapat dihindari jika posisi pengambilan foto lebih fokus pada bagian tertentu dari gambar objek.

2. Permasalahan Teknis pada Saat Pengambilan Gambar

Masalah teknis salah satunya mencakup pengaturan fokus. Jika ingin hasil foto jelas dan tidak blur, maka objek harus difokuskan dengan benar.

Fokus yang tidak tepat sedikit saja dapat membuat objek keluar dari bidang fokus atau memberi hasil gambar yang buram. Selain itu, kecepatan rana yang terlalu lambat juga bisa dibilang sebagai penyebab utama hasil foto buram.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Komputer bagi Pengguna

Kemudian lensa yang kotor juga bisa menjadi penyebab gambar yang dihasilkan tidak tajam. Pastikan bagian-bagian penting pada kamera seperti lensa atau filter selalu dalam kondisi bersih, tidak tergores dan tidak rusak.

Selain itu, penggunaan pegangan kamera yang tidak kuat juga akan menyebabkan kamera shaking dan menghasilkan gambar berkualitas kurang baik.

Cara Memperjelas Foto yang Blur Tanpa Aplikasi

Jika hasil foto yang dihasilkan sudah terlanjur buram, ada alternatif yang dapat dilakukan untuk memperjelas hasil foto tersebut.

Oleh karena itu, tidak perlu khawatir jika momen akan hilang karena hasil foto yang buram. Untuk memperjelas foto dari hasil yang blur, berikut ini akan dibahas cara memperjelas foto yang blur tanpa aplikasi:

1. Menggunakan PicWish

Bagi yang menyukai kemudahan, penggunaan PicWish sebagai editor foto online bisa menjadi pilihan. Selain gratis, PicWish juga dapat memperjelas foto yang buram dengan cara yang sederhana.

PicWish juga menawarkan fitur peningkatan otomatis bawaan dan kecerdasan buatan yang dapat mendeteksi bagian buram pada gambar objek atau hasil foto.

Melalui fitur ini, PicWish dapat secara otomatis menghapus bagian yang buram sekaligus memperjelas objek. Cara ini akan menghemat waktu dan uang karena serba otomatis dan gratis.

Bagi yang ingin mencoba, bisa mengunjungi link resmi PicWish kemudian unggah foto yang buram. Setelah terunggah, hasilnya akan muncul secara otomatis dan jangan lupa unduh hasil.

2. Menggunakan Fotor

Fotor merupakan alat editor yang banyak direkomendasikan dan kredibel. Fotor ini menawarkan banyak fitur, seperti mengurangi blur, meningkatkan warna, meningkatkan ketajaman, menyoroti fokus dan lainnya.

Editor online ini memiliki alat pengeditan canggih menawarkan pengeditan lanjutan untuk menjadikan hasil gambar lebih berkualitas.

Jika ingin menggunakan seluruh fitur yang ditawarkan, pengguna perlu berlangganan terlebih dahulu. Meskipun berbayar, hal ini sangat sebanding dengan kualitas yang dihasilkan.

Bagi yang ingin mencoba, bisa mengunjungi link resmi Fotor dan klik Edit Foto. Setelah itu, Buka Gambar untuk mengunggah dan pilih 1-Tap Enhance, tunggu dan klik Unduh jika selesai.

3. Menggunakan Befunky

Cara selanjutnya untuk memperjelas foto yang buram adalah menggunakan editor online BeFunky. Melalui BeFunky, pengguna dapat belajar bagaimana cara membuat gambar yang buram menjadi jelas dan tajam.

Baca Juga : Mengenal 7 Perbedaan Blog dan Website

BeFunky merupakan salah satu alat yang menawarkan tools pertajam dengan output yang sangat jernih dan berkualitas tinggi. Sama seperti Fotor, BeFunky merupakan editor online berbayar, sehingga perlu berlangganan jika ingin menggunakan seluruh fitur.

Bagi yang ingin mencoba memperbaiki foto yang blur, bisa mengunjungi link resmi dari BeFunky. Kemudian pilih opsi Edit Foto untuk memulai dan Unggah Foto. Klik Pertajam dari menu Edit, sesuaikan, Terapkan lalu Simpan.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai penyebab mengapa foto yang dihasilkan bisa blur dan cara memperjelas foto yang blur tanpa aplikasi. Bagi yang ingin mempertajam hasil foto yang buram, dapat menerapkan cara di atas sebagai jalan keluar.

Rianda Hanya manusia biasa yang menyukai berbagai informasi bermanfaat seputar dunia teknologi, reparasi dan komputer modern masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.